Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Persepsi Symbols Menggambarkan kualitas minyak esensial yg mengandung sistim imun dan dan daya hidup. Menggambarkan bagaimana matahari memberikan kehidupan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Persepsi Symbols Menggambarkan kualitas minyak esensial yg mengandung sistim imun dan dan daya hidup. Menggambarkan bagaimana matahari memberikan kehidupan."— Transcript presentasi:

1 1 Persepsi Symbols Menggambarkan kualitas minyak esensial yg mengandung sistim imun dan dan daya hidup. Menggambarkan bagaimana matahari memberikan kehidupan pada tanaman

2 2 Persepsi Simbol Persepsi kadang-kadang disebut dengan proses mengektrasi informasi. Persepsi dan manipulasi simbol merupakan kelebihan perilaku manusia yang paling menonjol.

3 3 Persepsi Simbol Bahasa merupakan alat untuk –Penulisan adalah simbol untuk menyampaikan informasi –Berkomunikasi melintasi waktu dan ruang. –Berpikir, akan sulit sekali berpikir tanpa menggunakan kata- kata

4 4 Persepsi Simbol Persepsi simbol adalah mengenali: –Arti –Timbul akibat pengalaman masa lalu –Asosiasi pengucapan

5 5 Persepsi Simbol Setiap individu menbangun sendiri kepemilikan berbagai simbol –Bayi dari kemampuan mengeluarkan bunyi hingga mampu menuruti perintah sederhana 10 bulan pertama. –Pada usia 1 tahun kemampuan motor menirukan suara telah sejajawr dgn perkembangan persepsi. Dimulailah pendidikan keluarga. Bapak atau anggauta keluarga mengucapkan satu kata, lalu si anak menirukanya

6 6 Persepsi Simbol Pada masa sekolah anak belajar membaca secara konstektual. Belajar secara phonetik mendayagunakan perbedaharaan bunyi dan simbol yang telah terbangun selama beberapa tahun. Malalui pengajaran kemampuan belajar, penguatan sosial, kebiasaan verbal baru terbangun. Asosiasi yang lama digantikan dengan yang baru sedangkan asosiasi yang lemah terhapus.

7 7 Persepsi Relasi Spatial Batasan –Relasi spatial adalah persepsi tentang ruang dan jarak atas obyek yang kita lihat. –Ruang sebetulnya terkait langsung dengan obyek yang kita lihat karena obyek memiliki panjang, lebar dan tinggi. –Ruang bagian tak terpisahkan dari obyek –Penglihatan adalah indera terbaik dalam menentukan ruang dan jarak dibandingkan dengan panca indera lainya.

8 8 Persepsi Relasi Spatial Ruang sebetulnya bukan persepsi : –Kaitan antar obyek –Terhadap kita –Terhadap latar belakang –Menentukan pengalaman

9 9 Persepsi Relasi Spatial –Semua kegiatan persepsi, penglihatan, pendengaran, peraba adalah bagian eksternal dari ego. –Ego `Aku atau saya sendiri, yang sadar dan bebas berpikir, kesan diri sendiri, kepercayaan diri The Chambers Dictionary. Copyright © 1994 by Chambers Harrap Publishers, Ltd. All rights reserved –Persepsi tubuh atau kesan tubuh adalah titik rujukan absolut bagi penentuan jarak.

10 10 Persepsi Relasi Spatial –Penglihatan adalah modalitas indera dalam penentuan jarak obyek dengan ego penglihatan. –Ego penglihatan bisa ditentukan dengan cara menunjukan mistar pada diri kita, biasanya diarahkan pada mata dominan atau pada area kira-kira antara kedua mata menuju pusat kepala.

11 11 Persepsi Relasi Spatial Persepsi penglihatan selain memiliki jarak juga memiliki arah. Setiap elemen retina telah memiliki nilai spatial, dikenal dengan lokal sign yang mengisyaratkan lokasi disini atau disana. Keseluruhan penataan ini dikenal dengan “hukum arah penglihatan “ Diasumsikan bahwa arah penglihatan terkait dengan arah berkas cahaya yang membentuk bayangan pada retina.

