Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2 2 Basis Data DATABASE MANAGEMENT SYSTEM. 2 2 Basis Data Pokok Bahasan Pendahuluan Pendahuluan Data base administrator Data base administrator Mempersiapkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2 2 Basis Data DATABASE MANAGEMENT SYSTEM. 2 2 Basis Data Pokok Bahasan Pendahuluan Pendahuluan Data base administrator Data base administrator Mempersiapkan."— Transcript presentasi:

1 2 2 Basis Data DATABASE MANAGEMENT SYSTEM

2 2 2 Basis Data Pokok Bahasan Pendahuluan Pendahuluan Data base administrator Data base administrator Mempersiapkan alat dan bahan Mempersiapkan alat dan bahan Menentukan apa yang akan dibuat Menentukan apa yang akan dibuat Pengumpulan data Pengumpulan data Metode pengumpulan data Metode pengumpulan data Mempersiapkan perangkat pendukung yang sesuai Mempersiapkan perangkat pendukung yang sesuai Pembagian dan penjadualan project Pembagian dan penjadualan project

3 2 2 Basis Data Pendahuluan Basis data bisa dikatakan sebagai tulang punggung dari eksistensi suatu organisasi, karena pada basis data lah tersimpan seluruh catatan-catatan penting perusahaan mulai dari pegawai sampai dengan transaksi-transaksi yang dilakukan. Basis data yang dibangun harus bisa digunakan berpuluh-puluh tahun tanpa masalah dan mampu menampung data sebanyak-banyaknya.

4 2 2 Basis Data Pendahuluan Oleh karena itu Data Base Administrator harus TAHU dan PAHAM mengenai bagaimana metode dan praktek untuk mengembangkan suatu basis data dari NOL.

5 2 2 Basis Data Data Base Administrator Individu yang bertanggung jawab untuk mendesain, mengimplementasikan dan memperbaiki basis data suatu organisasi. Meliputi membangun dan mendesain strategi penggunaan basis data, memonitor dan menjamin performa dan kapasitas basis data dan membuat perencanaan untuk pengembangan di kemudian hari.

6 2 2 Basis Data Data Base Administrator Apa saja yang dilakukan ??  Menjalankan administrasi harian (mengawasi performa sistem, menjamin suksesnya backup serta membangun dan implementasi rencana disaster recovery)  Mengatur data untuk memberikan pengguna kemampuan mengakses, merelasikan dan melaporkan informasi bagaimanapun bentuknya.

7 2 2 Basis Data Data Base Administrator  Membuat aturan standar untuk mengatur penggunaan dan pengambilan data oleh perangkat lunak antarmuka serta melindungi data-data penting / rahasia.  Memodifikasi basis data yang ada atau memberitahu programmer dan analis tentang perubahan yang diperlukan.

8 2 2 Basis Data Data Base Administrator  Menguji program atau basis data, memperbaiki kesalahan dan membuat modifikasi yang diperlukan.  Melatih pengguna dan melayani konsultasi tentang basis data yang dikelolanya. KESIMPULAN : Menjadi DBA memerlukan kesabaran, ketelitian dan disiplin diri yang tinggi. ANDA BAGAIMANA ??

9 2 2 Basis Data Mempersiapkan Alat dan Bahan Seorang DBA harus melengkapi alat dan bahan yang benar sebelum membuat suatu basis data yang sempurna. Alat dan bahan yang dimaksud adalah : Menentukan apa yang akan dibuat Menentukan apa yang akan dibuat Pengumpulan data Pengumpulan data Metode pengumpulan data Metode pengumpulan data Mempersiapkan perangkat pendukung yang sesuai Mempersiapkan perangkat pendukung yang sesuai Pembagian dan penjadualan project Pembagian dan penjadualan project

10 2 2 Basis Data Menentukan apa yang akan dibuat Penentuan TEMA merupakan titik awal dalam pengambilan langkah-langkah selanjutnya. Tanpa menentukan TEMA, maka basis data yang akan dibuat menjadi tidak fokus dan bahkan menjadi tidak akan selesai pada waktunya. TEMA dapat diperoleh saat terjadi pemesanan perangkat lunak (termasuk basis data).

