Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menyebutkan perbedaan cuaca dan iklim Menjelaskan unsur cuaca dan iklimMenghitung suhu udara suatu daerah Menghitung tekanan udara suatu daerah Menjelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menyebutkan perbedaan cuaca dan iklim Menjelaskan unsur cuaca dan iklimMenghitung suhu udara suatu daerah Menghitung tekanan udara suatu daerah Menjelaskan."— Transcript presentasi:

1

2 Menyebutkan perbedaan cuaca dan iklim Menjelaskan unsur cuaca dan iklimMenghitung suhu udara suatu daerah Menghitung tekanan udara suatu daerah Menjelaskan proses terjadinya hujan Menjelaskan proses terbentuknya pelangi Menjelaskan pola cuaca dan iklim di Indonesia

3 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Hari ini cerah sekali ! “Bulan bulan belakangan ini tidak tampak turun hujan, sehingga dimana-mana terjadi kekeringan”

4 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia So, apa yang kalian ketahui tentang cuaca dan Iklim????

5 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Iklim adalah keadaan cuaca rata-rata dalam waktu satu tahun yang penyelidikannya dilakukan dalam waktu yang lama (minimal 30 tahun) dan meliputi wilayah yang luas.

6 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Matahari adalah kendali iklim yang sangat penting dan sumber energi di bumi yang menimbulkan gerak udara dan arus laut. Kendali iklim yang lain, misalnya distribusi darat dan air, tekanan tinggi dan rendah, massa udara, pegunungan, arus laut dan badai.

7 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Klimatologi adalah ilmu tentang iklim Meteorologi adalah ilmu tentang keadaan cuaca

8 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia

9 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Suhu Udara

10 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Tekanan Udara

11 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Kelembaban Udara

12 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Curah Hujan

13 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Awan

14 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Suhu udara adalah keadaan panas atau dinginnya udara Alat untuk mengukur suhu udara atau derajat panas disebut thermometer. Biasanya pengukuran dinyatakan dalam skala Celcius (C), Reamur (R), dan Fahrenheit (F). Suhu udara tertinggi di muka bumi adalah di daerah tropis (sekitar ekuator) dan makin ke kutub, makin dingin

15 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya suhu udara suatu daerah adalah: a. Lama penyinaran matahari. b. Sudut datang sinar matahari. c. Relief permukaan bumi. d. Banyak sedikitnya awan. e. Perbedaan letak lintang.

16 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Untuk mengetahui temperatur rata-rata suatu tempat digunakan rumus: Tx = To – (0,6 x h/100) Keterangan: Tx = temperatur rata rata suatu tempat (x) yang dicari To = temperatur suatu tempat yang sudah diketahui h = tinggi tempat (x)

17 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Contoh: Temperatur permukaan laut = 27o C. Kota X tingginya 1500 m (di Indonesia). Berapa temperatur rata rata kota X?

18 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia 1.Besar atau kecilnya tekanan udara, dapat diukur dengan menggunakan barometer. 2.Orang pertama yang mengukur tekanan udara adalah Torri Celli (1643). 3.Tekanan udara menunjukkan tenaga yang bekerja untuk menggerakkan masa udara dalam setiap satuan luas tertentu. 4.Tekanan udara semakin rendah apabila semakin tinggi dari permukaan laut.

19 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Manfaat Tekanan Udara

20 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Manfaat Tekanan Udara

21 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Perhitungan Tekanan Udara Pu = 76- H/100 meter Ket: Pu : Tekanan udara (CmHg) H : Ketinggian suatu daerah (m)

22 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Latihan soal Ketinggian suatu daerah sebesar 4500 m. Berapakah tekanan daerah tersebut, dari atas permukaan air laut?

23 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Kelembaban udara adalah banyak atau sedikitnya kandungan uap air di udara. Kelembaban udara dibagi menjadi dua bagian yaitu : 1.Kelembaban udara absolut 2.Kelembaban udara relatif

24 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Curah hujan yaitu jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Alat untuk mengukur banyaknya curah hujan disebut Rain gauge.

25 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Curah hujan yang jatuh di wilayah Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: - bentuk medan/topografi - arah lereng medan - arah angin yang sejajar dengan garis pantai - jarak perjalanan angin di atas medan datar

26 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Hujan ialah peristiwa sampainya air dalam bentuk cair maupun padat yang dicurahkan dari atmosfer ke permukaan bumi.

27 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Awan Awan ialah kumpulan titik-titik air/kristal es di dalam udara yang terjadi karena adanya kondensasi/sublimasi dari uap air yang terdapat dalam udara. Awan yang menempel di permukaan bumi disebut kabut.

28 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia Berdasatkan morfologinya, awan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: 1.Awan Commulus yaitu awan yang bentuknya bergumpal- gumpal (bunar-bundar) dan dasarnya horizontal. 2.Awan Stratus yaitu awan yang tipis dan tersebar luas sehingga dapat menutupi langit secara merata. Dalam arti khusus awan stratus adalah awan yang rendah dan luas. 3.Awan Cirrus yaitu awan yang berdiri sendiri yang halus dan berserat, berbentuk seperti bulu burung. Sering terdapat kristal es tapi tidak dapat menimbulkan hujan.

29 CUACA DAN IKLIM Pengantar Cuaca dan IklimUnsur Cuaca dan IklimCuaca dan Iklim di Indonesia MACAM-MACAM IKLIM Terjadinya iklim yang bermacam-macam di muka bumi, disebabkan karena rotasi dan revolusi bumi dan perbedaan garis lintang. Klasifikasi iklim matahari, didasarkan pada banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi. Pembagian daerah iklimnya adalah : a. Daerah iklim tropis : 0o – 23,5o LU/LS b. Daerah iklim sub tropis : 23,5o – 40o LU/LS c. Daerah iklim sedang : 40o – 66,5o LU/LS d. Daerah iklim dingin : 66,5o – 90o LU/LS


Download ppt "Menyebutkan perbedaan cuaca dan iklim Menjelaskan unsur cuaca dan iklimMenghitung suhu udara suatu daerah Menghitung tekanan udara suatu daerah Menjelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google