Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINTER & MOUSE. Troubleshooting adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris, yang merujuk kepada sebuah bentuk penyelesaian sebuah masalah. Troubleshooting.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINTER & MOUSE. Troubleshooting adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris, yang merujuk kepada sebuah bentuk penyelesaian sebuah masalah. Troubleshooting."— Transcript presentasi:

1 PRINTER & MOUSE

2 Troubleshooting adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris, yang merujuk kepada sebuah bentuk penyelesaian sebuah masalah. Troubleshooting merupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan. Troubleshooting, kadang-kadang merupakan proses penghilangan masalah, dan juga proses penghilangan penyebab potensial dari sebuah masalah. Troubleshooting, pada umumnya digunakan dalam berbagai bidang, seperti halnya dalam bidang komputer, administrasi sistem, dan juga bidang elektronika dan kelistrikan.

3 Troubleshooting 1 Printer tidak dapat melakukan percetakan. Solusi : Lakukan pemeriksaan pada hardware dan software sesuai langkah- langkah berikut ini: Cek pemasangan kabel power pada printer dan kabel yang menghubungkan printer dengan CPU Pastikan lampu LED pada pritner dalam kondisi on. Periksa kembali apakah driver yang terinstal sesuai dengan printer yang digunakan. Apabila tidak sesuai atau belum terinstal, lakukan insatalasi ulang. Dalam kotak dialog print, perhatikan name, typer, dan port printer yang aktif, sesuaikan dengan printer yang akan digunakan untuk mencetak.

4 Troubleshooting 2 Printer hanya dapat mencetak satu warna. Solusi : Saat mencetak dokumen dengan berbagai macam warna, yang dibutuhkan adalah cartridge warna, bukan hanya cartridge hitam. Pemecahan dari masalah tersebut adalah dengan memastikan bahwa cartridge yang anda gunakan adalah cartridge warna. Selain itu, coba perhatikan pada kotak dialog printer properties, dengan membuka file – print – properties. Kemudian klik tab paper/quality. Pada menu color, pilih color agar bisa melakukan pencetakan warna.

5 Troubleshooting 3 Ketika mencetak menggunakan printer jenis inkjet, printer tersebut tiba- tiba mengalami gangguan yaitu tidak bisa menarik kertas sehingga proses pencetakan menjadi gagal. Solusi : Permasalahan tersebut seting terjadi pada printer jenis inkjet. Kebanyakan disebabkan karena roda penarik sudah menjadi licin karena waktu pemakaian yang sudah cukup lama, disamping karena terlalu sering digunakan. Roda penarik yang sudah menjadi licin, sehingga tidak bisa memegang dan menarik kertas. Bila demikian halnya, lakukan pengamplasan sendiri dengan hati-hati pada bagian roda penariknya. Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah karena tinta yang hampir habis. Printer jenis tertentu, tidak bisa menarik kertas jika tintanya habis. Terkadang bila tempat tinta sudah kosong, maka printer tidak akan dapat mencetak dan jika diberikan perintah pencetakan akan terdengar bunyi beep yang berulang-ulang.

6 Troubleshooting 4 Ketika sedang mencetak, kertas yang tersangkut di dalam printer. Hal itu sering terjadi dan meskipun proses cetak berhasil, tetapi kertas hasil cetakan menjadi kotor. Solusi : Kertas macet pada printer, yang biasa disebut dengan istilah paper jam dapat terjadi karena beberapa sebab: Akibat tumpukan yang mudah menempel satu dengan paper tray printer. Jenis kertas yang mudah menempel satu dengan lainnya. Roller pada printer yang sudah aus.

7 Untuk mencegah terjadinya paper jam lakukan beberapa hal sebagai berikut : Ada baiknya anda membatasi tebal tumpukan kertas sesuai dengan kapasitas yang didukung oleh printer anda. Sebelum tumpukan kertas tersebut anda letakkan pada paper tray, ada baiknya untuk mengibas-ngibaskan tumpukan kertas terlebih dahulu agar kertas tidak saling menempel. Jagalah kebersihan printer dari debu, dengan selalu menggunakan plastik penutup (cover) saat printer tidak digunakan, agar komponen- komponen yang ada pada printer tidak mudah aus. Tetapi jika paper jam sudah terjadi pada printer anda, maka yang anda harus lakukan adalah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang menjepit kertas, kemudian secara berlahan tarik kertas yang menyakut dari printer. Selanjutnya kembalikan tuas tersebut keposisi semula. Untuk menemukan tuas tersebut lihatlah buku manual printer anda karena setiap jenis printer memiliki cara yang berbeda-beda

8 Troubleshooting 5: Ketika kita hendak mencetak, printer tidak mau melakukan pencetakan dan lampu reset akan menyala terus, dan muncul error dengan indikasi tinta akan habis. Hal ini biasanya terjadi pada printer berjenis injek, dengan penggantian cartridge setelah tinta habis. Solusi: Jika kita menggunakan printer dengan system infus, tentunya kita akan menggunakan cartridge lebih dari waktu dan kapasitas dari yang telah di tetapkan oleh pabtikan pembuat printer/cartridge tersebut. Setelah tinta habis akan muncul pop up windows yang menyarankan kita untuk menggantikan cartridge yg sedang digunakan dengan cartridge yang baru. Hal ini dapat kita atasi dengan cara menekan tombol reset sekitar 15 detik, sampai lampu indicator error “lampu resume kedap-kedip” mati dan lampu power (hijau) kembali menyala stabil berwarna hijau. Kita bisa melanjutkan pencetakan sampai cartridge benar-benar rusak.

