Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM ARUS PERMUKAAN ATLANTIK DAN EKUATOR Arus Permukaan Atlantik Dan Ekuator A. Arus Langmuir Pada tahun 1938 Langmmuir menemukan rumput laut yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM ARUS PERMUKAAN ATLANTIK DAN EKUATOR Arus Permukaan Atlantik Dan Ekuator A. Arus Langmuir Pada tahun 1938 Langmmuir menemukan rumput laut yang."— Transcript presentasi:

1

2 SISTEM ARUS PERMUKAAN ATLANTIK DAN EKUATOR

3 Arus Permukaan Atlantik Dan Ekuator A. Arus Langmuir Pada tahun 1938 Langmmuir menemukan rumput laut yang membentuk dengan tiupan angin di Samudera Atlantik Utara. Sehingga arus yang terjadi di permukaan karena tiupan angin dan bergerak dengan sumbu sejajar angin dikenal sebagai Arus Langmuir. Morfologi arus Langmuir secara skematik digambarkan pada Gambar OS-13b bersumber dari Open University (1989)

4 Morfologi Arus Langmuir

5 B. Sirkulasi Termohalin Sebaran menegak salinitas di Samudera Atlantik mulai dari lintang 50 o LS di belahan bumi selatan sampai 60 o LU di belahan bumi utara. Di lapisan dekat permukaan pada kedalaman 1000 m massa air terlihat bergerak dari belahan bumi selatan ke belahan bumi utara melalui ekuator (tanda panah berwarna ungu)

6 Sirkulasi Termohalin

7 Persebaran Arus Laut atlantik dan Ekuator A. Disebelah Utara Khatulistiwa  Arus Khatulistiwa Utara, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan dan didorong angin pasat timur laut.

8  Arus Teluk Gulfstream, merupakan arus menyimpang yang segera diperkuat oleh dorongan angin besar dan merupakan arus panas. Arus khatulistiwa utara (ditambah dengan sebagian arus khatulistiwa selatan) semula masuk ke Laut Karibia terus ke Teluk Mexiko dan keluar dari teluk ini melalui Selat Florida (sebagai Arus Florida). Arus Florida yang segera bercampur dengan Arus Antillen merupakan arus besar yang mengalir di sepanjang pantai timur Amerika Serikat ke arah timur. Arus inilah yang disebut arus teluk sebab sebagian dari arus ini keluar dari teluk Meksiko.

9  Arus Tanah Hijau Timur atau Arus Greenland Timur, merupakan arus dingin yang mengalir dari laut Kutub Utara ke selatan menyusur pantai timur Tanah Hijau. Arus ini didorong oleh angin timur (yang berasal dari daerah kutub).  Arus Labrador, berasal dari laut Kutub Utara yang mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus ini didorong oleh angin timur dan merupakan arus dingin, yang pada umumnya membawa ”gunung es” yang ikut dihanyutkan.

10  Arus Canari, merupakan arus menyimpang dan termasuk arus dingin. Arus ini merupakan lanjutan sebagian arus teluk yang mengubah arahnya setelah pengaruh daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan menyusur pantai barat Afrika Utara.

11 B. Disebelah Selatan Khatulistiwa  Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat, sejajar dengan garis khatulistiwa. Sebagian dari arus ini masuk ke utara (yang bersama-sama dengan arus Khatulistiwa Utara ke Laut Karibia) sedangkan yang sebagian lagi membelok ke selatan. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat tenggara.

12  Arus Brazilia, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah selatan menyusuri pantai timur Amerika Selatan (khususnya Brazilia). Arus ini termasuk arus menyimpang dan merupakan arus panas.  Arus Benguela, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat, yang mengalir ke arah utara menyusuri pantai barat Afrika Selatan. Arus ini merupakan arus dingin, yang akhirnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.

13  Arus Angin Barat, merupakan lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir ke arah timur (pada lintang 30 derajat – 40 derajat LS) sejajar dengan garis ekuator. Arus ini didorong oleh angin barat dan merupakan arus dingin.

14 Pola arus permukaan laut di daerah ekuator

15 Angin di Khatulistiwa

16 Sirkulasi massa air laut secara global

17 Arus di Permukaan atlantik Dan Ekuator Akibat Gerakan angin A. Equatorial Upwelling upwelling adalah adalah bergerak ke arah kanan dari arah angin (ke barat laut) pada angin pasat timur laut, sedangkan air permukaan bergerak menjauhi ekuator. Di selatan ekuator, transport Ekman adalah ke arah kiri terhadap angin pasat tenggara (ke arah barat daya), juga menjauhi ekuator.

18 B. Down Welling Air yang digerakkan ke arah garis pantai akan menyebabkan lapisan permukaan menjadi tebal dan dipaksa bergerak turun, dan kembali ke arah laut melalui paparan benua, slope permukaan laut yang dihasilkan menciptakan arus yang tegak lurus garis pantai (Gross, 1992).

19 Gambar: (a) Daerah upwelling (b) Daerah downwelling

20 C. Efek-Efek Dari Upwelling 1. upwelling membawa air yang dingin dan kaya nutrien dari lapisan dalam, yang mendukung pertumbuhan seaweed dan blooming phytoplankton. 2. upwelling adalah pada pergerakan hewan. Kebanyakan ikan laut dan invertebrata memproduksi larva mikroskopis yang melayang-layang di kolom air.

21 THANK’S


Download ppt "SISTEM ARUS PERMUKAAN ATLANTIK DAN EKUATOR Arus Permukaan Atlantik Dan Ekuator A. Arus Langmuir Pada tahun 1938 Langmmuir menemukan rumput laut yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google