Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERMAIN Ns. Nurma Afiani, S.Kep. Tujuan Instruksional Khusus: 1.Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian bermain pada anak 2.Menjelaskan fungsi bermain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERMAIN Ns. Nurma Afiani, S.Kep. Tujuan Instruksional Khusus: 1.Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian bermain pada anak 2.Menjelaskan fungsi bermain."— Transcript presentasi:

1 BERMAIN Ns. Nurma Afiani, S.Kep

2 Tujuan Instruksional Khusus: 1.Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian bermain pada anak 2.Menjelaskan fungsi bermain pada anak serta prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan 3.Menjelaskan tujuan bermain 4.Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas bermain 5.Mengidentifikasi klasifikasi bermain untuk setiap kelompok usia 6.Menguraikan aktivitas bermain bagi anak yang dirawat di rumah sakit

3 Topik Bahasan: DEFINISI BERMAIN FUNGSI BERMAIN TUJUAN BERMAIN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERMAIN BERMAIN DI RUMAH SAKIT KLASIFIKASI BERMAIN

4 Definisi Bermain Miller B.F and Keane (1983): Cara alamiah bagi anak untuk mengungkapkan konflik dalam dirinya yang tidak disadari Foster (1989): Kegiatan yang dilakukan sesuai dengan keinginan sendiri untuk memperoleh kesenangan Champbell and Glaser (1995): Bermain sama dengan bekerja pada orang dewasa dan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan anak serta merupakan cara paling efektif untuk menurunkan stress pada anak dan penting untuk kesejahteraan mental dan emosional anak

5 Cont… Wong (2000): Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela untuk memperoleh kepuasan atau kesenangan Bermain merupakan cerminan kemampuan fisik, intelektual, emosional, dan sosial Bermain merupakan media yang baik untuk belajar karena dengan bermain anak-anak akan berkomunikasi, belajar beradaptasi dengan lingkungannya, melakukan apa yang dapat dilakukannya, serta dapat mengenal waktu, jarak, dan suara

6 Fungsi Bermain Perkembangan sensoris-motoris Perkembangan intelektual Perkembangan sosial Perkembangan kreatifitas Perkembangan kesadaran diri Perkembangan moral

7 Tujuan Bermain Membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak terutama saat anak sakit atau hospitalisasi Sarana untuk mengekspresikan perasaan, ide, keinginan serta fantasi anak Mengembangkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah Meningkatkan kemampuan adaptasi

8 Faktor Yang Mempengaruhi Bermain Tahap perkembangan anak Status kesehatan anak Jenis kelamin anak Lingkungan Alat dan jenis permainan

9 Klasifikasi Permainan Berdasarkan isi a.Social Affective Play b.Sense of Pleasure Play c.Skill Play d.Games e.Unoccupied Behaviour f.Dramatic Play

10 Klasifikasi Permainan berdasarkan Karakter Sosial a.Onlooker Play b.Solitary Play c.Parallel Play d.Assosiative Play e.Cooperative Play

11 Klasifikasi Permainan sesuai tahap tumbang Bayi Usia 0-3 bulan Bayi Usia 4-6 bulan Bayi Usia 7-9 bulan

12 Cont… Toodler (1-3 tahun)Pra-Sekolah (3-6 tahun) Usia Sekolah (6-12 bulan)Usia remaja (13-18 tahun)

13 Prinsip Bermain di Rumah Sakit Tidak boleh bertentangan dengan terapi dan perawatan yang sedang dijalankan Tidak membutuhkan energi yang banyak Harus mempertimbangkan keamanan anak Dilakukan pada kelompok umur yang sama Melibatkan orang tua

14 Tujuan Bermain Tetapkan tujuan bermain mengacu pada prinsip bermain di RS dan tahapan tumbuh kembang anak Alat permainan harus menggambarkan kreativitas perawat dan klien serta dapat menjadi media eksplorasi perasaan anak

15 Proses Kegiatan Bermain Uraikan kegiatan bermain yang akan dilakukan Perawat hanya sebagai fasilitator, kegiatan bermain dilakukan secara aktif oleh anak dan orang tua Kegiatan bermain mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan Apabila berkelompok, uraikan tugas masing-masing orang dalam kelompok tersebut Uraikan proses bermain yang dilakukan Observasi klien dan orang tua selama permainan berlangsung

16 Evaluasi Evaluasi menyeluruh kegiatan bermain mengacu kepada tujuan Hambatan yang ditemui selama permainan berlangsung Hasil permainan, berikan reward

17

18 TUGAS KELOMPOK Class dibagi dalam 4 kelompok Buat alat permainan edukatif untuk setiap tahap tumbuh kembang: Kelompok 1: Usia Infant (0-1 thn) Kelompok 2: Usia Toodler (1-3 thn) Kelompok 3: Usia Pra-Sekolah (4-5 thn) Kelompok 4: Usia Sekolah (6-12 thn) Tugas DIKUMPULKAN: Senin, 1 November 2010 Penilaian didasarkan: kreatifitas, orisinil, nilai edukatif Lampirkan nama kelompok, nama permainan, cara permainan

19 THANK’S…


Download ppt "BERMAIN Ns. Nurma Afiani, S.Kep. Tujuan Instruksional Khusus: 1.Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian bermain pada anak 2.Menjelaskan fungsi bermain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google