Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-GOVERMENT FARADIBA QADAAR (2009.233.00.0177). ASSALAMU ALAIKUM WB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-GOVERMENT FARADIBA QADAAR (2009.233.00.0177). ASSALAMU ALAIKUM WB."— Transcript presentasi:

1 E-GOVERMENT FARADIBA QADAAR ( )

2 ASSALAMU ALAIKUM WB

3 LATAR BELAKANG  Di era globalisasi sekarang semua teknologi semakin berkembang pesat. Dengan perkembangan teknologi itu pasti akan berpengaruh terhadap kehidupan di muka bumi. Pengaruh tersebut sangat dirasakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perubahan kehidupan zaman sekarang sangat drastis dibandingkan zaman dahulu. Walaupun perubahan itu memberikan dampak yang lebih baik dari sebelumnya tetapi pasti ada dampak buruk.Perkembangan teknologi sekarang sangat mencolok pada penggunaan teknologi komputer.Dimana-mana semua pekerjaan yang dilakukan tidak ada yang tidak menggunakan komputer.Jaringan komputer tersebar diamanapun sehingga mudah dan cepat mendapatkan informasi.Informasi yang diperoleh tidak mencakup kawasan lokal (nasional) saja tetapi juga kawasan internasional.

4 PENGERTIAN E-GOVERMENT  Penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.  Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik.

5 TIGA MODEL E-GOVERNMENT 1. Government-to- Citizen atau Government-to- Customer (G2C). 2. Government-to- Business (G2B). 3. Government-to- Government (G2G).

6 MAMFAAT E-GOVERMENT  Mendukung penyelenggaraan tata kelola organisasi agar lebih baik.  Mampu menyediakan layanan tepat guna bagi stakeholder.  Layanan digitasi pemerintah dapat dilaksanakan melalui pemanfaatan internet.  Sebagai alat monitoring dan evaluasi kinerja dilingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

7 KEUNTUNGAN E-GOVERMENT BAGI MASYARAKAT Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. Website ini mencakup banyak aspek seperti hukum, agama, sosial dan budaya, bisnis dan kawasan bisnisnya, pendidikan, dan sebagainya. Dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah. Terdapatnyainformasi transportasi, informasi valuta asing, serta info tentang tinggi muka air. Semua terbuka untuk pemerintah dan masyarakat.

8 K ERUGIAN E-G OVERMENT B AGI M ASYARAKAT  Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government.  Kurangnya interaksi atau komunikasi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat.  Belum mapannya strategi serta tidak memadainya anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan e- government. Pelayanan yang diberikan situs pemerintah belum ditunjang oleh system manajemen dan proses kerja yang efektif. Inisiatif merupakan upaya instansi secara sendiri- sendiri. Kesenjangan kemampuan masyarakat untuk mengakses jaringan internet.

9 S TRATEGI E-G OVERMENT o Membuat strategi perencanaan untuk menyusun perencanaan. o Perlu dibentuk tim dan lakukan research, libatkan akademisi, praktisi, swasta dan disiplin ilmu terkait. o Standarisasi, sinkronisasi, kolektifitas, dan integrasi, lalu dijadikan sebagai pedoman dan rujukan bagi siapapun.

10 KESIMPULAN Berdasarkan identifikasi berbagai permasalahan tersebut serta mengingat pentingnya penerapan e-Government di dalam pelayanan publik, maka perlu ada penelitian tentang kesiapan pemerintah dalam penerapan e-government di Kabupaten Maros. Untuk mengetahui bagaimana penerapan e- Government yang telah dilakukan di Kabupaten Maros berkaitan dengan 5 aspek penting mulai dari pendanaan, kebijakan, keterampilan dan kesiapan user, infrastruktur dan juga termasuk tingkat kepercayaan masyarakat, di mana hal tersebut memerlukan pengamatan serta pengkajian yang lebih lanjut.

11 SEKIAN & TERIMA KASIH WASSALAMU ALAIKUM WB


Download ppt "E-GOVERMENT FARADIBA QADAAR (2009.233.00.0177). ASSALAMU ALAIKUM WB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google