Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Free Powerpoint Templates Page 1 Pengantar Sistem Basis Data bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Free Powerpoint Templates Page 1 Pengantar Sistem Basis Data bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 1."— Transcript presentasi:

1 Free Powerpoint Templates Page 1 Pengantar Sistem Basis Data bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 1

2 Free Powerpoint Templates Page 2 Pokok Bahasan / GBPP (SILABUS) : Penjelasan Silabus Penjelasan Tata Tertib Perkuliahan Pembentukan Kelompok Tugas Konsep Data dan Informasi Review Sistem Informasi Arsitektur Sistem Informasi Posisi Basis Data pada Sebuah Sistem Informasi

3 Free Powerpoint Templates Page 3 Konsep Dasar Sistem Pendefinisian sistem yang menekankan pada prosedurnya, yaitu : Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul, bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Pendefinisian sistem yang menekankan pada komponen atau elemennya, yaitu : Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

4 Free Powerpoint Templates Page 4 Karakteristik Sistem Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu, yaitu : –Mempunyai komponen-komponen (components), –Batas sistem (boundary), –Lingkungan luar sistem (environments), –Penghubung (interface), –Masukan (input), –Keluaran (output), –Pengolah (process), –Sasaran (objectives), dan –Tujuan (goal).

5 Free Powerpoint Templates Page 5 Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Kualitas informasi (quality of information) sangat dipengaruhi atau ditentukan tiga hal, yaitu : –Relevan (relevancy) –Akurat (accurancy) –Tepat waktu (timeliness)

6 Free Powerpoint Templates Page 6 Siklus Informasi

7 Free Powerpoint Templates Page 7 Relevan (Relevancy) Berarti informasi harus memberikan manfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda, misalnya : informasi mengenai sebab-akibat kerusakan mesin produksi. Bagi akuntan perusahaan adalah kurang relevan dan akan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan atau mekanik.

8 Free Powerpoint Templates Page 8 Akurat (Accuracy) Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan, dan harus jelas mencerminkan maksudnya. Ketidakakuratan dapat terjadi karena sumber informasi (data) mengalami gangguan atau kesengajaan sehingga merusak atau merubah data-data asli tersebut.

9 Free Powerpoint Templates Page 9 Tepat waktu (Timeliness) Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang usang tidak mempunyai nilai yang baik sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akan berakibat fatal atau kesalahan dalam keputusan dan tindakan. Kondisi demikian menyebabkan mahalnya nilai suatu informasi, sehingga kecepatan untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannya memerlukan teknologi-teknologi terbaru.

10 Free Powerpoint Templates Page 10 Arsitektur Informasi Disebut juga arsitektur teknologi informasi, arsitektur sistem informasi, infrastruktur teknologi informasi. Pemetaan atau rencana kebutuhan- kebutuhan informasi di dalam suatu organisasi (Turban, McLean, Wetherbe, 1999) Bentuk khusus yang menggunakan teknologi informasi dalam organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan atau fungsi-fungsi yang telah dipilih (Laudon & Laudon, 1998) Desain sistem komputer secara keseluruhan (termasuk sistem jaringan) untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan organisasi yang spesifik (Zwass, 1998)

11 Free Powerpoint Templates Page 11 Arsitektur informasi berguna sebagai penuntun bagi operasi sekarang atau menjadi cetak-biru (blueprint) untuk arahan di masa mendatang. Tujuannya agar bagian teknologi informasi memenuhi kebutuhan bisnis strategis organisasi.

12 Free Powerpoint Templates Page 12 Konsep Data Data merupakan fakta atau nilai (value) yang tercatat atau merepresentasikan deskripsi dari suatu obyek. Data adalah fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu. Data yang merupakan fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan pengolahan (proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi pemakainya yang disebut sebagai informasi. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file di dalam basis data.

