Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PETA KONSEP Benang Hubungan antara sifat bahan Hubungan antara sifat bahan Dengan bahan penyusunnya Dengan bahan penyusunnya Sifat bahan Sifat bahan Kapas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PETA KONSEP Benang Hubungan antara sifat bahan Hubungan antara sifat bahan Dengan bahan penyusunnya Dengan bahan penyusunnya Sifat bahan Sifat bahan Kapas."— Transcript presentasi:

1 PETA KONSEP Benang Hubungan antara sifat bahan Hubungan antara sifat bahan Dengan bahan penyusunnya Dengan bahan penyusunnya Sifat bahan Sifat bahan Kapas (Benag jahit) (Benag jahit) kertas kain kain Bahan sintetis Bahan sintetis (benang nilon) (benang nilon) serat tumbuhan kayu serat hewan

2 Standar Kompetensi 4. Memahami hubungan atara sifat bahan dengan penyusunannya dan bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses. hasil suatu proses.

3 Kompetensi Dasar 4.1 Mendeskripsikan antara sifat bahan dengan bahan bahan dengan bahan penyusunnya. penyusunnya. Misalnya benang, kain dan Misalnya benang, kain dan kertas. kertas.

4 Indikator Mendeskripsik a n sifat benang Menjelaskan bahan penyusun benang Mendeskripsikan sifat kain Menjelaskan bahan penyusun kain Mendeskripsikan sifat kertas Menjelaskan bahan penyusun kertas

5 HUBUNGAN ANTARA SIFAT BAHAN DENGAN BAHAN PENYUSUNNYA BENANG 1. Sifat Benang Benang adalah tali halus yang dipintal dari kapas atau bahan sintetis (buatan).Sifat benang tergantung dari bahan penyusunnya.Benang yang terbuat dari kapas umumnya lebih kuat daripada benang nilon. 4

6 Oleh karena itu, benang dari kapas digunakan sebagai benang jahit. Pakaian akan kuat dan tahan lama jika menggunakan benang jahit yang kuat pula. Oleh karena itu, benang dari kapas digunakan sebagai benang jahit. Pakaian akan kuat dan tahan lama jika menggunakan benang jahit yang kuat pula. Sifat benang di antaranya lentur dan tidak mudah putus. Sifat benang di antaranya lentur dan tidak mudah putus.

7 2. Bahan Penyusun Benang Benang merupakan susunan dari beberapa serat. Contoh benang jahit, benang kasur dan benang nilon. Benang jahit dan benang kasur terbuat dari serat kapas. Benang nilon terbuat dari serat nilon(bahan sintetis/buatan). Benang merupakan susunan dari beberapa serat. Contoh benang jahit, benang kasur dan benang nilon. Benang jahit dan benang kasur terbuat dari serat kapas. Benang nilon terbuat dari serat nilon(bahan sintetis/buatan).

8 KAIN 1.Sifat Kain Kain terbuat dari serat. Serat-serat ini dipintal membentuk benang. Benang kemudian ditenun untuk dijadikan kain.Serat ada dua macam, yaitu serat alami dan serat sintetis.Kain dari serat alami contoh, katun, wol, sutera.Kain dari serat sintetis contoh, nilon Kain terbuat dari serat. Serat-serat ini dipintal membentuk benang. Benang kemudian ditenun untuk dijadikan kain.Serat ada dua macam, yaitu serat alami dan serat sintetis.Kain dari serat alami contoh, katun, wol, sutera.Kain dari serat sintetis contoh, nilon

9 wol, sutera.Kain dari serat sintetis contoh, nilon dan poliester. Adapun sifat-sifat kain sebagai berikut: wol, sutera.Kain dari serat sintetis contoh, nilon dan poliester. Adapun sifat-sifat kain sebagai berikut: a. Kain terbuat dari kapas (katun) beresifat a. Kain terbuat dari kapas (katun) beresifat lentur, lembut, serta mudah menyerap air. lentur, lembut, serta mudah menyerap air. b. Kain terbuat dari wol bersifat mudah menyerap air, b. Kain terbuat dari wol bersifat mudah menyerap air, halus dan mudah menyerap air, halus dan terasa halus dan mudah menyerap air, halus dan terasa hangat saat dipakai. hangat saat dipakai. c. Kain sutera bersifat kuat, halus, dan memiliki kilau c. Kain sutera bersifat kuat, halus, dan memiliki kilau yang sangat indah. yang sangat indah. d. Kain sintetis (buatan) bersifat tidak mudah kusut, d. Kain sintetis (buatan) bersifat tidak mudah kusut,

