Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMULAI PENULISAN BERITA* (Mencari ide, strategi mendapatkan dan menyusun materi tulisan dan technical writing sesuai EYD)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMULAI PENULISAN BERITA* (Mencari ide, strategi mendapatkan dan menyusun materi tulisan dan technical writing sesuai EYD)"— Transcript presentasi:

1 MEMULAI PENULISAN BERITA* (Mencari ide, strategi mendapatkan dan menyusun materi tulisan dan technical writing sesuai EYD)

2 MENULIS BERITA MENULIS BERITA MERUPAKAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SETELAH PROSES PENGUMPULAN FAKTA

3 JENIS PENULISAN BERITA STRAIGHT NEWS NEWS FEATURE FEATURE

4 STRAIGHT NEWS DITULISKAN DENGAN BAHASA LUGAS MENGGUNAKAN KALIMAT PENDEK, PADAT, TAPI JELAS TIDAK BANYAK MEMASUKKAN DISKRIPSI DAN PENGGAMBARAN SUASANA Berita ‑ laporan peristiwa, rekonstruksi kejadian, disusun dengan paduan unsur 5W+1H What (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (kenapa), dan how (bagaimana)

5 NEWS FEATURE MEMASUKKAN DISKRIPSI DAN GAMBARAN SUASANA SECARA UTUH DALAM SPOT NEWS (PERISTIWA) ADANYA KERAGAMAN DALAM PENGGUNAAN DIKSI Tulisan khas berisi paduan antara fakta dan opini. Struktur tulisan: judul, lead, body, closing. Masuk dalam kategori feature a.l. tips, biografi, pengalaman, "curhat", dan catatan perjalanan. DITULIS MENJADI LEBIH DARI SATU BERITA, TERDIRI DARI SATU BERITA INDUK (OVER ALL) DAN SEJUMLAH ANAK BERITA

6 FEATURE MENGGUNAKAN BAHASA DISKRIPTIF DAN POPULER TOPIK TIDAK MENYANGKUT SPOTNEWS (PERISTIWA AKTUAL) TIDAK TERLALU MENERAPKAN TEORI PIRAMIDA TERBALIK

7 PIRAMIDA TERBALIK TEKNIS MENULIS DENGAN MELETAKKAN BAGIAN TERPENTING DI ALINEA AWAL SEBUAH TULISAN BERITA ALINEA DI BAGIAN-BAGIAN AKHIR TUBUH BERITA MERUPAKAN BAGIAN YANG TIDAK TERLALU PENTING PEMOTONGAN TULISAN DARI BAGIAN BAWAH TIDAK AKAN MENGURANGI KADAR INFORMASI UTAMA.

8 LEAD (Pengantar) BAGIAN TERPENTING DARI SEBUAH BERITA DIBERI NAMA LEAD LEAD BERADA DI ALINEA PERTAMA SEBUAH BERITA LEAD TIDAK HARUS MENGANDUNG 5W+1H SECARA UTUH ADA BERBAGAI JENIS LEAD

9 JENIS LEAD LEAD YANG MEMBERI PENONJOLAN PADA WHAT (APA YANG TERJADI) MISALNYA: Perampokan kembali terjadi di Manado, Selasa (10/1). Kali ini korbannya justru Kapolresta, Kombes (Pol) X, yang kehilangan satu senjata api dinas dan uang tunai Rp 2 juta. LEAD YANG MEMBERI PENONJOLAN PADA WHO (SIAPA TERKAIT DENGAN PERISTIWA) Kapolresta Manado Kombes (Pol) X menjadi korban perampokan, Selasa (10/1). Akibat peristiwa tersebut, Kapoltabes kehilangan satu senjata api da uang tunai Rp 2 juta. LEAD DENGAN PENONJOLAN WHEN, WHERE, WHY, ATAU HOW

10 JENIS LEAD LEAD DISKRIPTIF Sebuah pesawat Garuda mendadak terpental tiga kali di landas pacu Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Badan pesawat meluncur cepat menghantam pagar pembatas bandara lalu terjerembab di persawahan penduduk. Blummm!!! Terdengar suara ledakan, sebelum pesawat di lalap si jago merah, sekitar pukul WIB, Selasa (10/1).

