Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI Standar Kompetensi : Melakukan operasi dasar komputer Kompetensi Dasar : Menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI Standar Kompetensi : Melakukan operasi dasar komputer Kompetensi Dasar : Menggunakan."— Transcript presentasi:

1 OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI Standar Kompetensi : Melakukan operasi dasar komputer Kompetensi Dasar : Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi Standar Kompetensi : Melakukan operasi dasar komputer Kompetensi Dasar : Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

2 Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai Dengan Prosedur Tujuan Pembelajaran Melalui pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi : Jenis-jenis Port Sistem Unit (Console) Mengidentifikasi Peralatan Pendukung Komputer Prosedur untuk menghidupkan dan mematikan komputer

3 A. Macam Port Sistem Unit (Console)

4 Satu komputer terdiri dari CPU, monitor, keyboard dan mouse. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuh komputer dengan atau dengan unit (device) lain. Pada umumnya, Port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, modem dan periferal lainnya.

5 Beberapa jenis port : Port Serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick, dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal Port Paralel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port paralel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Port Serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick, dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal Port Paralel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port paralel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel.

6 PS/2, port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk port keyboard berwarna ungu dan port mouse berwarna hijau. USB (Universal Serial Bus), port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat, seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. PS/2, port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk port keyboard berwarna ungu dan port mouse berwarna hijau. USB (Universal Serial Bus), port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat, seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya.

7 Gambar Macam Jenis Port Port Serial Port USB Port PS/2 Port Paralel

8 Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port USB yang populer digunakan misalnya untuk flash disk, hard disk eksternal, mouse, keyboard dan printer.

9 Kelebihan dari port USB : Kemudahannya dalam melakukan device komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang plug and play. Dirancang tidak tergantung pada slot ekspansi. Tidak perlu melakukan booting ulang komputer.

10 USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.

11 Untuk memasang port-port komputer tersebut, sebaiknya komputer dalam keadaan mati dan dipasang pada posisi yang tepat dan tidak terbalik. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada CPU maupun perangkat lainnya.

12 B. Peralatan Pendukung Komputer

13 Sebelum melakukan prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dan agar kita dapat bekerja dengan nyaman, ada beberapa peralatan tambahan yang dibutuhkan, yaitu :

14 Instalasi Listrik yang Baik Instalasi listrik yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna komputer. Kabel power yang digunakan untuk komputer harus benar-benar baik dan tahan terhadap panas. Hindari penggunaan sumber listrik bersama-sama peralatan elektronika lainnya, hindari penggunaan kabel rol (gulung) karena kabel-kabel tersebut biasanya tidak tahan terhadap panas dan menyebabkan terjadinya korsleting.

15 Stabilizer Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke power supply komputer.

16 Uninteruptible Power Supply (UPS) Alat ini sebagai cadangan power (battery) apabila lampu padam. UPS dapat menyimpan power sekitar 3 – 5 menit sehingga kita dapat melanjutkan pekerjaan.

17 Air Conditioner (AC) Sebenarnya alat ini sebagai pendingin ruangan. Namun AC juga sangat bermanfaat untuk mengurangi panas yang berlebihan pada komputer. Terutama laboratorium yang memiliki beberapa komputer, perlu menggunakan AC.

18 C. Prosedur untuk menghidupkan dan Mematikan Komputer

19 Menghidupkan dan mematikan komputer adalah hal yang sangat penting agar komputer dapat selalu berfungsi dengan baik. Mengabaikan prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dapat menyebabkan kerusakan pada komputer tersebut terutama pada perangkat lunak dan backing storage (harddisk)

20 Menghidupkan Komputer Periksa kabel power apakah sudah tersambung UPS dan stabilizer sebelum dihubungkan dengan listrik. Periksa keyboard, mouse dan monitor apakah sudah tersambung dengan portnya masing-masing. Periksa kabel power apakah sudah tersambung UPS dan stabilizer sebelum dihubungkan dengan listrik. Periksa keyboard, mouse dan monitor apakah sudah tersambung dengan portnya masing-masing.

21 Periksa disket (Floopy Disk) pada floopy drive A. Jika ada disket dikeluarkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan komputer pertama kali booting akan membaca disket pada floopy drive A. Tekan power pada UPS dan stabilizer, kemudian tekan tombol power pada CPU dan monitor. Tunggu proses booting berjalan sampai selesai. Setelah booting selesai akan tampil desktop berikut. Periksa disket (Floopy Disk) pada floopy drive A. Jika ada disket dikeluarkan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan komputer pertama kali booting akan membaca disket pada floopy drive A. Tekan power pada UPS dan stabilizer, kemudian tekan tombol power pada CPU dan monitor. Tunggu proses booting berjalan sampai selesai. Setelah booting selesai akan tampil desktop berikut.

22

23 Mematikan Komputer Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup.Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup. Klik Start pada TaskbarKlik Start pada Taskbar Klik Turn Off (pada Windows XP)/Shutdown untuk versi sebelumnya.Klik Turn Off (pada Windows XP)/Shutdown untuk versi sebelumnya. Klik Turn OffKlik Turn Off Tunggu sampai proses logging off pada komputer selesai.Tunggu sampai proses logging off pada komputer selesai.

24 Matikan tombol power monitor.Matikan tombol power monitor. Selanjutnya, matikan perangkat yang lain seperti stabilizer dan UPS.Selanjutnya, matikan perangkat yang lain seperti stabilizer dan UPS.

25 Uji Kompetensi : Jelaskan empat port console yang terdapat pada CPU ! Sebutkan port-port yang dapat digunakan pada CPU ! Jelaskan peralatan pendukung yang dapat digunakan untuk komputer ! Jelaskan prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar !

26 Praktik 1 : Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai Dengan Prosedur Tujuan Pembelajaran Melalui pengamatan, siswa dapat mendemonstrasikan : 1.Melepas dan memasang Port Sistem Unit (Console) yang terpasang pada komputer 2.Penggunaan Peralatan Pendukung Komputer 3.Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer

27 Lakukan prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dengan kegiatan sebagai berikut : 1.Lepaskan hubungan kabel power pada CPU dan monitor 2.Lepaskan hubungan mouse dan keyboard dengan CPU 3.Lepaskan hubungan kabel data monitor pada CPU 4.Hubungkan kembali semua kabel, mouse, keyboard sesuai tempatnya. 5.Lakukan prosedur menghidupkan komputer. 6.Lakukan prosedur mematikan komputer

28 The End


Download ppt "OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI Standar Kompetensi : Melakukan operasi dasar komputer Kompetensi Dasar : Menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google