Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Struktur Pemilihan Pertemuan ke-3. IF … THEN … IF cuaca mendung THEN saya membawa payung ENDIF IF mengantuk THEN Tidur ENDIF IF lampu merah menyala THEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Struktur Pemilihan Pertemuan ke-3. IF … THEN … IF cuaca mendung THEN saya membawa payung ENDIF IF mengantuk THEN Tidur ENDIF IF lampu merah menyala THEN."— Transcript presentasi:

1 Struktur Pemilihan Pertemuan ke-3

2 IF … THEN … IF cuaca mendung THEN saya membawa payung ENDIF IF mengantuk THEN Tidur ENDIF IF lampu merah menyala THEN Berhenti ENDIF IF kenyang THEN berhenti makan ENDIF Input (x,y) IF x > y THEN Output (‘x lebih besar dari y’) ENDIF

3 IF … THEN … IF cuaca mendung AND harus keluar rumah THEN saya membawa payung ENDIF IF mengantuk OR hari sudah malam THEN tidur ENDIF IF lampu merah menyala THEN BEGIN injak rem berhenti END ENDIF

4 IF … THEN … ELSE … IF cuaca mendung THEN saya membawa payung ELSE saya membawa jaket ENDIF IF mengantuk THEN tidur ELSE mengerjakan tugas ENDIF

5 IF … THEN … ELSE … IF kenyang THEN berhenti makan ELSE BEGIN Tambah nasi Tambah sayur Tambah lauk END ENDIF

6 PEMILIHAN BERSARANG IF cuaca mendung THEN IF saya harus keluar rumah THEN saya membawa payung ELSE saya memasukkan sepatu ENDIF ELSE saya membawa jaket ENDIF

7 Kasus Buatlah sebuah algoritma bulan dimana inputannya berupa bilangan bulan (1-12) dan outputannya berupa nama bulan (januari-desember) ! Contoh : Input : 12 Output : Bulan Desember

8 Struktur Pemilihan : Case CASE ekspresi nilai1 : aksi1 nilai2 : aksi2... nilaiN : aksiN OTHERWISE : aksiX ENDCASE

9 Struktur Pemilihan : Case CASE lampu menyala ‘merah’ : berhenti ‘kuning’ : memperlambat laju kendaraan ‘hijau’ : jalan terus ENDCASE

10 Struktur Pemilihan : Case Input (bulan) CASE bulan ‘1’ : Output (‘bulan Januari’) ‘2’ : Output (‘bulan Februari’)... ‘12’ : Output (‘bulan Desember’) OTHERWISE : Output (‘Angka harus 1-12’) ENDCASE

11 TRANSLASI KE C AlgoritmaC IF...THEN dengan 1 aksi IF kondisi THEN Aksi ENDIF if (kondisi) aksi; IF...THEN dengan n aksi IF kondisi THEN Aksi1 Aksi2... ENDIF if (kondisi) { aksi1; aksi2;... }

12 AlgoritmaC IF...THEN...ELSE,dengan masing-masing 1 aksi IF kondisi THEN Aksi1 ELSE Aksi2 ENDIF if (kondisi) aksi1; else aksi2; IF...THEN...ELSE,dengan n aksi IF kondisi THEN Aksi1a Aksi1b... ELSE Aksi2a Aksi2b... ENDIF if (kondisi) { aksi1a; aksi1b;... }else{ aksi2a; aksi2b;... }

13 AlgoritmaC struktur case CASE ekspresi BEGIN nilai1 : aksi1 nilai2 : aksi2... nilaiN : aksiN OTHERWISE : aksiX END switch ekspresi { case nilai1 : aksi1; break; case nilai2 : aksi2; break;... case nilaiN : aksiN; break; default : aksiX; }

14 Latihan 1 Buatlah sebuah algoritma dan program pascal dengan spesifikasi sebagai berikut : –Menampilkan tulisan ’Hello, siapa namamu ?’ –Meminta user memasukkan namanya –Menuliskan pesan ’Senang berteman denganmu, ’ dimana adalah hasil masukan dari b

