Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN MANAJEMEN. MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN? UNTUK MENCAPAI TUJUAN UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN DIANTARA TUJUAN-TUJUAN YANG SALING BERTENTANGAN UNTUK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN MANAJEMEN. MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN? UNTUK MENCAPAI TUJUAN UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN DIANTARA TUJUAN-TUJUAN YANG SALING BERTENTANGAN UNTUK."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN MANAJEMEN

2 MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN? UNTUK MENCAPAI TUJUAN UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN DIANTARA TUJUAN-TUJUAN YANG SALING BERTENTANGAN UNTUK MENCAPAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS

3 MENGUKUR PRESTASI KERJA (PERFORMANCE) Efisiensi, kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. (doing things right = melakukan pekerjaan dengan benar) Efektivitas, kemampuan untuk memilih tujuan yang telah ditetapkan, dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metode (cara) yang tepat untuk mencapai tujuan. (doing the right things = melakukan pekerjaan yang benar)

4 MANAJEMEN MENURUT MARY PARKER FOLLET Sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, artinya para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang mungkin diperlukan, atau berarti dengan tidak melakukan tugas-tugas itu sendiri.

5 MANAJEMEN MENURUT JAMES AF STONER Adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan

6 PERENCANAAN Berarti bahwa para manajer memikirkan kegiatan-kegiatan mereka sebelum dilaksanakan. Berbagai kegiatan ini biasanya didasarkan pada berbagai metoda, rencana atau logika, bukan hanya atas dasar dugaan atau firasat.

7 PENGORGANISASIAN Berarti bahwa para manajer mengkoordinasikan sumber daya sumber daya manusia dan material organisasi. Kekuatan suatu organisasi terletak pada kemampuannya untuk menyusun berbagai sumber dayanya dalam mencapai suatu tujuan. Semakin terkoordinasi dan terintegrasi kerja organisasi, semakin efektif pencapaian tujuan-tujuan organisasi.

8 PENGARAHAN Para manajer mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi para bawahan. Manajer tidak melakukan semua kegiatan sendiri, tetapi menyelesaikan tugas-tugas esensial melalui orang-orang lain. Juga menciptakan iklim yang dapat membantu para bawahan melakukan pekerjaan secara baik.

9 PENGAWASAN Para manajer berupaya untuk menjamin bahwa organisasi bergerak ke arah tujuan-tujuannya. Bila beberapa bagian organisasi ada pada jalur yang salah, manajer harus membetulkannya.

10 ARTI MANAJEMEN

11 PENGERTIAN MANAJEMEN Manajemen sebagai ilmu dan seni Manajemen sebagai profesi Pengertian – pengertian yang berbeda dengan istilah manajemen Aplikasi-aplikasi yang berbeda dari istilah manajemen

12 Manajemen sebagai Ilmu dan Seni Luther Gulick mendefinisikan manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusahan secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

13 Manajemen sebagai Profesi Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum Para profesional mendapatkan status mereka karena mencapai standar prestasi kerja tertentu Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya (Edgar H Schein)

14 Pengertian – pengertian yang berbeda dengan istilah Manajemen Manajemen berbeda dengan kewiraswastaan (wirausaha), wiraswasta menurut definisi memahami, mendapatkan sumber daya, mengorganisasikan dan menjalankan perusahaan (bisnis). Mereka cenderung menjadi pengambil risiko yang didorong oleh motif keuntungan.

15 Pengertian – pengertian yang berbeda dengan istilah Manajemen Manajemen, sebaliknya, terlibat dalam pengorganisasian dan memimpin perusahaan (bisnis) dan organisasi lainnya, tetapi tidak mencakup pemilikan. Manajemen berbeda dengan supervisi, supervisi adalah pengarahan dan pengendalian karyawan-karyawan tingkat bawah dalam suatu organisasi.

16 Aplikasi-aplikasi yang berbeda dari istilah Manajemen Pengelompokkan pekerjaan Seorang individu Suatu disiplin akademik Suatu proses


Download ppt "PENGERTIAN MANAJEMEN. MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN? UNTUK MENCAPAI TUJUAN UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN DIANTARA TUJUAN-TUJUAN YANG SALING BERTENTANGAN UNTUK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google