Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DINAMIKA ATMOSFER A.LAPISAN ATMOSFER Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi secara menyeluruh. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DINAMIKA ATMOSFER A.LAPISAN ATMOSFER Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi secara menyeluruh. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti."— Transcript presentasi:

1 DINAMIKA ATMOSFER A.LAPISAN ATMOSFER Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi secara menyeluruh. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi secara menyeluruh. Berdasarkan perbedaan suhu arahnya vertikal atmosfer menjadi 5 lapisan yaitu: 1.TROPOSFER Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah dengan ketinggian sampai 8 km di daerah kutub dan 18 km di daerah katulistiwa. Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah dengan ketinggian sampai 8 km di daerah kutub dan 18 km di daerah katulistiwa.

2 • 2.Stratosfer • Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang terletak paling d atas lapisan troposfer sampai ketinggian 50 km. • 3.Mesosfer • Mesosfer adalah lapisan atmosfer yang terletak di atas lapisan stratosfer pada ketinggian km. • 4.Termosfer • Termosfer adalah lapisan yang terletak di atas mesosfer dengan ketinggian swekitar 75 km sampai dengan ketinggian sekitar 650 km • 5.Eksosfer • Eksosfer adalah lapisan paling luar di antara lapisan atmosfer yang lain. Dan terletak di atas lapisan termosfer.

3 • B. CUACA DAN IKLIM 1. Pengertian Cuaca dan iklim 2. Cuaca adalah Keadaan atmosfersehari hari dan terjadi di daerah sempit. Klu Iklim adalah keadaan rata rata cuaca dalam periode yang lama (umumnya selama 30 tahun) meliputi daerah yang luas. 3.. Unsur – unsur cuaca dan iklim 4. unsurnya meliputi suhu udara,tekanan udara,angin, kelembapan udara,per-awanan, dan curah hujan. a. Suhu Udara Hal yang menyebabkan suhu udara disetiap tempat berbeda beda adalah matahari. Faktor yang menyebabkan perbedaan suhu udara antara lain: Hal yang menyebabkan suhu udara disetiap tempat berbeda beda adalah matahari. Faktor yang menyebabkan perbedaan suhu udara antara lain:

4 1) Sudut Dandang Sinar Matahari Sinar Matahari Kesetiap daerah di Bumi tidak sama karena terkait dengan letak lintang wilayah.Sudut datang sinar Matahari di wilayah berada di lintang rendah lebih besar dari pada di wilayah yang berlintang tinggi.Oleh karena itu suhu di daerah katulistiwa lebih dingin dari pada suhu di daerah subtropis dan kutub. Sinar Matahari Kesetiap daerah di Bumi tidak sama karena terkait dengan letak lintang wilayah.Sudut datang sinar Matahari di wilayah berada di lintang rendah lebih besar dari pada di wilayah yang berlintang tinggi.Oleh karena itu suhu di daerah katulistiwa lebih dingin dari pada suhu di daerah subtropis dan kutub. Flukturasi suhu udara di Bumidapat di bedakan menjadi 3 pola yaitu: Flukturasi suhu udara di Bumidapat di bedakan menjadi 3 pola yaitu: a) Pola katulistiwa b) Pola Daerah Sedang c) Pola Daerah Kutub 2) Lamanya penyinaran Matahari 2) Lamanya penyinaran Matahari Lamanya penyinaran Matahari di ukur Dengan menggunakan alat Heliograf.Lamanya penyinaran matahari di katulistiwa di ukur selama 12 jam sejak matahari terbit hingga terbenam. Lamanya penyinaran Matahari di ukur Dengan menggunakan alat Heliograf.Lamanya penyinaran matahari di katulistiwa di ukur selama 12 jam sejak matahari terbit hingga terbenam.

5 3) Ketinggian Tempat Suhu udara di dataran rendah lebih tinggi dari pada di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Suhu udara di dataran rendah lebih tinggi dari pada di daerah dataran tinggi atau pegunungan. 4) Kejernihan atmosfer hal ini dapat mempengaruhi besarnya panas matahari sampai ke permukaan bumi.dan disebabkan gas gas didalam atmosfer berpengaruh terhadap pemantulan dan penghamburan sinar matahari. hal ini dapat mempengaruhi besarnya panas matahari sampai ke permukaan bumi.dan disebabkan gas gas didalam atmosfer berpengaruh terhadap pemantulan dan penghamburan sinar matahari. 5) Jarak ke laut suatu tempat yang dekat dengan laut atau danau suhu udaranya rata rata hariannya tinggi, sedangkan yang tidak dekat rata rata rendah. suatu tempat yang dekat dengan laut atau danau suhu udaranya rata rata hariannya tinggi, sedangkan yang tidak dekat rata rata rendah. b) Tekanan Udara adalah tekanan yang diberikan udara setiap satuan luas bidang datar dari permukaan bumi sampai batas atmosfer. adalah tekanan yang diberikan udara setiap satuan luas bidang datar dari permukaan bumi sampai batas atmosfer. C) Angin adalah udara yang bergerak karena adanya perbedaan tekanan udara antara satu tempat dan tempat yang lain. adalah udara yang bergerak karena adanya perbedaan tekanan udara antara satu tempat dan tempat yang lain.

