Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL ) KEWARGANEGARAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL ) KEWARGANEGARAAN."— Transcript presentasi:

1 FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL ) KEWARGANEGARAAN

2 DASAR FILOSOFIS Sebagai dasar Filsafat hidup bangsa indonesia Merupakan suatu nilai, menunjukan sifat universal dan abstrak Inti nilai-nilai Pancasila selalu tetap ada Tujuh nilai2 kerohaniaan ( kebenaran, keadilan, kebaikan, kebijaksanaan, etis, estetis dan nilai religius )

3 NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR FILSAFAT NEGARA Empat pokok pikiran dalam pembukaan UUD Pokok Pikiran Pertama, menyatakan negara indonesia adalah negara persatuan 2.Pokok Pikiran Kedua,mengujudkan keadilan sosial 3.Pokok Pikiran Ketiga, berkedaulatan rakyat 4.Pokok Pikiran Keempat, berdasarkan KeTuhanan Yang Maha Esa

4 HAKIKAT NILAI-NILAI PANCASILA Pancasila yg akan dimaknai nilai-nilainya adalah Pancasila yg tercantum dalam pembukaan UUD Perlu ditengarai makna dan arti dari setiap sila pancasila secara hakiki agar kita mendapatkan gambaran tantang inti arti pancasila yang semuanya akan sangat berkaitan dengan hal ikhwal dalam dasar filsafat negara sebagai inti kesamaan dari segala keadaan yang beraneka warna. HAKEKAT

5 NILAI DASAR YG TERKANDUNG DALAM SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA. 5 Nilai Dasar Dari Sila Pertama Antara Lain. Mencakup Tanggung Jawab Bersama Dari Semua Golongan Beragama & Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Untuk Terus Dan Bersama Sama Meletakkan Landasan Spiritual, Moral Dan Etika Yang Kukuh Bagi Pembangunan Nasional, Serta Mencakup Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Sesuai Agama & Kepercayaan Masing2-masing Menurut Dasar Kemanusian Yang Adil, Beradab, Hormat Menghormati Anatara Pemeluk Agama.

6 NILAI DASAR YG TERKANDUNG DLM SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB. 6 Nilai Dasar Dari Sila Kedua Mencakup Peningkatan Martabat, Hak Dan Kewajiban Asasi Warga Negara, Penghapusan Penjajahan, Kesengsaraan Dan Ketidakadilan Dari Muka Bumi. Harkat Dan martabat Manusia Sabagai Mahluk Tuhan Yang Maha Esa. Tidak Semena Mena Terhadap Orang Lain. Menjujung Tinggi Nilai-nilai Kemanusian. Gemar Melakukan Kegiatan Kemanusian.Berani Membela Kebenaran & Keadilan Hormat Menghormati & Bekerjasama Dengan Bangsa- bangsa Lain.

7 NILAI DASAR YG TERKANDUNG DALAM SILA PERSATUAN INDONESIA 7 Nilai Dasar Dari Sila Ketiga Mencakup Peningkatan Pembinaan Bangsa Disemua Bidang Kehidupan Manusia, Masyarakat, Bangsa Dan Negara Sehingga Rasa Kesetiakawanan Makin Kuat Dalam Rangka Memperkukuh Persatuan & Kesatuang Bangsa. Menempatkan Persatuan & Kesatuan Serta Kepentingan & Keselamatan Bangsa Negara Diats Kepentingan Pribadi Golongan. Kesnggupan Dan Kerelaan Berkorban Untuk Kepentingan Bangsa Negara. Memiliki Rasa Cinta Tanah Air Indonesia. Memiliki Rasa Kebanggaan Thd Bangsa Negara Indonesia Memiliki Rasa Persatuan Atas Dasar Bhineka Tunggal Ika. Memajukan Pergaulan Demi Kesatuan Dan Persatuan Bangsa.

8 NILAI DASAR YANG TERKANDUNG DALAM SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN. 8 Nilai Dasar Yang Terkandung Dalam Sila Keempat Mencakup Upaya Makin Menumbuhkan & Mengembangkan Sistem Politik Demokrasi Pancasila, Mengembangkan Kesadaran Dan Tanggung Jawab Politik Warga Negara Serta Menggairahkan Rakyat Dalam Proses Politik. Kesamaan Kedudukan, Hak & Kewajiban Setiap Warga Negara. Mengutamakan Kepentingan Negara Dan Masyarakat Tidak Memaksakan Kehendak Kepada Pihak Lain. Dalam Mengambil Keputusan Secara Mufakat, Kekeluargaan, Menjujung Tinggi Keputusan Musyawarah. Menjunjung Tinggi Harkat Dan Martabat Manusia, Serta Nilai-lain Kebenaran Dan Keadilan.

9 NILAI DASAR YG TERKANDUNG DALAM SILA KELIMA, KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA. Nilai dasar yang terkandung Menghendaki Adanya Kemakmuran Yg Merata Diantara Seluruh Rakyat, Bukan Merata Yang Statis, Melainkan Merata Yg Dinamis Dan Meningkat. Keadilan Sosial Berarti Harus Melindungi Yang Lemah. Perlindungan Yg Diberikan Adl Untuk Mencegah Kesewenang Wenangan Dari Yg Kuat Untuk Menjamin Adanya Keadilan.

10 a.Mengembangkan Perbuatan-perbuatan Yang Luhur Yang Mencerminkan Sikap & Suasana Kekeluargaan Dan Kegotongroyongan. b.Bersikap Adil c.Menjaga Keseimbangan Antara Hak Dan Kewajiban d.Menghormati Hak-hak Orang Lain e.Suka Memberi Pertolongan Terhadap Orang Lain f.Menjahui Sikap Pemerasan Terhadap Orang Lain g.Tidak Bersifat Boros h.Tidak Bergaya Hidup Mewah i.Tidak Melakukan Perbuatan Yg Merugikan Kepentingan Umum j.Suka Bekerja Keras k.Menghargai Hasil Karya Orang Lain l.Bersama Sama Berusaha Mewujudkan


Download ppt "FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL ) KEWARGANEGARAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google