Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP DASAR Manajemen Erat kaitanya dengan konsep organisasi, maka ada baiknya kita pahami dulu apa itu organisasi..? Manajemen Erat kaitanya dengan konsep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP DASAR Manajemen Erat kaitanya dengan konsep organisasi, maka ada baiknya kita pahami dulu apa itu organisasi..? Manajemen Erat kaitanya dengan konsep."— Transcript presentasi:

1 KONSEP DASAR Manajemen Erat kaitanya dengan konsep organisasi, maka ada baiknya kita pahami dulu apa itu organisasi..? Manajemen Erat kaitanya dengan konsep organisasi, maka ada baiknya kita pahami dulu apa itu organisasi..? Menurut Griffin (2000), organisasi adalah “a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goals. Atau Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. Dengan kata lain organisasi sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama. Menurut Griffin (2000), organisasi adalah “a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goals. Atau Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. Dengan kata lain organisasi sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama. Berbagai organisasi memiliki tujuan yg berbeda- beda, tergantung pada jenis organisasinya. Berbagai organisasi memiliki tujuan yg berbeda- beda, tergantung pada jenis organisasinya.

2 Organisasi tersebut harus memiliki sumberdaya, seperti: Organisasi tersebut harus memiliki sumberdaya, seperti: 1. Human resources 2. Natural resources 3. Financial resources/funds 4. Informational resources. 5. Sumberdaya-sumberdaya ini dikelola melalui kerjasama dari orang2 yang berbeda sehingga tujuan organisasi dapat dicapai.

3 SIAPA YANG MEMBUTUHKAN MANAJEMEN..? Manajemen dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisasi dan dalam semua tipe organisasi. Dalam praktek, manajemen dibutuhkan dimana saja orang- orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisasi dan dalam semua tipe organisasi. Dalam praktek, manajemen dibutuhkan dimana saja orang- orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai tujuan. Sebagai ilmu pengetahuan, manajemen juga bersifat universal dan menggunakan kerangka ilmu pengetahuan yang sistematis, mencakup kaidah-kaidah, prinsip- prinsip dan konsep-konsep yang cenderung benar dalam semua situasi manajerial. Sebagai ilmu pengetahuan, manajemen juga bersifat universal dan menggunakan kerangka ilmu pengetahuan yang sistematis, mencakup kaidah-kaidah, prinsip- prinsip dan konsep-konsep yang cenderung benar dalam semua situasi manajerial.

4 MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN..? Untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan- tujuan yang saling bertentangan Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan- tujuan yang saling bertentangan Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas

5 EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS Merupakan dua konsepsi utama untuk mengukur prestasi kerja. Efisiensi kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Atau ratio antara output dan input. Seorang manajer yang efisien adalah seseorang yang mencapai keluaran lebih tinggi (hasil,produktivitas,performance) dibanding masukan- masukan (tenaga kerja,bahan baku, uang, mesin, dan waktu) yang digunakan. Efisiensi kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Atau ratio antara output dan input. Seorang manajer yang efisien adalah seseorang yang mencapai keluaran lebih tinggi (hasil,produktivitas,performance) dibanding masukan- masukan (tenaga kerja,bahan baku, uang, mesin, dan waktu) yang digunakan. Efektivitas kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah Efektivitas kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain seorang manajer dikatakan efektif apabila dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda (cara) yang tepat untuk mencapai tujuan.

6 MENURUT PETER DRUCKER Efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things) Efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things) Efesiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right) Efesiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right) MENURUT RICHARD L. DAFT Efektivitas adalah sejauh mana organisasi mencapai tujuan yang telah ditentukan Efektivitas adalah sejauh mana organisasi mencapai tujuan yang telah ditentukan Efisiensi adalah jumlah sumber daya minimal yang diperlukan untuk menghasilkan sejumlah produksi yang diinginkan. Efisiensi adalah jumlah sumber daya minimal yang diperlukan untuk menghasilkan sejumlah produksi yang diinginkan.

