Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DASAR INFORMASI  Manajemen Informasi Segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan juga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DASAR INFORMASI  Manajemen Informasi Segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan juga."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DASAR INFORMASI  Manajemen Informasi Segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan juga pembuangan terhadap informasi (yg tidak berguna lagi) pada waktu yang tepat. (McLeod, 1998) Operasi-operasi internal yang mengatur sumber daya informasi dalam perusahaan untuk mendukung kinerja dan hasil bisnis. (Ebert dan Griffin,2003)

2  Penggunaan Pihak internal organisasi ( semua level Pihal eksternal organisasi (pelanggan, pemegang saham, suplier atau mitra kerja)  Arus Informasi Mengalir dengan arah horizontal atau vertikal (Hall, 2001) #. Horizontal : informasi digunakan untuk mendukung kegiatan operasional. Ex: informasi rincian transaksi, pembelian barang,tagihan hutang, dan informasi pengunaan bahan- bahan mentah. #. Vertikal : informasi mengalir pada semua level manajemen(atas, bawah). Atas, Ex : rangkuman pekerjaan (kinerja). Bawah, Ex : instruksi, kuota dan anggaran-anggaran.

3  Data, Informasi dan Data dapat berupa data terformat, teks, citra, audio dan Informasi Data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.( McFadden,dkk.1999). Data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini dan saat mendatang.(Davis,1999).

4 Data sering juga disebut sebagai bahan mentah informasi. Melalui suatu proses transformasi, data dibuat menjadi bermakna. DataProses Informasi Transformasi data menjadi informasi Ciri-ciri informasi (Davis, 1999): Benar atau salah Baru Tambahan Korektif Penegas

5  Pengetahuan (Knowledge) Kombinasi dari naluri, gagasan, aturan dan prosedur yang mengarahkan tindakan atau keputusan.(Alter, 1992). Akumulasi Pengetahuan Memformat, Memilih, Meringkas Menerjemahkan, Memutuskan, Bertindak DataHasil informasi Hubungan data, informasi dan pengetahuan

6  Hierarki Data #. Elemen data ( Field / Atribut ) #. Rekaman ( Record ) #. Berkas ( File )  Karakteristik Data dan Tipe data, masing-masing memiliki kelebihan dan Akurasi dan Presisi, Akurasi, menyatakan derajat kebenaran informasi Presisi, menyatakan tingkat kerincian Usia dan Rentang waktu Usia informasi menyatakan lama waktu sejak informasi dihasilkan.

7 @. Keringkasan dan Kelengkapan Informasi harus diringkas agar sesuai dengan kebutuhan penerima informasi. Informasi haruslah lengkap (tidak ada hilang) sehingga dapat mengurangi faktor Kemudahan Sumber(internal, eksternal, formal, Relevansi dan Kualitas Informasi ( Akurat, Uptodate, Relevan)

8  Informasi untuk Manajemen 1. Informasi penyejuk 2. Peringatan 3. Indikator Kunci 4. Informasi situasional 5. Gosip 6. Informasi eksternal

9


Download ppt "KONSEP DASAR INFORMASI  Manajemen Informasi Segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan juga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google