9 Troubleshooting 6 Keadaan ini terjadi ketika pad counter printer kita sudah mencapai batas maksimal jumlah pencetakan yang telah ditetapkan oleh pabrikan printer yang kita gunakan. Atau juga printer membaca bahwa tempat pembuangan sisa-sisa tinta tidak terpakai telah penuh. Keadaan ini tentunya menyebabkan printer tidak bisa bekerja sesuai fungsinya, dan menyarankan kita untuk menservice printer atau bahkan menyarankan kita untuk membeli printer baru. Solusi: Hal ini dapat diatasi dengan aplikasi pihak ketiga. Dimana aplikasi ini berfungsi untuk mereset priter ke kondisi semula seperti disaat kita baru membelinya. Aplikasi ini biasanya tersedia di internet dan dapat didownload sesuai dengan tipe printer yang kita gunakan. Setelah printer direset, maka printer siap untuk mencetak kembali.

10 Mouse merupakan alat batu dalam pekerjaan untuk mempermudah dalam menjalankan aplikasi maupun melakukan penyetingan, dibandingkan dengan menggunakan keyboard. Bila anda seorang programmer maupun yang lainnya, dalam pekerjaan anda banyak menggunakan mouse, dan sangat dikesalkan jika mouse tidak berfungsi. Adapun beberapa factor kesalahan, yang mungkin menjadi penyebab kerusakan sehingga kursor tidak jalan, dapat dilihat berikut ini.

11 Troubleshooting 1 : Kemungkinan kabel data mouse yang berada di motherboard tidak cocok. Dari pemasangan kabel data mouse ini ada 2 jenis pemasangan kabel data pada connector mouse serial. Solusi : Jika kabel mouse tersebut bukan yang aslinya, coba Anda ubah setting pemasangan kabel data connector mouse tersebut. Kemungkinan ini dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan diatas.

12 Troubleshooting 2: Connector mouse renggang dapat menyebabkan bahwa tampilan dilayar mouse tidak jalan, jika mouse / connector digoyang, terkadang dapat kembali normal, tetapi ini tidak akan bertahan lama. Solusi : Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan mengganjal connector mouse tersebut dengan menggunakan kertas, jika ini dianggap sangat mendesak dan Anda tidak mempunyai dana untuk sementara, atau dapat mengganti connector mouse yang baru.

13 Troubleshooting 3: Kemungkinan juga terdapat pada kabel mouse tersebut putus. Biasanya putus pada pangkal dekat mouse. Jika sudah begini mouse tidak akan jalan sama sekali. Solusi : Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan mengukur kabel data mouse tersebut dengan menggunakan AVO meter. Jika ditemukan bahwa kabel tersebut ada yang putus, maka ganti dengan kabel lain. Jika tidak berarti kemungkinan ada pada yang lain (socket kotor misalnya).

14 Troubleshooting 4: Kerusakan driver mouse juga dapat menyebabkan mouse tidak jalan, terlebih jika dirver mouse tidak cocok. Walaupun terkadang bahwa driver yang lain dapat digunakan, tetapi jalannya kursor mouse tidak akan normal. Solusi : Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyebab kerusakan di atas, yaitu dengan menggunakan driver compatible untuk semua jenis mouse. Adapun langka2 yang dapat Anda lakukan untuk menginstall ulang driver mouse adalah sebagai berikut : Siapkan master windows yang digunakan (Win9x, win Me, Win 2000, Win XP, dan lain- lain), dan masukkan ke dalam CD rom. Tekan tombol Alt + S untuk memunculkan menu Start. Kemudian ambil pilihan setting, lalu tekan anak panah keyboard kea rah kanan untuk memunculkan sub menu yang lain

15 Ambil pilihan Control Panel, lalu tekan enter. Adapun pilihan Control panel Anda dapat memilih langsung pilihan mouse, lalu enter. Dari jendela mouse properties, tekan tombol Tabulasi (tab) beberapa kali untuk memindahkan pilihan pada menu general dengan bantuan tambahan menekan anak panah ke kanan. Dari menu general akan terlihat jenis driver yang digunakan. Jika driver yang terlihat adalah “*/ue”, berarti harddisk anda terinfeksi virus hingga mengakibatkan mouse tersebut rusak. Sebaiknya harddisk anda di install ulang. Jia dirver yang terlihat adalah “Standard serial mouse” atau “Standars PS/2 Port Mouse” berarti kerusakan terletak pada mouse anda dan bukan pada driver. Jika driver yang digunakan bukan dari yang kedua driver di atas, anda dapat melakukan perubahan dengan mengambil pilihan change, lalu Enter.

16 Pada jendela select device mouse, tekan kembali tombol tabulasi untuk memindahkan pilihan anda ke show all devices, lalu tekan kembali tombol tabulasi, untuk memilih driver ”Standart types” yang berada di kiri layer dan pilih “Stadart serial mouse” (untuk mouse serial) atau “Standart Ps/2 port mouse” (untu mouse PS/2) yang berada di kanan layer, lalu tekan enter. Dari hasil konfirmasi yang menjadi pilihan Anda tekan kembali tombol Tabulasi untuk memilih pilihan OK, agar perubahan yang dapat dilakukan dapat disetujui. Terakhir pada jendela system setting Change, Enter (Yes) untuk merestart kembali computer anda sesudah perubahan yang baru dilakukan, tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat hingga windows diaktifkan kembali.

17


Download ppt "PRINTER & MOUSE. Troubleshooting adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris, yang merujuk kepada sebuah bentuk penyelesaian sebuah masalah. Troubleshooting."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google