Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Geografi Kelas VII Semester 2 AGUSRIAL, S. Pd SMP NEGERI 2 GUNUNG TALANG CUACA DAN IKLIM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Geografi Kelas VII Semester 2 AGUSRIAL, S. Pd SMP NEGERI 2 GUNUNG TALANG CUACA DAN IKLIM."— Transcript presentasi:

1

2 Geografi Kelas VII Semester 2 AGUSRIAL, S. Pd SMP NEGERI 2 GUNUNG TALANG CUACA DAN IKLIM

3 Cuaca dan Iklim Apa bedanya Cuaca dengan Iklim ?

4 Cuaca (Weather) : Adalah keadaan/kondisi udara atmosfer pada suatu tempat (Relatif sempit)dan waktu yang singkat. Biasanya kondisi harian.Ilmu tentang cuaca disebut Meteorologi Iklim (Climate) : Adalah Keadaan/kondisi rata-rata cuaca yang lazim pada suatu daerah tertentu (luas) dalam waktu cukup lama (30 th). Ilmu tentang Iklim disebut Klimatologi.

5 Unsur-Unsur Cuaca :  Suhu, Tekanan udara, Angin, kelembaban, curah hujan, awan. Suhu Udara : Suhu Udara adalah panas dan dinginnya udara,diukur dengan alat Thermometer, Dinyatakan dengan derajat (SkalaCelcius, Fahrenheit atau Reaumur)

6 Faktor-faktor utama yang mempenga-ruhi suhu Udara Udara :  Lintang Tempat  Letak Geografis  Atitude (ketinggian tempat)  Arus Laut  Angin  Jarak Dari laut  Kondisi batuan permukaan bumi Jelaskan Hubungannya ?

7 Tekanan Udara Adalah beratnya udara di atas suatu satuan areal. Diukur dengan Barometer. Pada permukaan bumi (muka laut) tekanan ini sama dengan 1412 lb per Inci persegi = 760 mm Hg. Makin naik ke atas tekanan udara makin rendah Perbedaan Tekanan udara menimbulkan angin.

8 ANGIN  Angin adalah aliran udara yang bergerak dengan kecepatan tertentu ke suatu arah.  Kecepatan angin diukur dengan Anemometer  Angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah (Buys Ballot I)  Angin yang bergerak menuju khatulistiwa di belahan utara bumi dibelokkan arahnya ke kanan sedangkan di belahan selatan dibelokkan arahnya ke kiori ( Buys Ballot II)

9 Kecepatan angin dipengaruhi oleh :  Gradien Barometrik  Relief Muka Bumi  Vegetasi Macam-macam Angin Angin Global : Angin Passat, Angin Barat, Angin Timur. Angin Lokal : Angin Darat – Angin laut Angin Gunung –Angin Lembah Angin Siklon – Anti siklon

10 KELEMBABAN UDARA (Humidity) Kelembaban Udara adalah banyaknya uap air yang dikandung oleh udara. Dibedakan : Kelembaban Relatif (Relative Humidity): Bilangan yg menunjukkan perbandingan antara banyaknya uap air yg dikandung udara (a) dengan jumlah maksimum uap air yg dpt dikandung udara itu pada suhu yang sama (b). Dinyatakan dengan % RH = a/b x 100%

11 Kelembaban Mutlak (Absolute humidity) : Adalah banyaknya gram uap air yang didapat Dalam tiap 1m 3 udara. Dinyatakan dengan gram/m 3.

12 CURAH HUJAN (Precipitation) Curah hujan adalah jumlah air yang turun sebagai hujan dalam waktu dan daerah tertentu. Alat untuk mengukur banyaknya curah hujan adalah Regen Meter atau Fluviograf Jenis Jenis Hujan : Hujan Orografis,Hujan Frontal, Hujan Konveksi.

13 AWAN (CLOUDS)  Awan adalah titik-titik air yg halus, dengan diameter 0,02 – 0,06 mm. Jenis-jenis Awan : a. Cumulus, awan putih bergumpal dan bergerak b. Stratus, berbentuk seperti selimut berlapis terbentang c. Nimbus, awan gelap d. Cirrus, awan tringgi hungga 15 Km

14

15

16

17

18

19

20

21 IKLIM (climate) Berdasarkan Letak lintang dan ketinggian tempat, Iklim dikelompokkan menjadi :  Iklim Matahari  Iklim Fisis Iklim Matahari : Iklim didasarkan atas kedudukan dan pergeseran semu matahari terhadap tempat Tempat di muka bumi.

22 Klasifikasi Iklim Matahari : 1. Iklim Tropis (23  o LU - 23  o LS) 2. Iklim Sub Tropik (23  o -40 o LU/LS) 3. Iklim Sedang (40 o – 66  o LU/LS) 4. Iklim Kutub (66  o –90 o LU/LS) Diskusikan Ciri-ciri Iklim matahari tersebut Diatas !

23 IKLIM FISIS Adalah Iklim menurut kenyataan yang sesungguhnya di permukaan bumi karena pengaruh kondisi fisik, seperti : Relief, lautan, daratan yang luas, angin, curah hujan. Dibedakan menjadi : 1. Iklim Laut 2. Iklim Darat 3. Iklim Pegunungan 4. Iklim Dataran Tinggi 5. Iklim Musim (Muson)

24 Pembagian Iklim menurut W.KOPPEN Ahli Iklim Jerman Wladimir Koppen membuat Klasifikasi Iklim di seluruh dunia berdasarkan Curah Hujan dan Suhu Udara sbb: A = Iklim Khatulistiwa B = Iklim Kering C = Iklim Sedang (Laut) D = Iklim Sedang (Darat) E = Iklim Dingin atau Salju Cari Informasi lebih lengkap tentang Klasifikasi Iklim Koppen. !!!

25 Pembagian Iklim Menurut SCHMIDT - FERGUSON Schmidt-Ferguson mengklasifikasikan Iklim dengan cara membandingkan rata-rata curah hujan bulan kering dengan jumlah rata-rata bulan basah. Rata-rata Jumlah curah hujan bulan kering Q = Rata-rata jumlah curah hujan bulan basah

26 Apa yang dimaksud Bulan Basah dan Bulan Kering ?  Bagaimana Klasifikasi Iklim menurut Schmidt-Ferguson ? Diskusikan dalam Kelompokmu !


Download ppt "Geografi Kelas VII Semester 2 AGUSRIAL, S. Pd SMP NEGERI 2 GUNUNG TALANG CUACA DAN IKLIM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google