Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

General Management Kepemimpinan M-10. Pokok Bahasan A.Definisi Kepemimpinan B.Teori Kepemimpinan secara umum C.Kepemimpinan Menurut Teori Perilaku (Behavioral.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "General Management Kepemimpinan M-10. Pokok Bahasan A.Definisi Kepemimpinan B.Teori Kepemimpinan secara umum C.Kepemimpinan Menurut Teori Perilaku (Behavioral."— Transcript presentasi:

1 General Management Kepemimpinan M-10

2 Pokok Bahasan A.Definisi Kepemimpinan B.Teori Kepemimpinan secara umum C.Kepemimpinan Menurut Teori Perilaku (Behavioral Theory)

3 Seorang PIMPINAN yang baik harus didukung oleh kemampuan managing (Mengatur) & Leading (Memimpin), sehingga dalam kepemimpinan mampu mengarahkan semua sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah direncanakan dan ditetapkan sebelumnya.

4 Apakah menjadi seorang leader benar-benar berbeda dari seorang manager. Apakah mungkin untuk mengatur dan memimpin pada waktu yang sama ?

5 KEGIATANMANAJEMENKEPEMIMPINAN Penyusunan rencanaPerencanaan dan Penganggaran. Penentuan rencana spesifik dari kegiatan untuk pencapaian tujuan serta mengalokasikan segala sumber daya yang dibutuhkan. Penentuan Arah Kegiatan. Menyusun visi atau tujuan jangka panjang yang akan diraih oleh organisasi serta strategi perubahan yang harus dilakukan. Membangun relasi antar manusia atau kelompok kerja untuk merealisasikan rencana Pengorganisasian dan Penempatan SDM. Menyusun struktur organisasi, prosedur kerja, tanggung jawab dari setiap bagian organisasi serta metode implementasi Mengkomunikasikan visi kepada orang-orang serta membangun kerjasama dengan orang-orang yang siap untuk mewujudkan visi secara bersama-sama Implementasi RencanaPengawasan dan Pemecahan Masalah. Pada tahap implementasi tugas manajemen adalah melakukan pengawasan dan pengendalian atas berbagai kendala yang mungkin ditemui. Memotivasi dan Memberikan inspirasi. Peran yang dilakukan pada saat implementasi adalah memotivasi orang-orang yang telah sepakat bekerjasama untuk melakukan implementasi dari apa yang telah dibangun sebagai upaya pencapaian visi. Hasil yang diperolehSesuatu yang telah diperkirakan atau telah ditargetkan sebelumnya. Suatu perubahan yang akan mendukung pencapaian visi.

6  fungsi yang terkait dengan tugas atau pekerjaan (task-related functions)  fungsi yang terkait dengan hubungan sosial atau pemeliharaan kelompok(group-maintanance functions)

7 Mitos-mitos Pemimpin Ada 3 (tiga) mitos yang berkembang di masyarakat, yaitu mitos: a.the Birthright b.the For All – Seasons c.the Intensity

8 Atribut-atribut Pemimpin  Secara umum atribut personal atau karakter yang harus ada atau melekat pada diri seorang pemimpin adalah: mumpuni, juara, tangungjawab, aktif,

9 Teori kepemimpinan klasik dan teori kontingensi  Kepemimpinan Menurut Teori Sifat (Trait Theory)  Kepemimpinan Menurut Teori Perilaku (Behavioral Theory)  Teori Kontingensi (Contingency Theory) Teori kepemimpinan kontemporer  Teori Atribut Kepemimpinan  Kepemimpinan Kharismatik  Kepemimpinan Trasformasional

10 Fokus dari Pendekatan Perilaku :  Fungsi-fungsi Kepemimpinan (leadership functions)  Gaya Kepemimpinan (leadership styles)

11  Gaya Kepemimpinan Demokratis  Gaya Kepemimpinan Otoriter  Gaya Kepemimpinan Bebas Beberapa gaya atau perilaku kepemimpinan yang tidak dapat dikategorikan ke dalam salah satu tipe kepemimpinan 1. Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Ahli (Expert) 2. Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Kharismatik 3. Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Paternalistik 4. Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Pengayom 5. Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Tranformasional

12

13  Dapat memberikan dukungannya terhadap tugas-tugas maupun kondisi psikologik anak buahnya.  Dapat menjadi model atau panutan dalam kehidupan dalam berorganisasi.  Mampu sekaligus bisa berfungsi sebgai pengikut senyampang memimpin.

