Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Back Nex Menu. Back Nex Menu FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN TUJUAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN PENYUSUN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Back Nex Menu. Back Nex Menu FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN TUJUAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN PENYUSUN."— Transcript presentasi:

1 Back Nex Menu

2 Back Nex Menu FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN TUJUAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN PENYUSUN SELESAI REFERENSI

3 Back Nex Menu Peserta didik adalah seseorang yang terdaftar dalam suatu jalur, jenjang, dan jenis lembaga pendidikan tertentu, yang selalu ingin mengembangkan potensi dirinya baik pada aspek akademik maupun non akademik melalui proses pembelajaran yang diselenggarakan.

4 Back Nex Menu Manajemen peserta didik bertujuan mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran di sekolah lancar, tertib dan teratur. Beberapa ahli berpendapat bahwa tujuan manajemen peserta didik adalah untuk menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang baik serta agar siswa dapat belajar dengan tertib sehingga tercapai tujuan pengajaran yang efektif dan efisien.

5 Back Nex Menu Pada pembahasan makalah ini difokuskan pada : 1.Perencanaan terhadap peserta didik 2. Pembinaan peserta didik

6 Back Nex Menu Setelah mengiktui pemaparan makalah ini diharapan dapat mengetahui permasalahan-permasalahan dalam pengelolan peserta didik yang terdiri dari : 1. Perencanaan terhadap peserta didik 2. Pembinaan peserta didik

7 Back Nex Menu PERENCANAAN PESERTA DIDIK PERENCANAAN PESERTA DIDIK PERENCANAAN PESERTA DIDIK PERENCANAAN PESERTA DIDIK Pembinaan peserta didik Pembinaan peserta didik Pembinaan peserta didik Pembinaan peserta didik A A B B

8 Back Nex Menu Perencanaan terhadap peserta didik menyangkut perencanaan penerimaan siswa baru,kelulusan, jumlah putus sekolah dan kepindahan.

9 Back Nex Menu Khusus mengenai perencanaan peserta didik akan langsung berhubungan dengan kegiatan penerimaan dan proses pencatatan atau dokumentasi data pribadi siswa, yang kemudian tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan pencatatan atau dokumentasi data hasil belajar dan aspek-aspek lain yang diperlukan dalam kegiatan kurikuler dan ko- kurikuler.

10 Back Nex Menu Perencanaan terhadap peserta didik, yang meliputi kegiatan; a)Analisis kebutuhan peserta didik Analisis kebutuhan peserta didik yaitu penetapan siswa yang dibutuhkan oleh lembaga pendidikan

11 Back Nex Menu b. Rekruitmen peserta didik. Rekruitmen peserta didik pada hakikatnya proses pencarian, menentukan peserta didik yang nantinya akan menjadi peserta didik di lembaga sekolah yang bersangkutan.

12 Back Nex Menu c.Seleksi peserta didik Seleksi peserta didik merupakan kegiatan pemilihan calon peserta didik untuk menentukan diterima atau tidaknya calon peserta didik menjadi peserta didik di lembaga pendidikan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

13 Back Nex Menu d. Orientasi Orientasi peserta didik baru merupakan kegiatan mengenalkan situasi dan kondisi lembaga pendidikan tempat peserta didik menempuh pendidikan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan fisik sekolah dan lingkungan sosial sekolah.

14 Back Nex Menu e. Penempatan peserta didik Penempatan Peserta Didik (Pembagian Kelas) yaitu kegiatan pengelompokan peserta didik yang dilakukan dengan sistem kelas, pengelompokan peserta didik bisa dilakukan berdasarkan kesamaan yang ada pada peserta didik yaitu jenis kelamin dan umur.

15 Back Nex Menu f. Pencatatan dan pelaporan Pencatatan dan pelaporan peserta didik dimulai sejak peserta didik diterima disekolah sampai dengan tamat atau meninggalkan sekolah.

16 Back Nex Menu Langkah kedua dalam manajemen peserta didik adalah pembinaan terhadap peserta didik yang meliputi layanan-layanan khusus yang menunjang manajemen peserta didik

17 Back Nex Menu Layanan-layanan yang dibutuhkan peserta didik di sekolah meliputi : 1.Layanan bimbingan dan konseling 2.Layanan perpustakaan 3.Layanan kantin 4.Layanan kesehatan 5.Layanan transportasi 6.Layanan asrama

18 Back Nex Menu Arikunto.Suharsimi Pengelolaan Kelas dan Siswa : Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta : Rajawali. Wiryawan, Sri Anitah dan Wiryawan Strategi Belajar Mengajar. Edisi 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 tentang SIstem Pendidikan Nasional.

19 Back Nex Menu

20 Back Nex Menu


Download ppt "Back Nex Menu. Back Nex Menu FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN FOKUS BAHASAN TUJUAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN POKOK BAHASAN PENYUSUN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google