Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JARAK, KECEPATAN, PERCEPATAN, GERAK LURUS BERATURAN, GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN NAMA : ALFIAN ISKANDAR Z RIDHO SAPUTRA TEKNIK INDUSTRI (B) 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JARAK, KECEPATAN, PERCEPATAN, GERAK LURUS BERATURAN, GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN NAMA : ALFIAN ISKANDAR Z RIDHO SAPUTRA TEKNIK INDUSTRI (B) 2013."— Transcript presentasi:

1

2 JARAK, KECEPATAN, PERCEPATAN, GERAK LURUS BERATURAN, GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN NAMA : ALFIAN ISKANDAR Z RIDHO SAPUTRA TEKNIK INDUSTRI (B) 2013

3 JARAK Dalam fisika, jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu obyek yang bergerak, mulai dari posisi awal dan selesai pada posisi akhir. Rumus : s = v.t s= jarak (km,m) v= Kecepatan (km/jam, m/s) t = waktu tempuh (jam, sekon)

4 KECEPATAN

5 RUMUS KECEPATAN : Ini adalah velocity speed gun, alat ini berfungsi untuk mengukur kecepatan

6 PERCEPATAN

7 GERAK LURUS BERATURAN Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah suatu gerak lurus yang mempunyai kecepatan konstan. Maka nilai percepatannya adalah a = 0. Gerakan GLB berbentuk linear dan nilai kecepatannya adalah hasil bagi jarak dengan waktu yang ditempuh. s= perpindahan(km,m) v= kecepatan (km/jam, m/s) t=waktu tempuh (jam, sekon)

8 GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN GLBB adalah gerak lurus pada arah mendatar dengan kecepatan v yang berubah setiap saat karena adanya percepatan yang tetap. Pada umumnya GLBB didasari oleh Hukum Newton II ( S F = m. a ) > Note: Jika dua benda bergerak dan saling bertemu maka jarak yang ditempuh kedua benda adalah sama

9 RUMUS GLBB : vt = kecepatan sesaat benda v0 = kecepatan awal benda S = jarak yang ditempuh benda f(t) = fungsi dari waktu t Jika ada waktu (t) Jika ada jarak(v) Jika ada vo dan a

10 CONTOH SOAL : 1. Benda bergerak dengan kecepatan awal 2 m/s, selanjutnya benda dipercepat secara beraturan sehingga kecepatannya menjadi 10 m/s dalam selang waktu 4 sekon. Berapa percepatan yang dialami benda itu? 2. Bedu berlari dikejar anjing dari desa Pandan Agung ke desa kota negara yang berjarak 1 Km, Jika Bedu berlari dengan kecepatan tetap dan sampai ke desa Kota Negara dalam waktu 15 menit, maka hitunglah kecepatan bedu berlari ? 3. Sebuah mobil bergerak sejauh 80 km ke arah timur, kemudian berbalik arah sejauh 30 km ke arah barat. Tentukanlah jarak dan perpindahan yang ditempuh mobil tersebut!

11 1. Diketahui : v 1 = 2 m/s v 2 = 10 m/s t = 4 sekon Ditanyakan : a = …? Jawab :

12 2. Dik : s = 1 Km t = 15 menit = 0,25 jam Dit : V = ? Penyelesaian : v = s / t = 1 km / 0,25 jam = 4 km/jam 3. Jarak yang ditempuh oleh mobil, yakni sebesar 80 km ke arah timur ditambah 30 km ke arah barat. Secara matematis, dapat ditulis : Jarak yang ditempuh = 80 km + 30 km = 110 km Perpindahan mobil, yakni posisi awal (A) ke posisi akhir (C) dengan arah perpindahannya menuju arah timur. Besar perpindahannya adalah : Perpindahan = 80 km – 30 km = 50 km jadi, jarak yang ditempuh mobil itu adalah 110 km dan perpindahannya sejauh 50 km.

13


Download ppt "JARAK, KECEPATAN, PERCEPATAN, GERAK LURUS BERATURAN, GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN NAMA : ALFIAN ISKANDAR Z RIDHO SAPUTRA TEKNIK INDUSTRI (B) 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google