Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Maulfi Syaiful Rizal FIB UB. Pengertian Prosa Pengertian luas : prosa menyangkut semua karya tulis yang ditulis bukan dalam bentuk puisi atau drama, tiap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Maulfi Syaiful Rizal FIB UB. Pengertian Prosa Pengertian luas : prosa menyangkut semua karya tulis yang ditulis bukan dalam bentuk puisi atau drama, tiap."— Transcript presentasi:

1 Maulfi Syaiful Rizal FIB UB

2 Pengertian Prosa Pengertian luas : prosa menyangkut semua karya tulis yang ditulis bukan dalam bentuk puisi atau drama, tiap baris dimuali dari margin kiri penuh sampai ke margin kanan. Dalam arti sempit sebagai salah satu genre sastra, prosa disebut fiksi, teks naratif, wacana naratif.

3 Fiksi berasal dari bahasa Inggris fiction yang berarti khayal. Fiction adalah karya seni yang isinya dihasilkan dari imajinasi pengarang dan tidak selalu didasarkan atas fakta yang nyata (American Heritage Dictionary). Fiksi merupakan prosa naratif yang bersifat imajinatif, namun biasanya masuk akal dan mengandung kebenaran yang mendramatisasikan hubungan-hubungan antarmanusia (Altenberd dan Lewis, 1966:14). Jadi, apa yang dimaksud dengan prosa fiksi?

4 Chamidah, dkk mengatakan bahwa cerita rekaan ialah cerita hasil olahan pengarang berdasarkan pandangan, tafsiran, serta penilaian tentang peristiwa yang pernah terjadi atau peristiwa yang berlangsung dalam khayal pengarang saja. Aminuddin (2011:66) mengatakan bahwa prosa fiksi merupakan kisahan atau cerita yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga menjalin suatu cerita.

5 Sumardjo dan Saini (1988:53) menyatakan bahwa prosa fiksi bermula dari kenyataan kemudian diolah menjadi cerita rekaan yang tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Jadi, prosa fiksi itu apa?

6 1. Bentuknya bersifat menguraikan 2. Terdapat pembagian satuan makna dalam wujud alinea 3. Penggunaan bahasa yang cenderung longgar

7 Pengarang atau naratorIsi penciptaanMedia penyampai berupa bahasaElemen-elemen fiksional

8 Jenis-Jenis Prosa Fiksi CerpenNoveletNovel

9 Alur tunggalJumlah pelaku terbatasKeterbatasan peristiwa penceritaanRentang waktu cerita yang terbatas Terdiri dari kata

10 Novelet adalah cerita berbentuk prosa yang panjangnya antara novel dan cerita pendek. Novelet cakupannya lebih luas dibandingkan dengan cerpen. Novelet lebih pendek dari novel dan dimaksudkan untuk mencapai efek tunggal bagi pembacanya.

11 Novel berasal dari bahasa Itali novella yang berarti sebuah barang baru yang kecil, secara harfiah dikatakan sebagai cerita pendek dalam bentuk prosa (Abrams dalam Nurgiyantoro, 2012:9). Apa perbedaan antara cerpen dengan novelet dan novel?

12 Perbedaan novel dengan cerpen Cerpen Lebih Pendek Kemampuan mengemukakan secara lebih banyak Alur dan temanya tunggal Pelaku terbatas Tidak memerlukan detil-detil khusul dalam latar Novel Lebih Panjang Menyampaikan permasalahan secara penuh Terdiri dari satu plot utama dan sub-sub plot dan tema lebih dari satu tema Pelaku lebih kompleks Melukiskan latar lebih jelas, konkret.


Download ppt "Maulfi Syaiful Rizal FIB UB. Pengertian Prosa Pengertian luas : prosa menyangkut semua karya tulis yang ditulis bukan dalam bentuk puisi atau drama, tiap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google