Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AKUNTANSI DASAR I Tujuan : Mampu Membuat Laporan Keuangan 1. 1. Neraca 2. 2. Laporan Rugi Laba 3. 3. Laporan Perubahan Modal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AKUNTANSI DASAR I Tujuan : Mampu Membuat Laporan Keuangan 1. 1. Neraca 2. 2. Laporan Rugi Laba 3. 3. Laporan Perubahan Modal."— Transcript presentasi:

1 AKUNTANSI DASAR I Tujuan : Mampu Membuat Laporan Keuangan Neraca Laporan Rugi Laba Laporan Perubahan Modal

2 AKUNTANSI DASAR I Oleh Rino Desanto W

3 NERACA Mengetahui posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu C.V. Panda Neraca 31 Desember 2007 Aktiva Aktiva == == Kewajiban Kewajiban Ekuitas Ekuitas == ==

4 Aktiva Kas Surat Berharga Piutang Persediaan Sewa Diabayar Dimuka Asuransi Diabayar Dimuka Perlengkapan Peralatan Mesin Gedung Tanah Kewajiban 1. Hutang Barang Dagang 2. Hutang Wesel 3. Hutang Bank 4. Hutang Jangka Panjang 5. Hutang Pajak Ekuitas

5 PENEMPATAN POS/REKENING Penempatan pos keuangan berdasarkan likuiditas. Penempatan pos keuangan berdasarkan likuiditas. Kas ditempatkan pada posisi paling atas karena kas paling likuid. Kas ditempatkan pada posisi paling atas karena kas paling likuid. Demikian juga dengan piutang yang ditempatkan pada urutan kedua karena mudah diuangkan, utamanya piutang dagang. Demikian juga dengan piutang yang ditempatkan pada urutan kedua karena mudah diuangkan, utamanya piutang dagang. Persediaan menempati posisi ketiga, karena untuk merubah menjadi uang harus dijual dulu. Demikian seterusnya. Persediaan menempati posisi ketiga, karena untuk merubah menjadi uang harus dijual dulu. Demikian seterusnya.

6 Penyusutan Peralatan, Mesin dan gedung mengalami penyusutan nilai ekonomis. Peralatan, Mesin dan gedung mengalami penyusutan nilai ekonomis. Penyusutan paling cepat pada peralatan, berikutnya mesin. Gedung penyusutannya paling dibandingkan dengan peralatan dan mesin. Penyusutan paling cepat pada peralatan, berikutnya mesin. Gedung penyusutannya paling dibandingkan dengan peralatan dan mesin. Khusus untuk tanah tidak mengalami penyusutan, bahkan umumnya nilai tanah semakin hari semakin tinggi. Khusus untuk tanah tidak mengalami penyusutan, bahkan umumnya nilai tanah semakin hari semakin tinggi.

7 HUTANG Pos paling atas adalah hutang dagang, berikutnya hutang wesel dan seterusnya. Pos paling atas adalah hutang dagang, berikutnya hutang wesel dan seterusnya. Hutang dagang umumnya harus segera dilunasi, biasanya tidak lebih dari satu tahun Hutang dagang umumnya harus segera dilunasi, biasanya tidak lebih dari satu tahun Hutang jangka panjang, kewajiban melunasinya lebih dari satu tahun. Hutang jangka panjang, kewajiban melunasinya lebih dari satu tahun.

8 LAPORAN RUGI LABA Mengetahui Hasil Kegiatan Selama Periode Akuntansi. Mengetahui Hasil Kegiatan Selama Periode Akuntansi. Laba/Rugi = Pendapatan – Biaya Laba/Rugi = Pendapatan – Biaya Perusahaan akan laba bila pendapatan lebih besar dari biaya selama periode akuntansi, dan akan rugi bila yang terjadi sebaliknya. Perusahaan akan laba bila pendapatan lebih besar dari biaya selama periode akuntansi, dan akan rugi bila yang terjadi sebaliknya.

9 Pendapatan Pendapatan bisa diperoleh dari penjualan barang atau jasa. Pendapatan bisa diperoleh dari penjualan barang atau jasa. Pendapatan juga bisa diperoleh dari sewa gedung, sewa kendaraan dan juga dari bunga deposito bank atau bunga dari surat-surat berharga Pendapatan juga bisa diperoleh dari sewa gedung, sewa kendaraan dan juga dari bunga deposito bank atau bunga dari surat-surat berharga

10 BIAYA Biaya produksi: Biaya produksi: 1. Biaya bahan baku 2. Biaya tenaga kerja langsung 3. Biaya overhead pabrik: Biaya tenaga kerja tidak langsung. Biaya tenaga kerja tidak langsung. Biaya penyusutan. Biaya penyusutan. Biaya listrik, air dan telpon. Biaya listrik, air dan telpon. Biaya perbaikan dan pemeliharaan Biaya perbaikan dan pemeliharaan Biaya Administrasi Bagian Umum. Biaya Administrasi Bagian Umum. Bagian Penjualan Bagian Penjualan

11 TUJUAN PELAPORAN KEUANGAN Dimaksudkan untuk menyediakan informasi keuangan mengenai suatu badan usaha yang akan dipergunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai. Pihak internal: manajemen perusahaan dan karyawan. Pihak eksternal: kreditur, pemegang saham.


Download ppt "AKUNTANSI DASAR I Tujuan : Mampu Membuat Laporan Keuangan 1. 1. Neraca 2. 2. Laporan Rugi Laba 3. 3. Laporan Perubahan Modal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google