11 2 2 Basis Data Menentukan apa yang akan dibuat Pada saat pemesan mengutarakan keinginannya, kita (system builder) harus kembali menanyakan secara detail apa yang diinginkan. Contoh : P. Adit:Saya ingin membuat GIS Agus:GIS untuk apa pak? P. Adit:GIS untuk pertanian Agus:Apakah GIS untuk ternak atau ikan atau daerah penghasil padi atau bagaimana ? P. Adit:GIS untuk ternak sapi potong dan sapi perah Agus:Baik pak, besok saya akan bertemu bapak kembali untuk mengumpulkan bahan yang saya perlukan untuk pembuatan GIS nya.

12 2 2 Basis Data Menentukan apa yang akan dibuat Setelah Agus mengetahui apa yang diinginkan pemesan, Agus menganalisa bahwa terdapat permasalahan yang harus dipecahkan dengan pembuatan aplikasi GIS tersebut.

13 2 2 Basis Data Pengumpulan Data Keesokan harinya Agus bertemu kembali dengan P. Adit untuk mengumpulkan bahan untuk pembuatan GIS. Bahan yang dikumpulkan adalah :  Peta Kabupaten Tuban  Report data pemilik sapi potong dan perah  Contoh form pendataan pemilikan sapi  Wawancara tentang hal-hal yang tidak ada form/report nya  dll

14 2 2 Basis Data Pengumpulan Data Kemudian peta, report, form yang telah diperoleh digunakan untuk apa ? Aplikasi ber-basis data merupakan aplikasi yang meng-otomasi dan meng-optimasi proses manual yang sebelumnya telah dilakukan. Input dan output sama dengan proses manual, hanya saja semua data disimpan dalam bentuk digital (bukan bertumpuk-tumpuk kertas) dan hanya report yang diperlukan saja yang akan dicetak.

15 2 2 Basis Data Pengumpulan Data Untuk menjadikan aplikasi ber-basis data yang akan dibuat sesuai dengan kondisi yang diharapkan, maka disinilah pentingnya peta, report, form dan hasil wawancara yang telah dikumpulkan. Dengan contoh data yang dikumpukan, proses pembuatan basis data tidak MENGADA-ADA dan MEMAKSA.

16 2 2 Basis Data Pengumpulan Data Semakin MENGADA-ADA dan MEMAKSA = semakin BANYAK KESALAHAN = semakin LAMA PEMBUATAN SISTEMNYA = semakin TIDAK BERGUNA SISTEM ANDA karena TIDAK SESUAI KONDISI SEBENARNYA. Pengumpulan data dan informasi sebaiknya terus dilakukan sampai aplikasi siap digunakan. Selain untuk uji coba dengan data terbaru, system builder akan semakin tahu tentang keinginan pemesan.

17 2 2 Basis Data Metode Pengumpulan Data Terdapat DUA JENIS DATA, yaitu DATA PRIMER yang merupakan data yang diperoleh secara langsung dari lapangan. Berikutnya adalah DATA SEKUNDER yang merupakan data yang diperoleh dari pengkajian bahan-bahan pustaka (buku,artikel,hasilk penelitian sebelumnya,dll). Metode pengumpulan data untuk DATA PRIMER berbeda dengan DATA SEKUNDER.

18 2 2 Basis Data Metode Pengumpulan Data Untuk DATA PRIMER, metode yang digunakan adalah :  Teknik WAWANCARA  Teknik OBSERVASI / PENGAMATAN  Teknik PENGAMBILAN SAMPEL Sedangkan untuk DATA SEKUNDER cukup dilakukan STUDI LITERATUR sebagai metode yang digunakan.

19 2 2 Basis Data Metode Pengumpulan Data Data yang didapat kemudian di-ANALISA dan di- KONSEP-kan dengan menggunakan PERANGKAT PEMODELAN SISTEM (NORMALISASI, ERD,DFD,FLOWCHART,dll) sehingga menjadi lebih jelas kegunaan dari masing-masing data, jelas keterhubungannya, jelas jenis datanya. Selanjutnya… Proses pembangunan tabel-tabel basis data sebagai “rumah” bagi data sesuai sample dapat dilakukan tanpa MENGADA-ADA lagi.

20 2 2 Basis Data Mempersiapkan Perangkat Pendukung yang Sesuai Untuk menjadikan KONSEP menjadi suatu HASIL KARYA yang BERMANFAAT TINGGI, maka penggunaan perangkat pendukung yang sesuai sangatlah penting. Di Internet sudah banyak tools-tools yang dapat membantu dalam pengembangan suatu perangkat lunak mulai proses ANALISA sampai dengan PENGUJIAN.

