Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Pengkodean “ PENERAPAN FUZZY LOGIC PADA SISTEM PERAMALAN CUACA BERDASARKAN SUHU DAN KELEMBABAN “ Prayosa Gardiansyah118090030 Regi Sanda118090052.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Pengkodean “ PENERAPAN FUZZY LOGIC PADA SISTEM PERAMALAN CUACA BERDASARKAN SUHU DAN KELEMBABAN “ Prayosa Gardiansyah118090030 Regi Sanda118090052."— Transcript presentasi:

1 Teknik Pengkodean “ PENERAPAN FUZZY LOGIC PADA SISTEM PERAMALAN CUACA BERDASARKAN SUHU DAN KELEMBABAN “ Prayosa Gardiansyah Regi Sanda Restu Istifarroh

2 Latar Belakang Cuaca merupakan suatu kondisi udara di suatu tempat pada saat yang relatif singkat yang meliputi kondisi suhu, kelembaban, serta tekanan udara sebagai komponen utamanya. Pencarian metode untuk memprediksi cuaca adalah kegiatan yang akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh peneliti terhadap cuaca. Dikarenakan banyaknya tuntutan dariberbagai pihak yang membutuhkan informasi kondisi atmosfer yang lebih cepat, lengkap, dan akurat. BadanMeteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai perusahaan negara yang bertugas sebagai pengamat cuaca mampu memprediksikan cuaca.

3 Deskripsi Masalah Prakiraan cuaca, dalam bahasa sehari-hari disebut peramalan cuaca, adalah penggunaan ilmu dan teknologi untuk memperkirakan keadaan atmosfir Bumi di masa datang untuk suatu tempat tertentu. Untuk memperkirakan cuaca setidaknya ada dua hal yang perlu diperhartikan yaitu suhu dan kelembaban.ilmuteknologiatmosfirBumi Lalu bagaimana caranya menentukan cuaca dengan mudah dan cepat? Pada kesempatan ini kami akan membuat sebuah sistem untuk membantu dalam memperkirakan potensi terjadinya cuaca di suatu daerah. Sistem tersebut dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan mengimplementasikan metode Logika Fuzzy (Fuzzy Logic).

4 Tujuan Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah aplikasi yang menerapkan Fuzzy Logic untukmenentukan atau meramalkan cuaca di suatu daerah berdasarkan suhu dan kelembaban di daerah tersebut.

5 TEORI PENUNJANG

6 CUACA Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentuyang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca itu terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca bisa hanya beberapa jam saja.

7 IKLIM iklim merupakan keadaan cuaca rata-rata dalam waktu satu tahun yang penyelidikannya dilakukan dalam waktu yang lama (minimal 30 tahun)dan meliputi wilayah yang luas. Iklim terbentuk karena adanya revolusi serta rotasi bumi sehingga terjadi pergeseran semu harian matahari dan tahunan, dan karena adanya perbedaan lintang geografi dan lingkungan fisis. Perbedaan ini menyebabkan timbulnya penyerapan panas matahari oleh bumi sehingga besar pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi.

8 UNSUR-UNSUR CUACA 1. Suhu atau temperatur udara adalah derajat panas dari aktivitas molekul dalam atmosfer. Alatuntuk mengukur suhu atau temperatur udara atau derajat panas disebut Thermometer. Biasanya pengukuran suhu atau temperatur udara dinyatakan dalam skala Celcius (C), Reamur (R), dan Fahrenheit (F).

9 UNSUR-UNSUR CUACA 2. Tekanan udara adalah suatu gaya yang timbul akibat adanya berat dari lapisan udara. Besarnya tekanan udara di setiap tempat pada suatu saat berubah- ubah. Makin tinggi suatu tempat dari permukaan laut, makin rendah tekanan udaranya. Hal ini disebabkan karena makin berkurangnya udara yang menekan. Besarnya tekanan udara diukur denganbarometer dan dinyatakan dengan milibar (mb).

10 UNSUR-UNSUR CUACA 3. Kelembaban udara adalah banyaknya uap air yang terkandung dalam massa udara pada saat dan tempat tertentu. Alat untuk mengukur kelembaban udara disebut psychrometer atau hygrometer. Kelembaban yang sering digunakan untuk peramalan cuaca adalah kelembaban nisbi atau kelembaban relatif, yaitu bilangan yang menunjukkan berapa persenperbandingan antara jumlah uap air yang terkandung dalam udara dan jumlah uap air maksimum yang dapat ditampung oleh udara tersebut.

11 METODOLOGI PENYELESAIAN KlasifikasiTemperature ( 0 c) Dingin (D)10 – 20 Sejuk (S)15 –28 Normal (N)25 – 32 Hangat (H)30 – 40 Panas (P)35 – 50 => Fungsi Keanggotaan Suhu

12 METODOLOGI PENYELESAIAN => Fungsi Keanggotaan Kelembaban KlasifikasiKelembaban (%) Kering0 – 40 Normal25 – 75 Basah60 – 100

13 METODOLOGI PENYELESAIAN => Aturan Fuzzy DinginSejukNormalHangatPanas BasahHLHSHRBCB NormalHSHRBCBC KeringBCBCCC SUHU KELEMBABANKELEMBABAN - Cerah (C) - Cerah berawanm (CB) - Berawan (B) - Hujan ringan (HR) - Hujan sedang (HS) - Hujan lebat (HL)

14 DAFTAR PUSTAKA en.wikipedia.org/wiki/Weather indo1.bmg?Jenis=URL&IDS=

15 Terima Kasih Semoga bermanfaat  “SALAM”


Download ppt "Teknik Pengkodean “ PENERAPAN FUZZY LOGIC PADA SISTEM PERAMALAN CUACA BERDASARKAN SUHU DAN KELEMBABAN “ Prayosa Gardiansyah118090030 Regi Sanda118090052."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google