Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 2C 1.Elna Hermiati (1201100084) 2.Nurul Nasikhah (1201100090) 3.Latifah Utami (1201100091) Kelas : 1B.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 2C 1.Elna Hermiati (1201100084) 2.Nurul Nasikhah (1201100090) 3.Latifah Utami (1201100091) Kelas : 1B."— Transcript presentasi:

1

2

3 Kelompok 2C 1.Elna Hermiati ( ) 2.Nurul Nasikhah ( ) 3.Latifah Utami ( ) Kelas : 1B

4  Butir kedua dari Pancasila yang mengandung pengertian bahwa seluruh manusia merupakan mahluk yang beradab dan memiliki keadilan yang setara di mata Tuhan.  Dengan sila kemanusiaan yang adil dan beradab, manusia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, yang sama derajatnya, yang sama hak dan kewajiban asasinya, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, dan kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

5  Kemanusiaan yang adil dan beradab berarti menunjung tinggi nilai- nilai kemnusiaan, gemar melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, dan berani membela kebenaran dan keadilan.

6  Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab mengandung nilai- nilai antara lain pengakuan terhadap adanya martabat manusia, manusia yang beradab terhadap sesama manusia, manusia yang beradab yang memiliki daya, cipta rasa, karsa dan keyakinan, sehingga jelas perbedaan antara manusia dan hewan.  Inti sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah manusia. Maka konsekuensinya dalam setiap aspek penyelenggaraan Negara antara lain hakikat Negara, bentuk Negara, tujuan Negara, kekuasaan Negara, moral Negara dan para penyelenggara Negara dan lain-lainnya harus sesuai dengan sifat-sifat dan hakikat manusia.

7  Pancasila adalah pandangan Hidup Bangsa Indonesia sehingga dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat yang heterogen (beraneka ragam).  Pancasila kemudian menjadi jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, Pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam sikap mental maupun tingkah lakunya sehingga dapat membedakan dengan bangsa lain.

8  Setiap sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang menjadi dasar norma dan aturan dalam kehidupan sehari-hari dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

9 Pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila, memberikan pedoman kepada bangsa Indonesia untuk mengamalkan sila kemanusiaan yang adl dan beradab sebagai berikut: 1.Mengakui dan memperlakukan manusia dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. 2.Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kependudukan sosial, warna kulit dan sebagainya. 3.Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia

10 4.Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa selira 5.Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain. 6.Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. 7.Gemar melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan. 8.Berani membela kebenaran dan keadilan. 9.Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. 10.Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

11 Contoh cara mengajarkan nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab kepada kelas V SD : 1. Melatih siswa untuk menolong teman yang sedang kesusahan. 2. Mengajarkan siswa untuk tidak membeda-bedakan dalam memilih teman. 3. Melatih siswa untuk saling berbagi makanan dengan teman lain ` jika sedang makan didepan teman lain. 4. Melatih siswa untuk mengajari teman yang belum paham dengan pelajaran tertentu.

12 5.Melatih siswa untuk memberikan tempat duduk kepada orang tua, ibu hamil, atau orang yang lebih membutuhkan saat ada di kendaraan umum. 6.Mengajarkan siswa untuk tidak memaki-maki teman bersalah kepada kita. 7.Mengajarkan siswa untuk meminta maaf atau memaafkan apabila melakukan kesalahan. 8.Mengajarkan siswa untuk hormat dan patuh kepada guru, tidak membentak-bentaknya. 9.Mengajarkan siswa untuk hormat dan patuh kepada orang tua.

13 Contoh cara mengajarkan nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab kepada kelas VI SD : Melatih siswa untuk rela berkorban kepada siapa saja. Mengajarakan siswa untuk saling membantu kepada semua orang. Melatih siswa untuk bersikap lapang dada. Melatih siswa untuk selalu bersikap tanggung jawab atas semua perbuatan. Mengajarkan siswa untuk saling menghargai dan menghormati orang lain. Mengembangkan rasa dan sikap solidaritas kepada siswa

14


Download ppt "Kelompok 2C 1.Elna Hermiati (1201100084) 2.Nurul Nasikhah (1201100090) 3.Latifah Utami (1201100091) Kelas : 1B."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google