Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak. Prototipe mendukung dua kegiatan proses rekayasa persyaratan  Elisitasi persyaratan: user bereksperimen untuk melihat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak. Prototipe mendukung dua kegiatan proses rekayasa persyaratan  Elisitasi persyaratan: user bereksperimen untuk melihat."— Transcript presentasi:

1 Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak

2 Prototipe mendukung dua kegiatan proses rekayasa persyaratan  Elisitasi persyaratan: user bereksperimen untuk melihat bagaimana sistem dapat mendukung pekerjaan mereka dan memberikan usulan atau ide-ide baru.  Validasi persyaratan: Prototipe dapat menunjukkan kesalahan- kesalahan atau ketidak-sesuaian yang mungkin terjadi.

3 Keuntungan Prototipe  Mengurangi kesalahpahaman antara pengembang dan user  Menemukan persyaratan yang tidak lengkap  Sudah dapat ditunjukkan bahwa sistem sudah bekerja  Digunakan sebagai dasar penulisan spesifikasi untuk kualitas produksi

4 Proses Pengembangan Prototipe Tentukan Tujuan Prototipe Tentukan Tujuan Prototipe Definisi Fungsionalitas Prototipe Definisi Fungsionalitas Prototipe Pengembangan Prototipe Pengembangan Prototipe Evaluasi Prototipe Evaluasi Prototipe Rencana Pembuatan Prototipe Rencana Pembuatan Prototipe Definisi Outline Definisi Outline Prototipe Yang Dapat Digunakan Prototipe Yang Dapat Digunakan Laporan Evaluasi Laporan Evaluasi

5 Prototipe Pada Proses Perangkat Lunak Persyaratan Outline Persyaratan Outline Pembuatan Prototipe Evolusioner Pembuatan Prototipe Evolusioner Pembuatan Prototipe Throw-Away Pembuatan Prototipe Throw-Away System yang diserahkan System yang diserahkan Prototipe yang dapat dijalankan + spesifikasi sistem Prototipe yang dapat dijalankan + spesifikasi sistem

6 Tujuan Pemrograman Evolusioner dan Throw-away  Evolusioner: Menyerahkan sistem kepada user untuk menjalankan semua prioritas utama.  Throw-Away: Mem-validasi dan menurunkan persyaratan sistem.

7 Pembuatan Prototipe Evolusioner Pengembangan Spesifikasi Abstrak Pengembangan Spesifikasi Abstrak Pembuatan Sistem Prototipe Pembuatan Sistem Prototipe Penggunaan Sistem Prototipe Penggunaan Sistem Prototipe Sistem Memenuhi Syarat? Sistem Memenuhi Syarat? Penyerahan Sistem Penyerahan Sistem YA TIDAK

8 Keuntungan Prototipe Evolusioner  Penyerahan sistem yang dipercepat, sehingga dapat diantisipasi keterlambatan karena perubahan sistem.  Keterlibatan user dengan sistem lebih awal dan lebih lama, sehingga menumbuhkan kepercayaan user.

9 Spesifikasi Prototipe Evolusioner  Proses spesifikasi, perancangan dan implementasi yang tumpang tindih.  Sistem dikembangkan dalam inkremental  Teknik-teknik pengembangan sistem yang cepat  User Interface dikembangkan menggunakan pengembangan interaktif.

10 Masalah Utama Dalam Pembuatan Prototipe Evolusioner  Masalah manajemen, khususnya dalam ketersediaan tenaga  Masalah pemeliharaan menjadi lebih sulit  Masalah kontrak.

11 Pembuatan Prototipe Throw-Away Persyaratan Outline Persyaratan Outline Pengembangan Prototipe Pengembangan Prototipe Evaluasi Prototipe Evaluasi Prototipe Spesifikasi Sistem Spesifikasi Sistem Pengembangan Perangkat lunak Pengembangan Perangkat lunak Validasi Sistem Validasi Sistem Penyerahan Sistem Perangkat Lunak Penyerahan Sistem Perangkat Lunak Komponen yang dapat dipakai

12 Masalah Dalam Pembuatan Prototipe Throw-away  Fitur-fitur penting bisa dihilangkan dari prototipe untuk menyederhanakan implementasi yang cepat  Implementasi tidak mempunyai kedudukan legal sebagai kontrak  Persyaratan non-fungsional seperti keandalan, ketahanan dan keselamatan tidak dapat diuji dengan memadai.