13 Free Powerpoint Templates Page 13 Konsep Dasar Sistem Informasi Sistem Informasi adalah pengaturan orang, data, proses dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menyediakan output informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah organisasi. Teknologi Informasi adalah istilah yang menggambarkan kombinasi teknologi komputer (perangkat keras dan lunak) dengan teknologi komunikasi (jaringan data, gambar, dan suara).

14 Free Powerpoint Templates Page 14 Keuntungan Sistem Informasi Nilai dan Keuntungan Sistem Informasi, yaitu: –Peningkatan keuntungan perusahaan –Pengurangan biaya bisnis –Biaya dan keuntungan sistem –Peningkatan pangsa pasar –Perbaikan relasi pelanggan –Peningkatan efisiensi –Perbaikan pembuatan keputusan –Pemenuhan peraturan lebih baik –Kesalahan lebih sedikit –Perbaikan keamanan –Kapasitas lebih besar

15 Free Powerpoint Templates Page 15 Komponen Sistem Informasi Perangkat Keras (hardware). Perangkat Lunak (software) atau Program. Prosedur. Orang. Basis data (database) Jaringan Komputer dan Komunikasi Data.

16 Free Powerpoint Templates Page 16 Siklus Kehidupan Sistem Informasi Siklus Kehidupan Sistem Aplikasi Basis Data

17 Free Powerpoint Templates Page 17 Hubungan Sistem Informasi dan Database Sistem Informasi membutuhkan data dan data diolah oleh aplikasi sistem informasi sehingga menjadi database. Database bisa meningkatkan fungsi sebuah sistem informasi dengan menyimpan data – data yang dapat di proses pada sistem tersebut sehingga meringankan penggunaan memori komputer.database

18 Free Powerpoint Templates Page 18 Pengertian Data Adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia, barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dsb yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, dsb. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file dalam basis data.

19 Free Powerpoint Templates Page 19 Tipe-Tipe Data  Teks sederetan huruf, angka, dan simbol- simbol khusus yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual. Contoh : artikel koran.  Citra data dalam bentuk gambar/ image. Contoh : grafik, foto, hasil rontgen atau gambar yang lain.

20 Free Powerpoint Templates Page 20  audio data dalam bentuk suara. Contoh : instrumen musik, suara orang, suara hewan.  video data dalam bentuk sejumlah gambar yang bergerak dan bisa dilengkapi dengan suara. Contoh : film.

21 Free Powerpoint Templates Page 21 File/ Tabel File/ tabel adalah kumpulan record- record sejenis yang menyatakan sekumpulan aspek-aspek tertentu dan terorganisasi secara khas yang dipakai untuk maksud-maksud tertentu.

22 Free Powerpoint Templates Page 22 Contoh File/tabel Kd-BrgNm-BrgStokHarga/unit B01PC124,250,000 B02TV B03AC Record Field Byte 1Byte = 8 bit

23 Free Powerpoint Templates Page 23 Record adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan yang menginformasikan tentang sesuatu secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang sesuatu, misalnya sesuatu itu adalah barang maka informasi akan berisi kode barang, nama barang, harga, jumlah, dll.

24 Free Powerpoint Templates Page 24 Field adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna, misalnya pada data Barang maka field nya dapat berupa Kode barang, Nama barang, Harga, jumlah, dll.

25 Free Powerpoint Templates Page 25 Data Value (Isi data) Adalah data aktual atau informsi yang disimpan pada tiap-tiap field. Field nama barang menunjukkan dimana nama barang disimpan, sedangkan data valuenya adalah misalnya pensil, buku, mistar, pena yang merupakan isi data nama barang.

26 Free Powerpoint Templates Page 26 Byte Adalah bagian dari field yang tidak bermakna yang dapat berupa huruf, simbol, angka, dsb. Bit (Binary digit) Adalah bagian dari byte, sebuah digit dalam sistem angka biner (berbasis 2), untuk 1 byte memiliki panjang 8 bit. Contohnya : Bit hanya bernilai 0 (off) atau 1(on)

27 Free Powerpoint Templates Page 27 Hirarki data  Basis data : Kumpulan file-file yang saling berhubungan.  File/Tabel : Terbentuk dari susunan record-record.  Record : Terbentuk dari susunan field- field.  Field : Terbentuk dari rangkaian byte.  Byte : Kumpulan dari beberapa bit (8 bit).  Bit : Satuan terkecil dalam hirarki yang membentuk byte (digit biner 0 dan 1).