7 Pertanyaan yang paling penting adalah bukan bagaimana melakukan pekerjaan dengan benar, tetapi bagaimana menemukan pekerjaan yang benar untuk dilakukan, dan memusatkan sumber daya dan usaha pada pekerjaan tersebut.

8 PENGERTIAN MANAJEMEN Mary Parker Follet; manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain (management is the art of getting things done through people). Mary Parker Follet; manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain (management is the art of getting things done through people). Seni dalam konteks ini mengandung arti bahwa hal itu adalah kemampuan atau keterampilan pribadi. Luther Gulick; manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerjasama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan. Luther Gulick; manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerjasama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

9 James F. Stoner; manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang tela ditetapkan. James F. Stoner; manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang tela ditetapkan. Proses dalam perspektif ini adalah cara sistematis untuk melakukan pekerjaan. Karena semua manajer harus melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.

10 Menurut Richard L. Daft, manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya organisasi. Menurut Richard L. Daft, manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya organisasi.

11 FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN SDM -Keuangan - Bahan Mentah - Teknologi -Informasi Pengendalian. Mengawasi Kegiatan dan Melakukan koreksi Pengorganisasian Menunjuk Tanggung jawab Untuk pencapaian tugas Perencanaan Memilih tujuan Dan cara Untuk mencapainya Pengarahan Menggunakan Pengaruh untuk Memotivasi karyawan Kinerja -Mencapai tujuan -- Produk - Jasa -Efisiensi -Efektivitas

12 KEAHLIAN MANAJEMEN KEAHLIAN KONSEPTUAL (conceptual skills) KEAHLIAN KONSEPTUAL (conceptual skills) KEAHLIAN KEMANUSIAAN (human skills) KEAHLIAN KEMANUSIAAN (human skills) KEAHLIAN TEKNIS (teknical skills KEAHLIAN TEKNIS (teknical skills Keahlian Konseptual = kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan keterkaitan diantara bagian- bagiannya.Keahlian ini melibatkan pemikiran manajer, pengolahan informasi dan kemampuan perencanaan atau = berpikir strategis dan jangka panjang. Keahlian kemanusiaan = kemampuan untuk bekerjasama dengan dan melalui orang lain serta secara efektif sebagai anggota kelompok. Keahlian ini diperlihatkan dengan cara seorang manajer berhubungan dg orang lain, memotivasi, memfasilitasi, mengkoordinasi, memimpin, berkomunikasi dan menyelesaikan konflik. Atau keahlian ini mendorong partisipasi bawahan Keahlian Teknis = Pemahaman dan kefasihan dalam melakukan tugas tertentu. Hal ini mencakup penguasaan metode, teknik dan peralatan yang digunakan.

13 TINGKATAN MANAJEMEN Top Management Middle Management First Line Manajer Lini Pertama (first line atau first level). Manajer Menengah (middle Management) Manajer Puncak (Top Management) Dapat digambarkan sbb:

14 BAGAIMANA RASANYA MENJADI SEORANG MANAJER Aktivitas Manajemen diwarnai oleh keragaman, fragmentasi dan kecepatan Aktivitas Manajemen diwarnai oleh keragaman, fragmentasi dan kecepatan Manajer Melakukan Banyak pekerjaan dengan sangat Cepat Manajer Melakukan Banyak pekerjaan dengan sangat Cepat

15 PERAN MANAJER 1. PERAN INFORMASI (Informational Role) 2. PERAN ANTAR PRIBADI (Interpersonal Role) 3. PERAN KEPUTUSAN (Decesional Role) Informasi =pengawasan Penyebarluasan Juru bicara Antar Pribadi=Figur Kepala PemimpinPenghubung Keputusan=Wirausahaan Penyelesaian masalah Pembagi sumber daya Negosiator

16 TUGAS


Download ppt "KONSEP DASAR Manajemen Erat kaitanya dengan konsep organisasi, maka ada baiknya kita pahami dulu apa itu organisasi..? Manajemen Erat kaitanya dengan konsep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google