Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JENIS-JENIS SULAMAN Oleh: Lilis Munfarida, S.Pd.T.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JENIS-JENIS SULAMAN Oleh: Lilis Munfarida, S.Pd.T."— Transcript presentasi:

1 JENIS-JENIS SULAMAN Oleh: Lilis Munfarida, S.Pd.T

2 Dikelompokan menjadi 2 yaitu: Sulaman putih : sulaman yang dibuat diatas kain polos dengan menggunakan benang sewarna dengan warna kain, bias juga setingkat dibawah, diatas dengan warna kain. Sulaman berwarna : teknik sulaman yang dikerjakan pada bahan yang berwarna dan dikombinasikan macam-macam warna benang dan tusuk hias.

3 Jenis-jenis sulaman putih: »Sulaman Inggris Sulaman putih dengan cirri bagian tepi terdapat ringgit dan motif, sulaman berlubang.

4

5 Sulaman Richelie Ciri-cirinya berlubang dan mempunyai penghubung untuk tiap tepi ragam, penghubung ini disebut brides/tren. Richelieu disebut juga dengan sulaman terbuka, karena terbuka seperti renda.

6

7 Sulaman Perancis merupakan sulaman yang timbul, karena motifnya diisi dengan tusuk rantai hingga bantuknya cembung. Sulaman ini banyak dipergunakan untuk monogram ataupun simbul, dengan demikian bentuk dari sulaman Perancis tidaklah terlalu besar, secukupnya saja karena hanya merupakan simbul. abc

8

9 Sulaman bayangan: sulaman bayangan karena yang berfungsi sebagai hiasan adalah bayangannya saja, karena bayangannya yang kita manfaatkan maka kain yang kita gunakan adalah kain yang tembus terang seperti paris dan sifon. ab c

10

11 Sulaman Matelase disebut juga dengan sulaman relief atau sulaman timbul. Relief ini terjadi bukan karena tusuk-tusuk hias melainkan dari kain-kain pelapisnya ataupun kapas.Benda yang dapat dihias dengan teknik ini misalnya selimut, tutup teko, cempal, sarung bantal kursi dan lain-lain.

12

13 Jenis-jenis sulaman berwarna: »Sulaman Fantasi Sulaman fantasi yaitu sering juga disebut sulaman bebas karena sulaman ini di desain dengan memvariasikan tusuk hias dan warna benang pada bahan tenunan polos.

14  Sulaman janina merupakan jenis sulaman yang mempunyai ciri khas yaitu seluruh motifnya ditutup dengan menggunakan tusuk flanel.  Sulaman Tiongkok merupakan jenis sulaman yang mempunyai ciri khusus, yaitu setiap motifnya diisi penuh dengan tusuk pipih panjang pendek dan pewarnaan pada setiap motif dilakukan secara bertingkat.

15

16

17 Sulaman Jerman merupakan jenis sulaman yang mudah dikenal dari tusuk hias yang dipergunakan yaitu seluruh motif disulam atau ditutup dengan menggunakan tusuk pipih dengan arah diagonal atau miring.

18  Sulaman Aplikasi yaitu satu metode menghias kain dengan menjahitkan sepotong kain yang digunting pada permukaan kain. Ragam hias dibentuk dari kain lain atau pita dan ditempelkan dengan tusuk hias pada permukaan benda yang akan dihias. Bahan tempelan dapat digunakan bahan yang tidak bercorak atau dapat pula digunakan bahan yang bercorak atau bermotif. Tempelan dari bahan yang tidak bercorak disebut aplikasi Cina sedangkan tempelan dari bahan bercorak disebut aplikasi Persia.

19 Sulaman Inkrustasi adalah sulaman yang ditandai dengan selembar kain yang dilekapkan sebagai motif hiasnya, yang diletakkan dibawah kain dasar atau dibagian buruk kain yang dihias, kemudian kain dasar yang diberi lekapan digunting, sehingga kain pelengkapnya akan tampak sebagai motif hias.

20

21


Download ppt "JENIS-JENIS SULAMAN Oleh: Lilis Munfarida, S.Pd.T."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google