12 12 Persepsi Relasi Spatial Hyslop mengasumsikan impresi visual dirujuk pada garis tegak lurus dengan titik retina yang distimulasi. Pendapat lain –menyatakan bahwa persepsi adalah kepanjangan sumbu longitudinal dari rod atau cone yang terstimulasi. –Nodal point, center of rotation bola mata.

13 13 Persepsi Relasi Spatial Lokal sign dipelajari dengan cara asosiasi dari eksitasi titik retina tertentu dengan pergerakan otot pada arah tertentu. Intensitas pergerakan otot atau pergerakan tertentu menentukan mutu spatial. Semua obyek tampak memiliki jarak baik dilihat secara binokuler maupun monokuler.

14 14 Persepsi Relasi Spatial Pasen dengan penglihatan monokuler yang tidak pernak memiliki penglihatan binokuler, mengembangkan adaptasi binokuleritas dengan cara diskriminasi kedalaman tingkat tinggi dan mengembangkan perilaku yang menunjang penglihatan binokuler pada lingkungan tiga dimensi. Jarak relatif dan jarak dekat lebih mudah ditentukan dengan penglihatan binokuler.

15 15 Persepsi Relasi Spatial Kegiatan penglihatan dekat sebenarnya tidak memerlukan penglihatan binokuler, antara lain membaca, melukis, menonton tv, melihat photo. Persepsi jarak monokuler adalah adanya pemicu(cue) Cue adalah pemicu bagi otak agar sampai pada pemahaman tertentu. Sehingga term adalah batasan, pikiran adalah logis dan melihat adalah penentuan. Dalam dunia psikologis motive, set dan pengalaman masa lalu.

16 16 Persepsi Relasi Spatial Cue penglihatan monokuler tradisional adalah” –Ukuran –Geometrik dan presfektif area –Tumpang tindih, sinar dan bayangan, kecerahan, kejernihan, kepadatan, level horison, akomodasi dan gerakan paralak. –Setiap cue berinteraksi dan saling memperkuat, dalam penglihatan sehari hari bersama dengan penglihatan binokuler dan pengalaman masa lalu. –Ketika imformasi membingungkan, pelaku persepsi menggantungkan pada hal dengan derajat konsistensi dan stabilitas tertinggi.

17 17 Ilusi Presfektif

18 18 Persepsi Relasi Spatial Ketika cue monokuler berkolaborasi seperti pada lukisan realis, hasil lukisan sangat meyakinkan pada lukisan Potrait Cardinal, Fur Rembrand, Satin Velasquest Gibson menyatakan bahwa gambar statik menimbulkan kedalaman dan jarak tanpa memerlukan proses mental untuk membantunya. Misalnya bayangan retina terkait dengan transformasi bentuk, teksture, kepadatan dan pencahayaan.

19 19 Persepsi Relasi Spatial Selain memiliki ruang persepsi juga memiliki arah. Setiap elemen retina tampaknya telah mencapai nilai ruang “local sign”, sehingga kita bisa menentukan letak obyek disini atau disana.

20 20 Beberapa masalah persepsi –Kemampuan membedakan (diskrimninasi ): Berlaku dua arah: –Hitam bertambah hitam –Putih bertambah putih –Hitam berbeda dgn gelap Diperlukan cahaya utk melihat hitam Gelap terjadi akibat tidak adanya pencahayaan

21 21 Fenomena “Simultaneous contrast” Kotak tampak lebih besar pada bagian latar belakang gelap Elemen retina merespon pencahayaan tinggi hingga menghambat respon elemen sekitarnya (Herings)


Download ppt "1 Persepsi Symbols Menggambarkan kualitas minyak esensial yg mengandung sistim imun dan dan daya hidup. Menggambarkan bagaimana matahari memberikan kehidupan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google