Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Identifikasi dan Penetapan Peminatan Peserta Didik PPT 3 3 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Identifikasi dan Penetapan Peminatan Peserta Didik PPT 3 3 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN."— Transcript presentasi:

1 Identifikasi dan Penetapan Peminatan Peserta Didik PPT 3 3 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2014

2 KOMPETENSI DAN INDIKATOR Mampu mengidentifikasi data dan informasi yang terkumpul berdasarkan hasil assesmen untuk menetapkan peminatan peserta didik. Mengidentifikasi data dan informasi yang terkumpul berdasarkan hasil asesemen. Menetapkan peminatan peserta didik berdasarkan hasil assesmen.

3 SKENARIO KEGIATAN Curah pendapat tentang proses pemetapan peminatan peserta didik. Berlatih mengidentifikasi data dan infomasi hasil asesesmen guna menetapkan peminatan peserta didik. Berlatih menetapkan peminatan peserta didik berdasarkan hasil assesmen. Presentasi hasil diskusi kelompok. Kesimpulan materi identifikasi dan penetapan peminatan peserta didik

4 Komponen Peminatan Peserta Didik 1.Prestasi belajar nilai rapor dan UN 2.Prestasi non akademik 3.Minat studi lanjut, minat pekerjaan, minat jabatan, minat matapelajaran, cita- cita kehidupan di masa depannya dan bidang peminatan yang dipilih 4.Data perhatian, fasilitasi, harapan, pendidikan, pekerjaan, sosial ekonomi orang tua diharapkan memberikan dukungan terhadap peminatan peserta didik 5.Data deteksi potensi peserta didik di SMP/MTs atau rekomendasi Guru Bimbingan dan Konseling SMP/ MTs tentang peminatan peserta didik. 6.Data diteksi potensi peserta didik melalui tes peminatan yang dilaksanakan di SMA/SMK

5 Kriteria Penetapan Peminatan Kriteria penetapan peminatan peserta didik meliputi 2 hal penting yaitu : 1.Analisis data dan informasi yang dilakukan oleh guru BK atau Konselor 2.Pilihan peserta didik yang didukung/diketahui orang tua.

6 PENETAPAN PEMINATAN PESERTA DIDIK Prestasi Belajar (Rapor) Nilai UN Prestasi Non Akademik Minat Peserta Didik Peminatan Peserta Didik berdasar Analisis Pilihan Peserta Dididk dan Dukungan Orang Tua Rekomendasi Guru BK SMP/MTs SMA Peminatan Kelompok Mata Pelajaran, pendalaman dan/atau Lintas Minat SMK Peminatan Bidang dan Paket Keahlian Penetapan Peminatan Peserta Didik Deteksi Potensi

7 ALTERNATIF PENETAPAN PEMINATAN Alternatif pertama : Prestasi belajar peserta didik kelas VII, VIII, IX yang diperoleh di SMP/MTs. Prestasi UN yang diperoleh di SMP/MTs Prestasi non akademik yang diperoleh dari SD/MI s/d SMP/MTs. Pilihan peserta didik dan dukungan orang tua akan peminatan belajar putra-putrinya.

8 ALTERNATIF PENETAPAN PEMINATAN Alternatif kedua : Prestasi belajar peserta didik kelas VII, VIII, IX yang diperoleh di SMP/MTs. Prestasi UN yang diperoleh di SMP/MTs Prestasi non akademik yang diperoleh dari SD/MI s/d SMP/MTs. Minat belajar peserta didik yang diperoleh dari angket saat pendaftaran/ pendataan. Pilihan peserta didik dan dukungan orang tua akan peminatan belajar putra-putrinya.

9 ALTERNATIF PENETAPAN PEMINATAN Alternatif ketiga : Prestasi belajar peserta didik kelas VII, VIII, IX yang diperoleh di SMP/MTs. Prestasi UN yang diperoleh di SMP/MTs Prestasi non akademik yang diperoleh dari SD/MI s/d SMP/MTs. Minat belajar peserta didik yang diperoleh dari angket saat pendaftaran/ pendataan. Data deteksi potensi peserta didik menggunakan tes peminatan yang dilaksanakan di SMA/SMK atau Rekomendasi Guru BK SMP/MTs Pilihan peserta didik dan dukungan orang tua akan peminatan belajar putra-putrinya.

10 ALTERNATIF PENETAPAN PEMINATAN Alternatif keempat : Prestasi belajar peserta didik kelas VII, VIII, IX yang diperoleh di SMP/MTs. Prestasi UN yang diperoleh di SMP/MTs Prestasi non akademik yang diperoleh dari SD/MI s/d SMP/MTs. Minat belajar peserta didik yang diperoleh dari angket saat pendaftaran/ pendataan. Data deteksi potensi peserta didik menggunakan tes peminatan yang dilaksanakan di SMP/MTs atau di SMA/SMK. Rekomendasi Guru BK SMP/MTs Pilihan Peserta Didik dan dukungan orang tua akan peminatan belajar putra-putrinya.

11 Mekanisme Penetapan Peminatan Peserta Didik Alternatif mekanisme yang dapat dilakukan : 1.Penetapan peminataan bersamaan dengan proses PPDB. 2.Penetapan peminatan pada awal tahun pelajaran baru setelah calon peserta didik dinyatakan diterima sebagai peserta didik baru.

12 Penetapan Peminatan bersamaan PPDB 1.Calon peserta didik bersama orang tua diberi informasi tentang peminatan peserta didik. 2.Calon peserta didik mendaftar dan mengambil formulir peminatan 3.Calon peserta didik mengembalikan formulir yang telah diisi.

13 Lanjutan : 4.Penetapan - Sidang penetapan peminatan dipimpin kepala sekolah - Penetapan : Y (bagi yang diterima) dan T (bagi yang tidak diterima) - Hasil penetapan peminatan diumumkan 5.Calon peserta didik yang diterima melapor diri 6.Peserta didik menempuh proses pembelajaran

14 Pemilihan dan Penetapan Peminatan setelah PPDB (minggu pertama) 1.Peserta didik baru mendaftar dan mengambil formulir peminatan 2.Peserta didik dan orang tua mendapatkan informasi tentang peminatan peserta didik. 2.Peserta didik baru mengembalikan formulir peminatan yang telah diisi 3.Sekolah melakukan seleksi administrasi, bisa juga dilengkapi dengan wawancara atau tes masuk. 4.Rapat penentuan penerimaan peserta didik baru. 5.Pengumuman hasil seleksi.

15 Lanjutan : 4.Calon peserta didik yang diterima melapor diri 5.Peserta didik masuk sekolah untuk kegiatan MOS 6.Penetapan peminatan peserta didik 7.Hasil penetapan peminatan diumumkan secara tertulis 8.Peserta didik menempuh proses pembelajaran

16 TUGAS Mengerjakan LK 3.3

17 PENDIDIKAN: Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Guru Dan Dosen Badan Standard Nasional Pendidikan TERIMA KASIH


Download ppt "Identifikasi dan Penetapan Peminatan Peserta Didik PPT 3 3 BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google