11 JENIS LEAD LEAD KUTIPAN LANGSUNG “Jaksa dan hakim kurang ajar. Mereka telah menerima suap Rp 2 miliar dari saya,” teriak terpidana M Djunaidi, mantan Direktur Utama PT Makmur Sejahtera. Tudingan mengejutkan itu disampaikan Djunaidi usai dijatuhi vonis 10 tahun penjara di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Minggu (16/6/12).

12 JENIS LEAD LEAD KONTRADIKTIF Mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menyebut sebagian besar anggota kabinet merupakan antek Soeharto. Namun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menampik tudingan itu.

13 JENIS LEAD LEAD KESIMPULAN Hampir semua wilayah di Minahasa, Tomohon, Minut dan Minsel terkena banjir bandang, Selasa (10/1). Bencana itu terjadi akibat curah hujan sangat tinggi dalam dua hari terakhir. Banjir terparah terjadi di wilayah Tondano dan sekitarnya, dan Airmadidi yang dilewati Sungai Sawangan. (Kota-kota lain yang terkena banjir diuraikan satu per satu).

14 JENIS LEAD LEAD PERNYATAAN TIDAK LANGSUNG Kapolda Sulawesi Utara, Brigjen (Pol) Robby Kaligis menyatakan tetap akan memeriksa para pejabat Pemkab Minsel yang terlibat suap Rp 19 miliar terkait pembahasan APBD tahun Penjelasan itu disampaikan Kapolda ketika hadir dalam dengar pendapat dengan Komisi III DPRD Sulut, Jumat (14/6), di Gedung DPRD Sulut di Manado.

15 JENIS LEAD LEAD PERTANYAAN Mengapa kasus kematian aktivis HAM Munir yang terjadi lima tahun lalu tak terungkap? Masalahanya, kasus itu melibatkan para pejabat Badan Intelijen Negara (BIN). Kesimpulan itu disampaikan Suciwati, istri almarhum munir ketika tampil sebagai pembicara di seminar yang membahas kematian suaminya, di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (10/1)

16 EKONOMISASI KATA HINDARI PENGGUNAAN KALIMAT YANG TERLALU PANJANG. PALING EFEKTIF, SATU KALIMAT DIBACA HABIS DALAM SATU HELAAN NAFAS. LEBIH DARI ITU, BERARTI KALIMAT KEPANJANGAN HINDARI KATA-KATA BERMAKNA SAMA DAN MENGULANG ARTI. Misalnya: Para guru-guru, ratusan massa, dua orangtua saya, ada baiknya, apa terlebih, karenanya, oleh sebab itu,dll

17 BEBERAPA KESALAHAN TATA BAHASA ‘Dan’ atau kata penghubung (konjungsi) di awal kalimat. Kata Mubazir: sementara itu, dalam rangka, perlu diketahui, seperti kita ketahui, dapat ditambahkan, selanjutnya, adapun, bahwa, dll "Sehingga" di awal kalimat. Bahasa Indonesia tidak mengenal bentuk "di mana" (padanan dalam bahasa Inggris adalah "who", "whom", "which", atau "where") atau variasinya, "dalam mana", dengan mana", "hal mana", "dalam pada itu", "yang mana" dll). Penggunaan angka di awal judul. Misalnya: 12 Orang tewas akibat kecelakaan bis trayek Manado-Tomohon. Seharusnya: Dua belas orang tewas akibat kecelakaan bis trayek Manado- Tomohon, atau Kecelakaan bis trayek Manado-Tomohon tewaskan 12 orang Pasangan kata: baik. maupun; tidak hanya.. tapi juga....; tidak.... tetapi; bukan... melainkan....

18 TERIMA KASIH *) Disampaikan dalam “Orientasi Publikasi dan Dokumentasi Kehumasan Jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2013” Swiss-Belhotel Maleosan Manado Juni 2013


Download ppt "MEMULAI PENULISAN BERITA* (Mencari ide, strategi mendapatkan dan menyusun materi tulisan dan technical writing sesuai EYD)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google