Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menu Teori Contoh-contoh soal Evaluasi. Teori BUNYI A.PENGERTIANPENGERTIAN B.CEPAT RAMBAT BUNYICEPAT RAMBAT BUNYI C.JENIS-JENIS BUNYI BERDASARKAN FREKUENSINYAJENIS-JENIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menu Teori Contoh-contoh soal Evaluasi. Teori BUNYI A.PENGERTIANPENGERTIAN B.CEPAT RAMBAT BUNYICEPAT RAMBAT BUNYI C.JENIS-JENIS BUNYI BERDASARKAN FREKUENSINYAJENIS-JENIS."— Transcript presentasi:

1 Menu Teori Contoh-contoh soal Evaluasi

2 Teori BUNYI A.PENGERTIANPENGERTIAN B.CEPAT RAMBAT BUNYICEPAT RAMBAT BUNYI C.JENIS-JENIS BUNYI BERDASARKAN FREKUENSINYAJENIS-JENIS BUNYI BERDASARKAN FREKUENSINYA D.MACAM-MACAM BUNYIMACAM-MACAM BUNYI E.KUAT BUNYI DAN WARNA BUNYIKUAT BUNYI DAN WARNA BUNYI F.BUNYI PANTULBUNYI PANTUL

3 BUNYI A. PENGERTIAN – Bunyi ditimbulkan oleh benda yang bergetar – Bunyi merupakan gelombang longitudinal – Bunyi dapat merambat dalam medium padat, cair dan gas – Bunyi merambat paling baik dalam zat padat dan paling buruk dalam gas

4 B. CEPAT RAMBAT BUNYI – 1. Definisi Cepat rambat bunyi didefinisikan sebagai hasil bagi antara jarak sumber bunyi ke pendengar dengan selang waktu yang diperlukan bunyi untuk merambat sampai ke penghantar. v = cepat rambat bunyi (m/s) s = jarak sumber bunyi ke penghantar (m) t = waktu yang diperlukan bunyi untuk merambat sampai ke pendengar (s) v = s/t

5 Pada gelombang bunyi juga berlaku rumus: v = cepat rambat bunyi (m/s) λ = panjang gelombang bunyi (m) f = frekuensi bunyi (Hz) V = λ f

6 C. JENIS-JENIS BUNYI BERDASARKAN FREKUENSINYA – Infrasonik Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Infrasonik dapat didengar oleh jangkrik dan anjing. – Audiosonik Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya berkisar 20 Hz Hz. Audiosonik dapat didengar oleh telinga manusia.

7 – Ultrasonik Ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya di atas Hz. Ultrasonik dapat didengar oleh lumba- lumba dan kelelawar.

8 D. MACAM-MACAM BUNYI – Nada: Bunyi yang frekuensinya teratur dan tetap. Tinggi rendahnya nada tergantung dari frekuensi. Semakin tinggi frekuensinya maka semakin tinggi nadanya, semakin rendah frekuensinya maka semakin rendah nadanya. – Desah: Bunyi yang frekuensinya tidak teratur. contoh ; suara ombak, suara angin – Dentum : Bunyi yang frekuensinya tinggi tetapi masih didengar oleh telinga manusia. contoh ; bunyi bom

9 E. KUAT BUNYI DAN WARNA BUNYI – Kuat bunyi Keras lemahnya bunyi tergantung pada amplitudo. Semakin besar amplitudo, maka bunyi semakin keras. – Warna bunyi / timbre Terjadi karena gabungan nada dasar atas sehingga menghasilkan bentuk gelombang tertentu untuk setiap sumber nada yang menunjukkan warna bunyi. Contohnya ; nada seruling dan nada gitar pada frekuensi yang sama tetap dapat dibedakan bunyinya.

10 F. BUNYI PANTUL Hukum Pemantulan Bunyi  Bunyi datang, bunyi pantul dan garis normal terletak pada satu bidang datar.  Sudut datang sama dengan sudut pantul. Macam-macam Bunyi Pantul  Bunyi pantul yang bersamaan dengan bunyi asli. Bunyi ini terjadi jika jarak antara sumber bunyi dengan dinding pemantulnya dekat.

11 Bunyi ini memperkuat bunyi asli. Misalkan seorang guru yang mengajar di ruang kelas, maka suaranya akan dipantulkan oleh dinding-dinding ruangan kelas.  Gaung / Kerdam Gaung adalah bunyi pantul yang sebagian bersamaan dengan bunyi asli. Bunyi ini terjadi jika jarak antara sumber bunyi dengan dinding pemantul agak jauh. Gaung menyebabkan bunyi asli menjadi tidak jelas. Misalnya pada gedung bioskop.

12  Gema Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli selesai diucapkan. Bunyi ini terjadi jika jarak antara sumber bunyi dengan dinding pemantul cukup jauh. Misalnya lereng bukit dan lembah. Zat yang dapat menyerap bunyi yang diterimanya disebut zat peredam bunyi. Misalnya karpet, karet, karton, busa, wol, gabus,dsb

13 Kegunaan Bunyi Pantul Mengukur kedalaman laut Sebagai Sonar (Sound Navigation and Ranging) Ultrasonografi (USG)

14 Contoh Soal 1.Soal Sebuah osilator ditembakkan ke dalam laut, yang kedalamannya 3850 m. Bila cepat rambat bunyi dalam air 1400 m/s, maka pantulan bunyi terdengar setelah.... Jawab : Dari soal diketahui : s = 3850 m v = 1400 m/s Ditanya : t ?

15 maka, s = v. T /2 t = 2. S /v = 2 x 3850 / 1400 = 7700 / 1400 = 5,5 sekon

16 Selanjutnya, cobalah mengerjakan latihan-latihan yang ada pada evaluasi


Download ppt "Menu Teori Contoh-contoh soal Evaluasi. Teori BUNYI A.PENGERTIANPENGERTIAN B.CEPAT RAMBAT BUNYICEPAT RAMBAT BUNYI C.JENIS-JENIS BUNYI BERDASARKAN FREKUENSINYAJENIS-JENIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google