10 kuat tetapi tidak nyaman dipakai, dan tidak mudah menyerap keringat. kuat tetapi tidak nyaman dipakai, dan tidak mudah menyerap keringat. 2. Bahan Penyusun kain Sudah jelas diketahui bahwa kain Sudah jelas diketahui bahwa kain terbuat dari serat yang dipintal terbuat dari serat yang dipintal menjadi benang kemudian ditenun menjadi benang kemudian ditenun menjadi kain. Adapun bahan penyusun kain sebagai menjadi kain. Adapun bahan penyusun kain sebagai berikut : berikut : a. Kain wol diperoleh dari bulu binatang misalnya a. Kain wol diperoleh dari bulu binatang misalnya kambing, biri-biri maupun unta.Bulu-bulu ini harus kambing, biri-biri maupun unta.Bulu-bulu ini harus diolah terlebih dulu sebelum dipintal dan diolah terlebih dulu sebelum dipintal dan ditenun.Serat yang dihasilkan dari pengolahan. bulu-bulu hewan disebut serat wol.Pakaian dari wol ditenun.Serat yang dihasilkan dari pengolahan. bulu-bulu hewan disebut serat wol.Pakaian dari wol merupakan pakaian bernilai tinggi merupakan pakaian bernilai tinggi b. Kain sutra diperoleh dari kepompong ulat sutera. b. Kain sutra diperoleh dari kepompong ulat sutera.

11 diolah terlebih dulu sebelum dipintal dan diolah terlebih dulu sebelum dipintal dan ditenun.Serat yang dihasilkan dari pengolahan ditenun.Serat yang dihasilkan dari pengolahan bulu-bulu hewan disebut serat wol.Pakaian dari wol bulu-bulu hewan disebut serat wol.Pakaian dari wol merupakan pakaian bernilai tinggi merupakan pakaian bernilai tinggi b. Kain sutra diperoleh dari kepompong ulat sutera. b. Kain sutra diperoleh dari kepompong ulat sutera. c. Kain sintetis diperoleh dengan mengolah bahan c. Kain sintetis diperoleh dengan mengolah bahan plastik. Bahan pakaian yang terbuat dari bahan plastik. Bahan pakaian yang terbuat dari bahan serat sintetis di antaranya nilon dan poliester. d. Kain katun dibuat dari serat tumbuhan kapas. serat sintetis di antaranya nilon dan poliester. d. Kain katun dibuat dari serat tumbuhan kapas.

12 KERTAS 1. Sifat Kertas Kertas yang sering kita gunakan di antaranya kertas HVS, manila, karton dan kertas minyak. Adapun sifat-sifat kertas tersebut sebagai berikut : Kertas yang sering kita gunakan di antaranya kertas HVS, manila, karton dan kertas minyak. Adapun sifat-sifat kertas tersebut sebagai berikut : a. Kertas HVS merupakan kertas a. Kertas HVS merupakan kertas berwarna putih, digunakan untuk tulis berwarna putih, digunakan untuk tulis menulis. menulis.

13 berwarna putih, digunakan untuk tulis berwarna putih, digunakan untuk tulis menulis. menulis. b. Kertas manila cenderung lebih tebal b. Kertas manila cenderung lebih tebal dari kertas HVS, digunakan untuk membuat dari kertas HVS, digunakan untuk membuat stopmap maupun berbagai kerajinan tangan. stopmap maupun berbagai kerajinan tangan. c. Kertas karton merupakan kertas yang sangat c. Kertas karton merupakan kertas yang sangat tebal dan kaku, digunakan untuk membuat tebal dan kaku, digunakan untuk membuat kardus tempat menyimpan dan mengepak kardus tempat menyimpan dan mengepak barang-barang. barang-barang.

14 d. Kertas minyak sifatnya tahan air d. Kertas minyak sifatnya tahan air biasanya digunakan untuk membungkus makanan. biasanya digunakan untuk membungkus makanan. Pada umumnya kertas memiliki sifat mudah menyerap air dan cenderung mudah sobek. Pada umumnya kertas memiliki sifat mudah menyerap air dan cenderung mudah sobek. 2. Bahan Penyusun Kertas Kayu merupakan bahan dasar pembuatan Kayu merupakan bahan dasar pembuatan kertas. Kayu dapat dibuat kertas karena memiliki kertas. Kayu dapat dibuat kertas karena memiliki serat selulosa yang kuat.Saat ini pengolahan ker serat selulosa yang kuat.Saat ini pengolahan ker

15 kertas melibatkan bahan-bahan lain sehingga mempunyai sifat yang berbeda. Misalnya untuk memperoleh kertas tahan air, lapisan lilin atau plastik ditambahkan kertas melibatkan bahan-bahan lain sehingga mempunyai sifat yang berbeda. Misalnya untuk memperoleh kertas tahan air, lapisan lilin atau plastik ditambahkan pada permukaannya. Kertas juga dibuat lebih tebal dan padat agar tidak mudah pada permukaannya. Kertas juga dibuat lebih tebal dan padat agar tidak mudah sobek. sobek.

16 PETA KONSEP Benang Hubungan antara sifat bahan Hubungan antara sifat bahan Dengan bahan penyusunnya Dengan bahan penyusunnya Sifat bahan Sifat bahan Kapas (Benag jahit) (Benag jahit) kertas kain kain Bahan sintetis Bahan sintetis (benang nilon) (benang nilon) serat tumbuhan kayu serat hewan


Download ppt "PETA KONSEP Benang Hubungan antara sifat bahan Hubungan antara sifat bahan Dengan bahan penyusunnya Dengan bahan penyusunnya Sifat bahan Sifat bahan Kapas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google