Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISA TEKSTIL PENGUJIAN SERAT KAPAS Oleh: WIDIHASTUTI, M.PD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISA TEKSTIL PENGUJIAN SERAT KAPAS Oleh: WIDIHASTUTI, M.PD."— Transcript presentasi:

1 ANALISA TEKSTIL PENGUJIAN SERAT KAPAS Oleh: WIDIHASTUTI, M.PD.

2 PENGUJIAN SERAT KAPAS Mengetahui mutu serat kapas adalah sangat penting, yaitu untuk mengetahui seberapa jauh serat kapas tersebut dapat dipintal menjadi benang dengan mutu yang cukup baik. Mutu serat kapas dinyatakan dengan derajat (grade) dan panjang stapel yang ditentukan oleh ahli klasifikasi serat kapas yang sudah terlatih baik.

3 PENGUJIAN SERAT KAPAS Pengujian serat kapas dilakukan di ruang standar yaitu dalam atmosfir standar dengan suhu (27±2)°C dan kelembaban relatif (65 ±2)%. Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu kapas: 1.Panjang stapel (staple length) 2.Sifat kapas (character) 3.Derajat (grade) serat kapas.

4 Stapel/Panjang stapel: Merupakan istilah yang dipakai untuk menyatakan panjang serat yang diperoleh dengan cara penarikan serat dengan tangan (hand stapling).

5 Sifat khas (character) kapas: Kehalusan Kedewasaan Kekuatan dan kemuluran Gesekan (friksi) permukaan Pilinan (convolution)

6 Grade (derajat): Warna: 1. corak (hue) atau ragam warna 2. kilau (lightness) 3. kroma (chrome) Warna kapas dibagi menjadi tiga golongan besar: A.Putih B. Putih kekuningan (ligt spotted, spotted, tinged, dan yellow stained) C. Putih keabu-abuan (kelabu tua plus, kelabu muda ligt grey, kelabu grey) Daun dan kotoran Preparation


Download ppt "ANALISA TEKSTIL PENGUJIAN SERAT KAPAS Oleh: WIDIHASTUTI, M.PD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google