21 2 2 Basis Data Mempersiapkan Perangkat Pendukung yang Sesuai DBMS (Data Base Management System) : Merupakan perangkat utama untuk mengelola basis data. Biasanya pada DBMS telah terdapat antar muka untuk memanajemen basis data dan data yang ada didalamnya. Mysql : Mysql Administrator Ms. SQL Server : Enterprise Manager Oracle : SQLPlus / iSQLPlus

22 2 2 Basis Data Mempersiapkan Perangkat Pendukung yang Sesuai Bahasa Pemrograman Antar Muka : Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun antar muka penjembatan antara casual user dengan basis data. Harus dapat melakukan komunikasi dengan DBMS untuk melakukan manipulasi data (SELECT,INSERT,UPDATE,DELETE) dan harus dapat memunculkan report sesuai permintaan pemesan. JAVA,PHP,ASP,VB,PERL,PHYTON,C++,GCC,DELPHI, dll

23 2 2 Basis Data Mempersiapkan Perangkat Pendukung yang Sesuai Script Editor : Perangkat lunak yang digunakan untuk menuliskan kode program yang akan di- COMPILE dengan menggunakan bahasa pemrograman. Script editor digunakan bila tidak ada editor bawaan dari bahasa pemrograman yang digunakan. Notepad++,Adobe Dreamweaver, Cool Edit, dll

24 2 2 Basis Data Mempersiapkan Perangkat Pendukung yang Sesuai Text editor : perangkat lunak yang digunakan untuk mencatat progress, hal-hal penting atau dokumentasi yang mencakup apapun proses pengembangan sistem. Notepad, Wordpad, Kedit, Openoffice Word, dll

25 2 2 Basis Data Mempersiapkan Perangkat Pendukung yang Sesuai Diagram editor : perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah pembuatan diagram yang tidak bisa dilakukan oleh editor biasa. Ms. Visio, Dia, Power Designer, dll

26 2 2 Basis Data Mempersiapkan Perangkat Pendukung yang Sesuai Perangkat komputer personal (PC) atau komputer jinjing (notebook, laptop, netbook, tablet PC, desknote, dll) beserta Sistem Operasi yang memang mampu untuk melakukan proses compile menggunakan bahasa pemrograman yang digunakan dan kemudianmenampilkannya.

27 2 2 Basis Data Pembagian dan Penjadualan Project Setelah perangkat pendukung tersedia lengkap, maka dalam suatu tim system developer harus terjadi pembagian tugas oleh setiap anggota tim. Contoh untuk tim 5 orang :  Pencari, penganalisa data dan perancang (2)  Database Administrator / database programmer (1)  Interface builder / interface programmer (1)  Tester (1)

28 2 2 Basis Data Pembagian dan Penjadualan Project Setelah terjadi pembagian tugas, maka akan dijadualkan urutan proses pengerjaan project. No.KEGIATAN Bulan ke Studi Literatur dan Pengumpulan Data 2Analisis Permasalahan dan Desain Sistem 3Pembuatan Program 4Pengujian dan Analisis Hasil 5Penyusunan Dokumentasi & Buku Manual

29 2 2 Basis Data Pembagian dan Penjadualan Project Dengan metode-metode yang diulas secara singkat ini maka diharapkan calon system builder atau khususnya calon DBA tidak “TERSESAT” dalam proses menghasilkan suatu sistem (basis data) yang handal dan dapat digunakan puluhan tahun. Proses pengembangan sistem selengkapnya dapat diperoleh dari Mata Kuliah ANALISA DAN DESAIN SISTEM dan buku pedoman kuliah ANALISIS DAN DESAIN oleh Prof. Dr. Jogiyanto

30 2 2 Basis Data Tugas Sehubungan dengan project yang akan dikembangkan pada mata kuliah ini, maka diperlukan penugasan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang apa yang akan dibuat dengan menggunakan metode pengumpulan data yang telah dijelaskan dan kemudian menentukan tema aplikasi yang akan dikembangkan. Tugas ditunjukkan ke dosen pada pertemuan berikutnya.


Download ppt "2 2 Basis Data DATABASE MANAGEMENT SYSTEM. 2 2 Basis Data Pokok Bahasan Pendahuluan Pendahuluan Data base administrator Data base administrator Mempersiapkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google