Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Film Wakil Rakyat menceritakan perjalanan seorang pemuda sederhana bernama Bagyo (Tora Sudiro) untuk menjadi calon legislatif. Sebenarnya keterlibatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Film Wakil Rakyat menceritakan perjalanan seorang pemuda sederhana bernama Bagyo (Tora Sudiro) untuk menjadi calon legislatif. Sebenarnya keterlibatan."— Transcript presentasi:

1

2 Film Wakil Rakyat menceritakan perjalanan seorang pemuda sederhana bernama Bagyo (Tora Sudiro) untuk menjadi calon legislatif. Sebenarnya keterlibatan Bagyo di dunia politik tidak disengaja. Suatu hari sekumpulan penjahat sedang merampok artis terkenal bernama Atika. Aksi perampokan tersebut digagalkan Bagyo dan menghajar para perampok tersebut hingga babak belur.

3 Setelah itu Bagyo disanjung sebagai pahlawan. Ia dipuja-puji karena dianggap rela berkorban untuk menyelamatkan Atika yang tak berdaya. Kisah keberanian Bagyo pun menjadi berita besar. Namanya langsung jadi buah bibir di berbagai media nasional maupun daerah. Ketenaran Bagyo tersebut kemudian dimanfaatkan oleh sebuah partai politik papan atas untuk menggaet dukungan massa dalam pemilihan legislatif. Bagyo yang terlena dengan statusnya sebagai figur publik menyambut tawaran partai tersebut.

4 Perjalanan Bagyo di dunia politik pun penuh dengan rintangan. Bagyo lalu dikirim untuk berkampanye ke sebuah desa terpencil Wadasrejo yang rakyatnya hidup serba kekurangan. Di desa ini sosok Bagyo tidak dikenal sama sekali padahal Bagyo sangat tenar di ibukota. Di desa init Bagyo menemukan kenyataan lain yang lebih penting daripada nama besar dan popularitas. Masyarakat desa lebih menghargai kejujuran dan ketulusan daripada kata-kata muluk yang diobral dalam sebuah kampanye politik.

5  Kewenangan di bidang politik,misalnya mempunyai hak untuk memilih dan dipilih,mendirikan dan memasuki suatu social polik,dan ikut serta dalam pemerintahan.  Asas demokrasi memberikan suatu cara atau metode pengambilan keputusan. Asas ini menuntut bahwa setiap orang harus mempunyai kesempatan yang sama untuk mempengaruhi tindakan pemerintah. Asas ini diwujudkan lewat sistem representasi (perwakilan rakyat) yang mempunyai peranan dalam pembentukan undang-undang dan kontrol terhadap pemerintah.

6  Beberapa hal penting dalam asas demokrasi yaitu : - Pemilihan umum - Pemerintah bertanggungjawab kepada perwakilan rakyat - Semua warga negara mempunyai kesempatan yang sama atau berpartisipasi dalam politik dan mengontrol pemerintahan - Semua perbuatan pemerintah terbuka terhadap kritik dan kajian rasional dari semua pihak - Kebebasan menyatakan pendapat - Kebebasan pers dan keterbukaan informasi publik - Rancangan undang-undang harus dipublikasikan untuk memungkinkan partisipasi rakyat.

7  Demokrasi pancasila menyerukan pembuatan keputusan melalui musyawarah mencapai mufakat. Ini adalah demokrasi yang menghidupkan prinsip- prinsip Pancasila. Hal ini mengimplikasikan bahwa hak demokrasi harus selalu diiringi dengan sebuah kesadaran bertanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Besar menurut keyakinan beragama masing- masing, dan menghormati nilai-nilai kemanusiaan ke atas harkat dan martabat manusia, serta memperhatikan penguatan dan pelestarian kesatuan nasional menuju keadilan sosial.

8  Demokrasi pancasila bermakna demokrasi berdasarkan kekuasaan rakyat yang diinspirasikan dan terintegrasikan dengan prinsip-prinsip Pancasila lainnya. Ini berarti penggunaan hak-hak demokrasi harus selalu diikuti oleh tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa merujuk kepada keyakinan terhadap: menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam hal martabat manusia, menjamin dan menguatkan kesatuan nasional, dan bertujuan menwujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

9  Nilai filosofis yang terkandung di dalamnya adalah bahwa hakikat negara adalah sebagai penjelmaan sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Hakikat rakyat adalah merupakan sekelompok manusia sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa yang bersatu yang bertujuan muwujudkan harkat dan martabat manusia dalam suatu wilayah negara. Rakyat adalah merupakan subjek pendukung pokok negara. Negara adalah dari, oleh dan untuk rakyat, oleh karena itu rakyat adalah merupakan asal mula kekuasaan negara. Sehingga dalam sila kerakyatan terkandung nilai demokrasi yang secara mutlak harus dilaksanakan dalam hidup negara.

10  Permusyawaratan berarti bahwa dalam merumuskan atau memutuskan suatu hal, berdasarkan kehendak rakyat, dan melalui musyawarah untuk mufakat  Adanya kebebasan yang harus disertai dengan tanggung jawab baik terhadap masyarakat bangsa maupun secara moral terhadap Tuhan yang Maha Esa.  Kerakyatan berarti kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat, berarti Indonesia menganut demokrasi.


Download ppt "Film Wakil Rakyat menceritakan perjalanan seorang pemuda sederhana bernama Bagyo (Tora Sudiro) untuk menjadi calon legislatif. Sebenarnya keterlibatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google