Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Week 3. Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi bisa terletak dalam diri pembentuk persepsi, dalam diri objek atau target yang diartikan, atau dalam konteks.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Week 3. Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi bisa terletak dalam diri pembentuk persepsi, dalam diri objek atau target yang diartikan, atau dalam konteks."— Transcript presentasi:

1 week 3

2 Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi bisa terletak dalam diri pembentuk persepsi, dalam diri objek atau target yang diartikan, atau dalam konteks situasi di mana persepsi tersebut dibuat.

3 Psikologi persepsi berhubungan erat dengan

4 Banyak yang mempenfaruhi kita antara lain

5 Sensasi vs Persepsi  Istilah persepsi sering dikacaukan dengan sensasi. Sensasi hanya berupa kesan sesaat, saat stimulus baru diterima otak dan belum diorganisasikan dengan stimulus lainnya dan ingatan- ingatan yang berhubungan dengan stimulus tersebut.  Sebaliknya persepsi merupakan hasil pemikiran.

6 Mengapa kita harus mengerti apa itu sensasi Understanding the function, helps us to recognize human behavior where sensation and perception are faulty.

7 Indera Merupakan alat penghubung/kontak antara jiwa dalam wujud kesadaran rohani diri dengan material lingkungan. Lima macam indera berfungsi sebagai alat penerima rangsangan yaitu:  alat pembantu untuk melihat (mata),  alat pembantu untuk mengecap (lidah),  alat pembantu untuk membau (hidung),  alat pembantu untuk mendengar (telinga),  dan alat pembantu untuk merasakan (kulit/indra peraba).

8 Mata Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap.

9 Sensasi Visual (Vision)  Sensasi visual didapatkan dari indera penglihatan.  Sensasi ini adalah sensasi yang paling awal berkembang pada bayi, dan mempengaruhi bayi dan balita untuk memahami dunianya.  Sensasi visual merupakan topik utama dari bahasan persepsi secara umum, sekaligus persepsi yang biasanya paling sering dibicarakan dalam konteks sehari-hari.

10 Telinga  Telinga merupakan sebuah organ yang mampu mendeteksi/mengenal suara & juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh  Rangsangan suara disampaikan ke otak melalui saraf yang menyambungkan telinga dan otak

11 Sensasi auditori (sound)  Sensasi auditori (pendengaran) didapatkan dari indera pendengaran yaitu telinga  Pendengaran adalah kemampuan untuk mengenali suara.  Bisa memberikan informasi sekaligus mengaburkannya.  Dalam bentuk yang berbeda bisa menimbulkan berbagai kesan dari tenang hingga kekacauan.

12 Musik Definisi sejati tentang musik bermacam-macam berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang :  Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar  Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.  Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik  Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.  Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

13 Lidah Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.

14 Sensasi pengecapan (Taste)  Sensasi pengecapan atau rasa didapatkan dari indera pengecapan yaitu lidah.  Rasa utama: manis, asin, asam, pahit.  Semakin tua maka pengenalan akan rasa semakin berkurang.

15 Hidung Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernafasan, menyaring udara,menghangatk an udara pernafasan, juga berperan dalam resonansi suara.

16 Sensasi penciuman (Smell)  Sensasi penciuman didapatkan dari indera penciuman yaitu hidung.  Pada saat kita bernapas, zat kimia yang berupa gas ikut masuk ke dalam hidung kita. zat kimia yang merupakan sumber bau akan dilarutkan pada selaput lendir,kemudian akan merangsang rambut- rambut halus pada sel pembau. rangsang ini diteruskan ke otak yang akan mengolah sehingga kita bisa mengetahui jenis bau dari zat kimia tersebut.

17 Kulit  Kulit mengandung pembuluh darah, akar rambut, ujung syaraf yang berfungsi sebagai adalah sebgai organ penerima rangsangan, pelindung terhadap kerusakan fisik, penyinaran, dan bibit penyakit, serta untuk pengaturan suhu tubuh

18 Sensasi perabaan (Touch)  Sensasi pengerabaan didapatkan dari indera kulit.  Meliputi tempratur, tekanan, rasa sakit.

19 Perception Our perceptions determine how we interpret our surroundings.

20 Pemahaman kita terhadap sensasi dipengaruhi oleh  Constancy  Distance / depth  Movement

21 Bidang pekerjaan yg mempengaruhi panca indra ?

22

23 Pengertian perhatian (attention) Perhatian sebenarnya merupakan syarat untuk dapat terjadinya persepsi atau langkah awal persiapan akan kesediaan individu melakukan persepsi. Perhatian adalah pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitas individu yang ditujukan kepada satu atau sekumpulan objek.

24 1 2 3

25 Syarat agar perhatian penuh tertuju pada objek  inhibisi : pelarangan atau penyingkiran isi kesadaran yang tidak diperlukan atau menghalangi kesadaran.  Appersepsi ; pengerahan dengan sengaja semua isi kesadaran termasuk tanggapan, pengertian dan sebagainya yang telah dimiliki dan bersesuaian dengan objek pengertian.  Adaptasi (penyesuaian diri) ; penyesuaian diri dengan objek atau stimulus.

26 Pembagian macam jenis perhatian / attention  Involuntary adalah perhatian yang tanpa disengaja/ diluar kehendak. Ini memerlukan sedikit atau tidak usaha pada bagian dari seorang penerima.  Nonvoluntary adalah perhatian yang tidak disengaja. Kadang – kadang disebut juga spontaneous attention / perhatian yang secara spontan terjadi bila seorang tertarik terhadap suatu stimulus dan melanjutkan untuk membayar perhatian terhadap stimulus itu karena hal tersebut menarik untuk dirinya.  Voluntary Perhatian yang disengaja terjadi bila seseorang dengan sengaja/penuh kesadaran mengarahkan perhatian pada objek tertentu.

27 Faktor eksternal penarik perhatian  Gerakan : manusia secara visual tertarik pada objek-objek yang bergerak.  Intensitas stimulus : manusia akan memperhatikan stimuli yang lebih menonjol, lebih besar dan yang lebih kuat.  Kebaruan (novelty) : Hal-hal baru atau diluar kebiasaan akan membuat individu tertarik.  Ulangan dari stimulus : Stimulus yang diulangi akan menarik perhatian dari pada yang tidak.  Kontras ; stimulus yang berbeda atau bertentangan dengan stimulus lainnya akan lebih menarik perhatian.

28 Faktor internal penarik perhatian  faktor biologis faktor berkaitan dengan kebutuhan manusia. Dalam keadaan lapar seluruh pikiran manusia akan tertuju pada makanan.  Faktor sosiopsikologis faktor yang dipengaruhi akan kebiasaan, sikap dan kemauan.


Download ppt "Week 3. Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi bisa terletak dalam diri pembentuk persepsi, dalam diri objek atau target yang diartikan, atau dalam konteks."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google