14 Pokok Bahasan A.Contingency Theories of Leadership B.Teori Kepemimpinan lainnya C.Aplikasi teori Kepemimpinan

15 Teori kontingensi berasumsi bahwa berbagai pola perilaku pemimpin dibutuhkan dalam berbagai situasi bagi efektivitas kepemimpinan. Pada umumnya pemimpin memotivasi para pengikut dengan mempengaruhi persepsi mereka tentang konsekuensi yang mungkin dari berbagai upaya. Bila para pengikut percaya bahwa hasil-hasil dapat diperoleh dengan usaha yang serius dan bahwa usaha yang demikian akan berhasil, maka kemungkinan akan melakukan usaha tersebut.

16  relasi pemimpin-bawahan (leader-member relation)  struktur pekerjaan(task-structure),  peran kekuasaan (power position)

17 Teori Atribut Kepemimpinan  Teori Penyimpulan Terkait (Correspondensi Inference), yakni perilaku orang lain merupakan sumber informasi yang kaya.  Teori sumber perhatian dalam kesadaran (Conscious Attentional Resources) bahwa proses persepsi terjadi dalam kognisi orang yang melakukan persepsi (pengamatan).  Teori atribusi internal dan eksternal dikemukakan oleh Kelly & Micella, 1980 yaitu teori yang berfokus pada akal sehat.

18 Karisma merupakan sebuah atribusi yang berasal dari proses interaktif antara pemimpin dan para pengikut. Atribut-atribut karisma antara lain rasa percaya diri, keyakinan yang kuat, sikap tenang, kemampuan berbicara dan yang lebih penting adalah bahwa atribut-atribut dan visi pemimpin tersebut relevan dengan kebutuhan para pengikut.

19 Pemimpin pentransformasi (transforming leaders) mencoba menimbulkan kesadaran para pengikut dengan mengarahkannya kepada cita-cita dan nilai-nilai moral yang lebih tinggi.

20 Ada tiga jenis perubahan yaitu: - perubahan rutin, - perubahan pengembangan, dan - inovasi. Mengelola perubahan adalah hal yang sulit, ukuran kapasitas kepemimpinan seseorang salah satu diantaranya adalah kemampuannya dalam mengelola perubahan. Pemimpin yang kuat bahkan mampu mempelopori perubahan lingkungan.

21 a.Mengidentifikasi perubahan; b.Menilai posisi organisasi; c.Merencanakan dan melaksanakan perubahan; d.Melakukan evaluasi.

22 Tugas utama seorang pemimpin adalah: mengajak orang untuk menyumbangkan bakatnya secara senang hati dan bersemangat untuk kepentingan organisasi. Dengan demikian pemimpin atau manajer harus mengarahkan perilaku para anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai. Para pemimpin perlu membentuk, mengelola, meningkatkan, dan mengubah budaya kerja organisasi. Untuk melaksanakan tugas tersebut, manajer perlu menggunakan kemampuannya dalam membaca kondisi lingkungan organisasi, menetapkan strategi organisasi, memilih teknologi yang tepat, menetapkan struktur organisasi yang sesuai, sistem imbalan dan hukuman, sistem pengelolaan sumberdaya manusia, sistem dan prosedur kerja, dan komunikasi serta motivasi.

23 1. General Management (pengetahuan akan kepemimpinan secara umum, negosisasi, dan pengambilan keputusan) 2. Strategic (keahlian khusus untuk mengatasi tantangan strategis perusahaan/organisasi seperti pertumbuhan atau pengurangan biaya) 3. Industry (pengetahuan khusus akan pasar, konsumen, orang- orang yang menjadi objek organisasi tersebut) 4. Relationship (kemampuan menjalin hubungan dengan kelompok kerja tertentu) 5. Company-specific (pengatahuan budaya perusahaan/organisai, rutinitas, prosedur, proses sebuah perusahaan tertentu)

24  Ing ngarso sung tulodo  Ing madyo mbangun karso  Tut Wuri handayani  Prasaja  Gemi nastiti  Blaka suto….  Legowo  Tat twam asi= kamu adalah saya, saya adalah kamu  Kaderisasi

25


Download ppt "General Management Kepemimpinan M-10. Pokok Bahasan A.Definisi Kepemimpinan B.Teori Kepemimpinan secara umum C.Kepemimpinan Menurut Teori Perilaku (Behavioral."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google