Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Pengertian Organisasi  Karakteristik Organisasi  Organisasi Tradisional dan Modern  Pengertian Manajer  Pengertian Manajemen  Alasan – alasan Dibutuhkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Pengertian Organisasi  Karakteristik Organisasi  Organisasi Tradisional dan Modern  Pengertian Manajer  Pengertian Manajemen  Alasan – alasan Dibutuhkan."— Transcript presentasi:

1

2  Pengertian Organisasi  Karakteristik Organisasi  Organisasi Tradisional dan Modern  Pengertian Manajer  Pengertian Manajemen  Alasan – alasan Dibutuhkan Manajemen  Fungsi dan Proses Manajemen  Peran dan Ketrampilan Manajemen

3 Pengertian Organisasi Organisasi adalah : pengaturan orang – orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu, atau suatu badan yang mempunyai maksud tertentu, mencakup orang – orang atau anggota – anggota, dan memiliki suatu jenis struktur tertentu yang disengaja.

4 Karakteristik Organisasi Karakteristik yang umum, meliputi : Orang – orang Struktur yang disengaja Tujuan yang jelas

5 Organisasi Tradisional dan Modern a) Organisasi tradisional, memiliki ciri – ciri, sbb : - Mantap/stabil - Tidak luwes - Berfokus pada kerja - Pekerjaan berdasarkan jabatan - Berorientasi perintah - Hubungan bersifat hierarki - Manajer selalu membuat keputusan - Berorientasi individu

6 b) Organisasi modern, ciri – cirinya : - Dinamis - Luwes - Berfokus pada keterampilan - Pekerjaan ditetapkan berdasarkan pekerjaan yang harus diselesaikan harus diselesaikan - Berorientasi pada tim - Pekerjaan bersifat sementara - Pekerja berpartisipasi dalam membuat keputusan - Berorientasi pada pelanggan - Hubungan bersifat lateral dan jaringan - Bekerja dimanapun dan kapanpun

7 Pengertian Manajer adalah : seorang anggota organisasi yang memadukan dan mengkoordinasikan pekerjaan orang lain. atau : setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya – sumber daya organisasi lainnya.

8 Pengertian Manajemen Manajemen adalah : proses mengkoordinasikan dan mengintegrasikan kegiatan – kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan melalui orang lain. proses mengkoordinasikan dan mengintegrasikan kegiatan – kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan melalui orang lain. Atau : proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

9 Alasan – alasan Dibutuhkan Manajemen adalah : Memperbaiki cara – cara pengelolaan organisasi Proses manajemen merupakan dasar tempat membangun keterampilan – keterampilan manajemen Manajemen menetapkan tujuan Manajemen mengakibatkan pencapaian hasil teratur Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan

10 Fungsi dan Proses Manajemen Fungsi manajemen adalah : Fungsi manajemen adalah : kegiatan kerja manajer yang meliputi kegiatan kerja manajer yang meliputi merencanakan, mengorganisir, memimpin dan merencanakan, mengorganisir, memimpin dan mengendalikan. mengendalikan. Proses manajemen adalah : Proses manajemen adalah : merupakan serangkaian keputusan dan merupakan serangkaian keputusan dan kegiatan terus – menerus dimana para kegiatan terus – menerus dimana para manajer terlibat sewaktu mereka merancang, manajer terlibat sewaktu mereka merancang, mengorganisir, memimpin dan mengendalikan. mengorganisir, memimpin dan mengendalikan.

11 Fungsi dan proses manajemen meliputi : a)Merencanakan, adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran. b) Mengorganisasikan, adalah proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerjasama dalam cara terstruktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran.

12 c) Memimpin, adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota atau seluruh pekerjaan dari anggota atau seluruh organisasi. organisasi. d) Mengendalikan, adalah proses untuk mengendalikan bahwa aktivitas proses untuk mengendalikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan. direncanakan.

13 Peran dan Ketrampilan Manajemen 1) Peran manajemen adalah katagori – katagori khusus dari tingkah laku manajerial. katagori – katagori khusus dari tingkah laku manajerial.

14 Peran manajemen meliputi : Peran – peran antar pribadi Peran – peran antar pribadi Semua manajer dituntut untuk menjalankan Semua manajer dituntut untuk menjalankan tugas – tugas yang melibatkan orang – orang tugas – tugas yang melibatkan orang – orang dan tugas – tugas lain yang sifatnya simbolis, dan tugas – tugas lain yang sifatnya simbolis, memimpin dan penghubung. memimpin dan penghubung. Peran – peran informasi Peran – peran informasi Semua manajer sampai tahap tertentu, memilih peran Semua manajer sampai tahap tertentu, memilih peran menerima, mengumpulkan dan menyebarkan informasi menerima, mengumpulkan dan menyebarkan informasi dan juru bicara. dan juru bicara. Peran – peran memutuskan Peran – peran memutuskan Peran – peran yang meliputi kewirausahaan, Peran – peran yang meliputi kewirausahaan, penanganan, gangguan, pengakolasian sumber daya penanganan, gangguan, pengakolasian sumber daya dan sebagai perunding. dan sebagai perunding.

15 2) Ketrampilan manajemen adalah, manajer – manajer membutuhkan manajer – manajer membutuhkan keterampilan – keterampilan tertentu keterampilan – keterampilan tertentu untuk menjalankan tugas – tugas dan untuk menjalankan tugas – tugas dan kegiatan – kegiatan yang berkaitan kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan menjadi seorang manajer. dengan menjadi seorang manajer.

16 Keterampilan - keterampilan manajemen meliputi : a) Keterampilan konseptual adalah, kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. b) Keterampilan kemanusiaan adalah, kemampuan untuk bekerja dengan memahami, dan memotivasi orang lain, baik sebagai individu maupun kelompok. c) Keterampilan teknik adalah, kemampuan untuk menggunakan peralatan – peralatan, prosedur – prosedur atau teknik – teknik dari suatu bidang tertentu, seperti akuntansi, produksi, penjualan atau pemensiunan.

17


Download ppt " Pengertian Organisasi  Karakteristik Organisasi  Organisasi Tradisional dan Modern  Pengertian Manajer  Pengertian Manajemen  Alasan – alasan Dibutuhkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google