15 Latihan 2 Buatlah program untuk menentukan grade nilai mahasiswa dengan ketentuan nilai : A : B : C : D : E :

16 Latihan 3 Buatlah sebuah program aritmatika dengan menu sebagai berikut : 1.Penjumlahan 2.Pengurangan contoh : pilih menu : 1 bilangan 1 : 5 bilangan 2 : 4 hasil : 9

17 Latihan 4 Dibaca nama karyawan dan gaji pokok bulanannya. Gaji bersih yang diterima adalah : Gaji bersih = gaji pokok + tunjangan – pajak Tunjangan karyawan dihitung 20% dari gaji pokok, sedangkan pajak adalah 15% dari gaji pokok ditambah tunjangan. Nama karyawan dan gaji bersihnya dicetak ke piranti keluaran. Tuliskan algoritmanya dan programnya ke Pascal!

18 Pengulangan

19 Komponen Pengendali Inisialisasi; menentukan kondisi awal dilakukannya pengulangan. Jumlah iterasi; menunjukkan berapa kali pengulangan akan dilakukan. Kondisi berhenti; menentukan kondisi yang dapat mengakhiri pengulangan.

20 WHILE … DO …... {inisialisasi} WHILE (condition) DO aksi ubah pencacah ENDWHILE...

21 Kupas Kentang... kentang = 0 {inisialisasi; jumlah kentang yang sudah dikupas} WHILE kentang < 10 DO {jumlah iterasi} Ambil sebuah kentang Kupas kulit kentang Kentang = kentang + 1 ENDWHILE...

22

23 AlgoritmaC WHILE (condition) DO aksi ubah pencacah ENDWHILE while (condition) aksi;... i  0 WHILE i < 5 DO Output(‘*’) i  i + 1 ENDWHILE... i=0; while i < 5 { printf(“*”); i++; }

24 REPEAT … UNTIL …... {inisialisasi} REPEAT aksi ubah pencacah UNTIL (kondisi)...

25 Kupas Kentang... kentang = 0 {inisialisasi; jumlah kentang yang sudah dikupas} REPEAT Ambil sebuah kentang {aksi} Kupas kulit kentang kentang = kentang + 1 UNTIL kentang = 10 {kondisi berhenti}...

26

27 AlgoritmaC REPEAT aksi ubah pencacah UNTIL (condition) do { aksi; }while (!kondisi)

28 FOR … TO … DO … FOR pencacah = nilai_awal TO nilai_akhir DO aksi ENDFOR

29 Kupas Kentang FOR kentang = 1 TO 10 DO Ambil sebuah kentang {aksi} Kupas kulit kentang ENDFOR...

30

31 For...to...do menaik Algoritma : FOR pencacah  nilai_awal TO nilai_akhir DO Aksi ENDFOR C : for(a=nilai_awal;a<=nilai_akhir;a++) aksi; For...to...do menurun Algoritma : FOR pencacah  nilai_awal DOWNTO nilai_akhir DO Aksi ENDFOR C : for(a=nilai_akhir;a>=nilai_awal;a--) aksi;

32 Latihan 1 Buatlah program untuk menampilkan bilangan-bilangan sebelum bilangan n. Dimana n diinputkan oleh user! Inputan : n=5 Output :

33 Pengulangan Bersarang

34 Latihan 2 Buatlah sebuah program untuk menghitung penjumlahan deret angka n. Dimana n adalah inputan dari user ! Inputan : N=5 Output : Hasil penjumlahan deret = 15

35 Latihan 3 Buatlah sebuah program yang akan menampilkan bilangan ganjil sebelum bilangan n. Dimana n diinputkan oleh user ! Inputan : n=8 Outputan :

36 Latihan 4 Buatlah program untuk menampilkan output sbb : Inputan : n=5 Output : * ** *** **** *****


Download ppt "Struktur Pemilihan Pertemuan ke-3. IF … THEN … IF cuaca mendung THEN saya membawa payung ENDIF IF mengantuk THEN Tidur ENDIF IF lampu merah menyala THEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google