Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Halo teman – teman nama saya Enzo. Hari ini saya akan jelaskan anda tentang salah satu cerita rakyat Indonesia yaitu ”Buaya Perompak”. Cerita ini terjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Halo teman – teman nama saya Enzo. Hari ini saya akan jelaskan anda tentang salah satu cerita rakyat Indonesia yaitu ”Buaya Perompak”. Cerita ini terjadi."— Transcript presentasi:

1

2  Halo teman – teman nama saya Enzo. Hari ini saya akan jelaskan anda tentang salah satu cerita rakyat Indonesia yaitu ”Buaya Perompak”. Cerita ini terjadi di provinsi Sumatera selatan (Lampung) Kisahnya tentang seorang gadis yang lagi mencuci bajunya, lalu gadis itu di tarik oleh buaya dan di diantar ke gua buaya itu. Suatuhari Amirah gadis itu berhasil kembali ke desanya, orang bersorak – sorai karena Amirah telah kembali.

3  Suatu hari ada gadis cantik yang bernama Amirah dia mencuci bajunya di danauTulang bawang, DanauTulang Bawang terletak di kawasan Lampung yaitu Provinsi Sumatera selatan.

4  Lalu Amirah ditarik oleh seekor buaya kedalam danau Tulang bawang. Amirah lalu pingsan sebab dia tidak bisabernapas. Tidak lama lagiIasampai di Goa yang penuh oleh barang barang berharga seperti emas, berlian, dll. Amirah tidak sadar kalau dia di dalam goa yang penuh barang berharga.

5  Waktu Amirah tersadar dia bertanya kebuaya itu “siapa kau” ?, “dimana aku”?. Buaya itu bicara “jangan takut saya tampak seperti buaya tetapi sebenarnya saya manusia yang suka merampok semua barang yang berharga”. Lalu Amirah bertanya ke buaya itu “lalu kenapa kau mengambil saya”? Amirah bertanya. Buaya itu menjawab “karena saya suka tampak wajah kamu”!.

6  Malam itu Amirah berpikir caranya untuk keluar dari gua buaya itu, Amirah tidak putus asa untuk mencari jalannya. Amirah lalu menemukan terowongan yang menunjukan dia untuk keluar ke desanya terowonganbitu sempit dan panjang tetapi Amirah selalu berusaha untuk melewati terowongan itu. Detik – detik kemudian Amirah menemukan sinar dari matahari yang terang itu.

7  Warga – Warga desa bersorak – sorai karena senang melihat Amirah kembali lagi. Amirah bercerita bagaimana dia menemukan cara untuk melarikan diri dari buaya itu.

8 Pesan Moral  Pertama, keutamaan sifat tidak mudah putus asa. Sifat ini ditunjukkan oleh sikap dan perilaku Amirah yang tidak mudah putus asa menghadapi ancaman Buaya Perampok. Dengan kepintaranya.  Kedua, keburukan sifat suka mengambil hak milik orang lain. Sifat ini ditunjukkan oleh sikap dan perilaku Somad (Buayaperampok) yang mengambil semua harta – harta orang.  Terimakasih oleh perhatian kalian semoga kalian mengertisisi – sisi yang baik yang ditunjukan di cerita ini!


Download ppt " Halo teman – teman nama saya Enzo. Hari ini saya akan jelaskan anda tentang salah satu cerita rakyat Indonesia yaitu ”Buaya Perompak”. Cerita ini terjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google