Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR-DASAR MANAJEMEN DAN ORGANISASI. Kemampuan yang dipelajari Menjelaskan keterkaitan organisasi dan manajemen Menjelaskan pengertian manajemen dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR-DASAR MANAJEMEN DAN ORGANISASI. Kemampuan yang dipelajari Menjelaskan keterkaitan organisasi dan manajemen Menjelaskan pengertian manajemen dari."— Transcript presentasi:

1 DASAR-DASAR MANAJEMEN DAN ORGANISASI

2 Kemampuan yang dipelajari Menjelaskan keterkaitan organisasi dan manajemen Menjelaskan pengertian manajemen dari berbagai perspektif Menjelaskan prinsip-prinsip umum manajemen Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen dan kegiatan yang ada didalamnya.

3 Manusia: makhluk sosial yang cenderung berinteraksi Organisasi : timbul dari kebutuhan manusia untuk bekerja sama Pemikiran awal

4 Perkembangan Organisasi Sosial Keluarga – suku – bangsa – negara Olah raga – keagamaan – bisnis dll Organisasi: Formal Non Formal

5 Organisasi?? Sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu Sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya melalui kerjasama Organisasi memiliki sumber daya, yaitu sumber daya manusia (human resources), sumber daya alam (natural resources), keuangan (funds), dan sumber daya informasi (informational resources)

6 Manajemen? Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui serangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. Seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan efektif dan efisien.

7 Pengertian Manajemen dan Organisasi Manage = mengelola. Management = kepemimpinan. Kata manajemen selalu di pakai untuk pimpinan atau memimpin suatu organisasi. Jadi untuk dapat mengerti manajemen, perlu tahu mengenal organisasi.

8 Manajemen - organisasi Organisasi merupakan suatu sistem yang bersifat sosio teknis Sistem merupakan suatu keseluruhan yang dinamis yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan. Dinamis berarti bergerak, berkembanga kearah suatu tujuan. Sosio (social) berarti yang bergerak didalam dan menggerakkan sistem itu. Teknis berarti dalam kegiatan tersebut, seperti sumber daya, alat-alat, dan cara tertentu yang digunakan.

9 Definisi Organisasi Fremont E Kast dan James E Rosenzweig 1.pengaturan-pengaturan yangbberorientasi pada tujuan. Orang-orang yang mempunyai tujuan. 2.Sistem psikologis, berarti orang-orang yang saling berinteraksi di dalam kelompok- kelompok. 3.Sistem-sistem teknis, manusia menggunakan pengetahuan dan teknik. 4.Sebuah integrasi dari kegiatan-kegiatan yang terstruktur, artinya orang-orang bekerjasama dalam hubungan dengan pola tertentu.

10 Richard L Daft Organisasi merupakan kesatuan-kesatuan sosial yang diarahkan ke suatu tujuan, sistem- sistem yang distruktur dengan sengaja dan yang mempunyai batasan-batasan yang dapat diidentifikasi. Elemen-elemen Kunci: kesatuan sosial, terarah pada tujuan, sistem yang distruktur, dan batasan yang diidentifikasi. Definisi Organisasi

11 Menurut Chester I Barnard Organisasi adalah sebuah sistem yang terdiri dari aktifitas-aktifitas atau kekuatan dari dua atau lebih orang yang dikoordinasi secara sadar, disengaja dan memiliki tujuan. Sistem adalah suatu kumpulan bagian yang saling berhubungan serta diatur sedemikian rupa sehingga menhasilkan suatu keseluruhan.

12 Menurut Kathryn M Bartol & David C Martin Organisasi adalah dua orang atau lebih yang bergabung dalam sebuah usaha untuk menghasilkan produk dan jasa.

13 Menurut James A F Stoner Management adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan bergabai upaya dari anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi demi tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

14 Menurut Parker Follet Managemen sebagai seni (art) untuk mencapai sasaran melalui orang lain. Sebagai seni: a. merupakan pengetahuan untuk mencapai hasil yang diinginkan. b. kemahiran timbul melalui pengamatan dan pengalaman. c. menuntuk kreatifitas yang didasarkan pada kondisi pemahaman ilmu manajemen. Menurut Luther Gullick Manajemen adalah suatu ilmu (science) Sebagai ilmu, manajemen merupakan suatu wadah pengetahuan tentang manajemen yang terorganisir.

15 Menurut James H Donelly Management adalah proses dari seseorang atau beberapa individu untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dari orang lain untuk memperoleh hasil yang tidak dapat dilakukan seorang individu saja.

16 Pendekatan dalam ilmu manajemen 1.Pendekatan menurut proses atau operasional Management menganalisa arah pandangan mengenai hal-hal yang perlu dilaksanakan oleh manager. 2. Pendekatan tingkah laku manusia (psikologi, dinamika pribadi, kebudayaan) 3. Pendekatan dari sistem social (kultural, sosiologi, integrasi diri/kelompok) 4. Pendekatan sistem (interrelasi dari komponen yg berinteraksi) 5. Pendekatan Kuantitatif (pendekatan matematis untuk mengukur tujuan, problema dg data yg diukur)

17 Elemen-elemen Manajemen Planning; proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran. Organizing; proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam cara terstruktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran. Leading/Actuating; proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi. Controlling; proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan.

18 Tipe Manajer/Tingkatan First line (low manager); manajer yang bertanggung jwab terhadap pekerjaan karyawan operasional saja dan tidak membawahkan manajer lain, mereka merupakan tingkat pertama dari manajer dalam hierarki organisasi. Middle manager; manajer yang berada di tengah-tengah dalam hierarki organisasi, mereka bertanggung jawab atas manajer lain dan kadang-kadang terhadap beberapa karyawan operasional, mereka juga bertanggung jawab kepada manajer yang lebih senior. Top Manager; manajer yang bertanggung jawab atas seluruh manajemen dari organisasi, mereka menetapkan kebijakan operasional dan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungannya.

19 Keterampilan Manager Top Manager (conceptual skill); kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi. Middle Manager (human skill) ; kemampuan untuk bekerja sama, memahami, dan memotivasi orang lain sebagi individu atau dalam kelompok. First line manager ( technical skill); kemampuan menggunakan prosedur, teknik, dan pengetahuan bidang khusus.


Download ppt "DASAR-DASAR MANAJEMEN DAN ORGANISASI. Kemampuan yang dipelajari Menjelaskan keterkaitan organisasi dan manajemen Menjelaskan pengertian manajemen dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google