28 Free Powerpoint Templates Page 28 Contoh Relasional. Tabel : Barang KdBrgNmBrgStokHarga Tabel : Pelanggan KdPlgNmPlgAlamat Tabel : Dijual KdPlgKdBrgTglTrJumlah

29 Free Powerpoint Templates Page 29 Karakteristik Umum File 1.Tahan lama (Persistence) yaitu kemampuan untuk dapat diakses di masa datang. 2.Dapat digunakan bersama (Sharability) oleh banyak pemakai. 3.Memiliki ukuran (Size).

30 Free Powerpoint Templates Page 30 Karakteristik Khusus File File dapat diciptakan dan dihapus. File mempunyai nama yang unik. File mempunyai parameter perangkat (media). File mempunyai parameter pemakai (direktori).

31 Free Powerpoint Templates Page 31 Akses File Pengambilan record, dapat berupa operasi : Pengambilan satu record tertentu. Pengambilan sekumpulan record dengan suatu kriteria. Pengambilan seluruh record. Pembaruan record, dapat berupa operasi : Perubahan nilai di record. Penghapusan. Penambahan record ke file : Reorganisasi file yaitu rekonstruksi file untuk meningkatkan kinerja.

32 Free Powerpoint Templates Page 32 Pengelompokkan File a.File Master b.File Transaksi c.File Sejarah d.File Referensi

33 Free Powerpoint Templates Page 33 File Master adalah file induk yang menjadi acuan utama. Jarang dihapus Cenderung sifatnya statis Selalu digunakan untuk proses

34 Free Powerpoint Templates Page 34 File Transaksi adalah terbentuk dengan adanya transaksi-transaksi antar file master. Boleh dihapus Sering diperbaharui Bersifat sementara

35 Free Powerpoint Templates Page 35 File Sejarah adalah file hasil pengolahan masa lalu : File yang jarang untuk diproses Volume penyimpanan biasanya tinggi Biasa disebut file master lama

36 Free Powerpoint Templates Page 36 File Referensi adalah file yang berisi pedoman dan relatif jarang diperbaharui.

37 Free Powerpoint Templates Page 37 Akses File Insert (Memasukkan data) Retrieval (menampilkan data) Update (merubah data) Delete (menghapus data) Back-up (menggandakan data)

38 Free Powerpoint Templates Page 38 Organisasi File File diorganisasikan secara logika sebagai urutan simpanan record. Ada 3 macam organisasi file yang dikenal, yaitu : 1.Sequential 2.Index sequential 3.Random

39 Free Powerpoint Templates Page 39 Sequential Adalah cara penyimpanan file secara terurut, dan pembacaan data juga secara urut.

40 Free Powerpoint Templates Page 40 Index Sequential Adalah cara penyimpanan data berkelompok menurut indeksnya.

41 Free Powerpoint Templates Page 41 Random Adalah cara penyimpanan file secara sembarang, sedangkan pembacaan data berdasarkan alamat memori, jadi penyimpanan data ditandai dengan alamat memori.

42 Free Powerpoint Templates Page 42 Perbedaan File Klasik dengan File pada Basis Data File Klasik a. Data didefinisikan pada aplikasi program b. Data hanya dapat diakses oleh pembuat nya sendiri. File Basisdata a. Data dirancang dan didefinisikan sekali saja b. Data dapat diakses lebih dari satu pemakai

43 Free Powerpoint Templates Page 43 Renni Angreni, M.Kom.


Download ppt "Free Powerpoint Templates Page 1 Pengantar Sistem Basis Data bag.1 Renni Angreni, M.Kom. Pertemuan 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google