Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Leader Manager Leadership Management PEMIMPIN (LEADER) Pemimpin adalah satu orang dan orang tersebut harus mampu mengendalikan bawahannya dengan cara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Leader Manager Leadership Management PEMIMPIN (LEADER) Pemimpin adalah satu orang dan orang tersebut harus mampu mengendalikan bawahannya dengan cara."— Transcript presentasi:

1

2

3 Leader Manager Leadership Management

4 PEMIMPIN (LEADER) Pemimpin adalah satu orang dan orang tersebut harus mampu mengendalikan bawahannya dengan cara mengarahkan, membimbing, dan memberikan tanggung jawab untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

5 KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) Kepemimpinan adalah sebuah proses seorang pemimpin mempengaruhi orang lain, yang memiliki kekhasan tersendiri, sehingga timbul interaksi berupa kegiatan kerja sama dalam rangka mencapai tujuan yang dikehendaki.

6 MANAJEMEN (MANAGEMENT) Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya organisasi dengan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

7 ORGANISASI (ORGANIZATION) Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

8 MANAJER (MANAGER) Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen, yang meliputi : Planning Organizing Actuating Controlling

9 "Management is doing things right; leadership is doing the right things." - Peter F. Drucker -

10

11

12 Teori Bakat (Trait Theory) dan Teori Orang Besar (The Great Man Theory) Pemimpin itu dilahirkan. Teori Situasi (Situasional Theory) Pemimpin itu diciptakan/dibentuk. Teori Ekologi Pemimpin itu dapat dibentuk, tapi bakat yang diperlukan adalah bawaan lahir.

13

14 Otokrasi Menggunakan metode pendekatan kekuasaan Kekuasaan sangat dominan Kekuasaan tertinggi ada pada pimpinan Ancaman dan hukuman (T_T) Pengambilan keputusan cepat dan pendayagunaan pegawai yang kurang kompeten (^_^)

15 Demokrasi Menggunakan metode pendekatan kooperatif Kekuasaan tertinggi adalah musyawarah mufakat Setiap anggota berhak mengeluarkan pendapat Mengutamakan mutu kerja dan dapat mengarahkan diri sendiri Pengambilan keputusan relatif lambat (T_T)

16 Laissez Faire Pemimpin bersifat pasif Intervensi pimpinan sangat kecil Keputusan diambil oleh pimpinan tingkat bawah Pendelegasian sangat ekstensif

17

18

19 3 Kemampuan Khusus Kemampuan analitis : menilai tingkat pengalaman dan motivasi bawahan dalam melaksanakan tugas. Kemampuan untuk berlaku fleksibel : menerapkan gaya kepemimpinan yang paling tepat berdasarkan analisa terhadap situasi. Kemampuan berkomunikasi : menjelaskan kepada bawahan tentang perubahan gaya kepemimpinan yang kita terapkan.

20 Peran Pemimpin Interpersonal Pengolah Informasi Pengambil Keputusan

21 Peran Interpersonal Figurehead : simbol organisasi. Leader : berinteraksi dengan bawahan, memotivasi dan mengembangkannya. Liaison : menjalin hubungan kerja dan menangkap informasi untuk kepentingan organisasi.

22 Peran Pengolah Informasi Monitor : memimpin, mengawasi dan berpartisipasi. Disseminator : menyampaikan informasi. Spokeman : juru bicara.

23 Peran Pengambil Keputusan Entrepreneur : mendesain perubahan dan pengembangan. Disturbance Handler : mengatasi masalah. Resources Allocator : mengawasi alokasi sumber daya. Negotiator : berunding/tawar menawar.

24 Morgan (1996) Peran pemimpin adalah : – Alighting : menyalakan semangat kerja. – Aligning : menggabungkan tujuan. – Allowing : memberi keleluasaan.

25

26  Professional development  Entrepreneurship  Communicator  Advocator

27 Kematangan Pribadi  Teliti  Bertanggung jawab  Jujur  Disiplin tinggi  Hubungan manusia yang efektif  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  Memahami standar profesi kebidanan  Mengerti asas dan tujuan penyelenggaraan praktek kebidanan  Bekerja berdasarkan ketentuan dan landasan hukum pelayanan kebidanan

28 Keterampilan Bidan sebagai Leader

29 Dalam menjalankan perannya bidan harus : Menerapkan asuhan sesuai SOP Meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan Mengenali keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan, dan menolak setiap tugas atau tanggung jawab di luar wewenang dan tanggung jawab bidan.

30 Berpartisipasi aktif dalam perencanan pengembangan dan evaluasi kebijakan kesehatan. Menerima tanggung jawab kepemimpinan dalam praktik kebidanan. Menghargai setiap profesi tenaga kesehatan lain wewenang dan tanggung jawab masing- masing. Mengumpulkan, menganalisis dan menggunakan data berbagai kecenderungan dan insiden serta mengimplementasikan upaya perbaikan atau perubahan untuk meningkatkan mutu pelayanan kebidanan.

31 Menampilkan penggunaan sumber-sumber efesien dan pengelolaan sumber daya manusia dalam melakukan pelayanan kebidanan. Menggunakan kemampuan untuk berfikir secara proaktif, perspektif luas dan kritikal dalam konteks penyelesaian masalah. Mempromosikan dan mempertahankan peran profesional bidan dalam bidang manajerial yang menguntungkan konsumen dan provider. Menginisiasi dan berpartisipasi dalam dialog tentang proses perubahan dan inisiatif baru dalam praktik kebidanan dan kesehatan.

32 - Kesimpulan - Pemimpin, kepemimpinan, manajemen dan manajer adalah empat hal yang berbeda tapi saling berkaitan satu dengan yang lain karena dalam pelaksanaannya atau aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, keempat istilah tersebut berjalan searah dan beriringan.

33 Bidan dalam menjalankan perannya dalam sistem pelayanan kesehatan, dituntut untuk mampu menjadi seorang pemimpin sekaligus manajer dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Selain mematuhi standar pelayanan kebidanan dan kode etik bidan, kreativitas dan fleksibilitas bidan juga diperlukan dalam mengahadapi setiap permasalahan yang ditemukan di lapangan.

34 Pada dasarnya, di manapun bidan bekerja, penerapan atau aplikasi kepemimpinan oleh seorang bidan dalam menjalankan pelayanan kebidanan adalah sama. Menjadi seorang pemimpin bukan berarti harus berada pada posisi tertinggi dalam suatu organisasi atau komunitas. Seorang pemimpin adalah orang yang dapat bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban yang dilimpahkan kepadanya dengan melaksanakan tugas dan kewajiban tersebut dengan sebaik-baiknya.

35

36 Forum Diskusi

37 Next …

38

39


Download ppt "Leader Manager Leadership Management PEMIMPIN (LEADER) Pemimpin adalah satu orang dan orang tersebut harus mampu mengendalikan bawahannya dengan cara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google