13 Manfaat lain dari Prototipe Throw-away  Prototipe tidak harus perangkat lunak yang dapat berguna pada proses rekayasa persyaratan  Tiruan interface user dari sistem menggunakan kertas terbukti membantu user menyempurnakan desain interface dan skenario pemakaian (Rettig, 1994).  Perluasan dari teknik ini adalah prototipe “Wizard of Oz” (Sommervile & Sawyer 1997).

14 Teknik Pembuatan Prototipe Yang Cepat  Pengembangan bahasa tingkat tinggi dinamik (Java dan.NET mengarah ke sini).  Pemrograman Database  Perakitan komponen dan aplikasi

15 Pengembangan Bahasa Tingkat Tinggi Dinamik  Bahasa pemrograman yang mencakup fasilitas manajemen data run-time yang sangat ampuh.  Penggunaan bahasa campuran (lebih dari satu bahasa pemrograman) terkadang dibutuhkan untuk sistem yang besar.

16 Pertanyaan-pertanyaan Dalam Memilih Bahasa Pemrograman  Apa domain aplikasi yang akan dibangun? (Object Oriented, Logic. List Based, Database…)  Interaksi User apa yang dibutuhkan? (teks based, graphics based, aplikasi windows, aplikasi web …)  Lingkungan pendukung apa yang disediakan dengan bahasa tersebut? (komponen, object/class, library …)

17 Pemrograman Database  Semua sistem manajemen komersial menggunakan pemrograman database.  Pemrograman database beserta pendukungnya dikenal dengan istilah bahasa generasi keempat (4GL)

18 Komponen Pemrograman Database Bahasa Pemrograman Database Bahasa Pemrograman Database Generator Interface Generator Interface Spreadsheet Generator Laporan Generator Laporan Sistem Manajemen Database

19 Alat Bantu Dalam Bahasa Pemrograman Database  SQL sebagai bahasa query  Generator interface untuk membuat form  Spreadsheet untuk analisis dan manipulasi informasi  Generator laporan untuk membuat laporan

20 Perakitan Komponen dan Aplikasi  Salah satu hal penting di dalam melakukan rekayasa perangkat lunak adalah ketersediaan komponen yang memadai.  Prototipe dapat dibangun dengan cepat bila tersedia komponen dan aplikasi yang dibutuhkan.  Komponen dan aplikasi dibuat untuk bisa dipakai ulang

21 Komposisi Komponen Yang Bisa Dipakai Ulang Komponen yang bisa dipakai ulang Kerangka Kerja Komposisi Komponen Prototipe yang dapat dijalankan Kode kontrol dan integrasi

22 Dua hal penting pengembangan prototipe dengan pemakaian ulang  Tingkat aplikasi, dimana seluruh sistem diintegrasikan dengan prototipe sehingga fungsionalitasnya dapat dipakai bersama.  Tingkat komponen, dimana komponen-komponen secara individu diintegrasikan dalam kerangka kerja standard untuk implementasi sistem

23 Contoh Pentingnya komponen Buatlah form berikut ini: Bila Anda harus memilih, bahasa pemrograman apa yang Anda pilih dari bahasa pemrograman C++, Java, Visual Basic, Borland Delphi atau PHP agar prototipe dapat dibuat dengan cepat? Jelaskan mengapa anda memilih bahasa tersebut (selain karena Anda lebih menguasai salah satu bahasa tersebut) ?

24 Jawaban  Komponen dasar seperti form generator, report generator dan koneksi database  Pembuatan form yang mudah dan cepat  Komponen-komponen yang dapat diintegrasikan dengan mudah  Aplikasi dapat dengan mudah diproduksi. Pilihan bahasa pemrograman yang Anda sudah pilih memiliki hal-hal berikut ini:

25 Pemrograman Visual Dengan Pemakaian Ulang File Edit View Layout Option Help General Index 12 th January 2005 Komponen tanggal 3,875 Skrip Pemeriksaan range Komponen Gambar Kanvas Komponen Display Hypertext Komponen Display tree Komponen Prompt User + script

26 Question? End of Session


Download ppt "Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak. Prototipe mendukung dua kegiatan proses rekayasa persyaratan  Elisitasi persyaratan: user bereksperimen untuk melihat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google