6 1) Kecepatan Angin besar kecilnya ditentukan oleh faktor: besar kecilnya ditentukan oleh faktor: a. Besar kecilnya gaya gradien geo metris. b. Banyak sedikitnya hambatan. 2) Jenis angin a.Angin Barat : bertiup dari lintang 35derajatLU/LS menuju60 derajat LU/LS. a.Angin Barat : bertiup dari lintang 35derajatLU/LS menuju60 derajat LU/LS. b. Angin kutub: berhembus dari daerah yang mempunyai udara dingin. b. Angin kutub: berhembus dari daerah yang mempunyai udara dingin. c. Angin pasat: Berhembus dari daerah subtropis menuju katulistiwa. c. Angin pasat: Berhembus dari daerah subtropis menuju katulistiwa. d. Angin siklon: terjadi di daerah yang punya daerah tekanan udara rendah. d. Angin siklon: terjadi di daerah yang punya daerah tekanan udara rendah. e. Angin anti siklon: terjadi jika daerah yang bertekanan udara tinggi dikelilingi oleh daerah yang bertekanan rendah. e. Angin anti siklon: terjadi jika daerah yang bertekanan udara tinggi dikelilingi oleh daerah yang bertekanan rendah. f. Angin musim: suatu angin ragional yang bertiup di daerah tropis. f. Angin musim: suatu angin ragional yang bertiup di daerah tropis. g. Angin darat dan Angin laut: terjadi akibat adanya perbedaan sifat pemanasan antara daratan dan lautan. g. Angin darat dan Angin laut: terjadi akibat adanya perbedaan sifat pemanasan antara daratan dan lautan.

7 h. Anginh lembah dan Angin gunung: terjadi karena perbedaan pemanasan pegunungan. i. Angin fohn: terjadi jika ada gerakan masa udara yang menaiki suatu pegunungan dengan ketinggian lebih dari Meter. d) Kelembapan udara dinyatakan banyak kandungan uap air di dalam udara. Dapat di nyatakan dengan 2 cara yaitu: dinyatakan banyak kandungan uap air di dalam udara. Dapat di nyatakan dengan 2 cara yaitu: 1) Kelembapan relatif 2) Kelembapan mutlak e) Per-awanan 1)Kelompok awan tinggi 1)Kelompok awan tinggi a. Sirus a. Sirus b.sirokumulus b.sirokumulus c. Sirotratus c. Sirotratus 2)Kelompok awansedang 2)Kelompok awansedang Altokumulus dan altostratus Altokumulus dan altostratus

8 3) Kelompok awan rendah a.Stratokumulus a.Stratokumulus b.Stratus b.Stratus c.Nimbostratus c.Nimbostratus 4) Kelompok awandengan perkembangan Vertikal a.Kumulus a.Kumulus b. kumulonimbus b. kumulonimbus F) Curah Hujan (presipitasi) Hujan adalah peristiwa jatuhnya air dalam bentuk cair atau padat menuju ke bumi. Hujan adalah peristiwa jatuhnya air dalam bentuk cair atau padat menuju ke bumi. Berdasarkanproses terjadinya hujan di bagi menjadi 3 yaitu: Berdasarkanproses terjadinya hujan di bagi menjadi 3 yaitu: 1) Hujan Konveksi terjadi karena pemanasan rediasi matahari sehingga udara permukaan akan memuai dan naik secara vertika. 1) Hujan Konveksi terjadi karena pemanasan rediasi matahari sehingga udara permukaan akan memuai dan naik secara vertika. 2) Hujanl Orografis terjadi karena udara yang mengandung uap air naik ke pegunungan. 2) Hujanl Orografis terjadi karena udara yang mengandung uap air naik ke pegunungan. 3) Hujan Frontal terjadi karena pertemuan masa udara panas dan masa udara dingin. 3) Hujan Frontal terjadi karena pertemuan masa udara panas dan masa udara dingin.


Download ppt "DINAMIKA ATMOSFER A.LAPISAN ATMOSFER Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi secara menyeluruh. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google