Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TIPE BERMAIN FUNCTIONAL PLAY -Bentuk paling sederhana -Meliputi pergerakan otot yang berulang seperti menggelindingkan bola. Ketika keterampilan motorik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TIPE BERMAIN FUNCTIONAL PLAY -Bentuk paling sederhana -Meliputi pergerakan otot yang berulang seperti menggelindingkan bola. Ketika keterampilan motorik."— Transcript presentasi:

1 TIPE BERMAIN FUNCTIONAL PLAY -Bentuk paling sederhana -Meliputi pergerakan otot yang berulang seperti menggelindingkan bola. Ketika keterampilan motorik lebih berkembang, anak-anak biasa mulai berlari, melompat, melempar, menendang, mengejar dan lain sebagainya.

2 TIPE BERMAIN CONSTRUCTIVE PLAY Menggunakan obyek / material untuk membuat sesuatu, misalnya membuat rumah dengan menggunakan blok/ crayon.

3 TIPE BERMAIN PRETEND PLAY/ FANTASY PLAY/ DRAMATIC PLAY/ IMAGINATIVE PLAY Biasa terlihat pada usia prasekolah

4 TIPE BERMAIN FORMAL GAMES WITH RULES Biasa terlihat pada anak usia sekolah

5 DIMENSI SOSIAL DARI BERMAIN (Mildred B. Parten, 1932) UNOCCUPIED BEHAVIOR Anak tidak bermain tetapi memperhatikan apapun yang menarik perhatiannya ONLOOKER BEHAVIOR Hanya mengamati anak-anak lain yang sedang bermain. Kadang bertanya, memberikan saran tetapi tidak terlibat dalam permainan. SOLITARY INDEPENDENT PLAY Bermain sendiri dimana cenderung terfokus pada apa yang dilakukan tanpa memperhatikan teman-teman di sekitar, meski duduk berdekatan. Anak masih senang eksplorasi dan menemukan hal-hal baru.

6 DIMENSI SOSIAL DARI BERMAIN (Mildred B. Parten, 1932) PARALLEL PLAY Anak bermain sendiri diantara anak lain yang memainkan alat permainan yang sama tapi dengan cara yang berbeda. Kadang anak juga mengikuti apa yang dilakukan teman terhadap alat permainannya. Anak hanya duduk berdampingan tetapi tidak bermain bersama ASSOCIATIVE PLAY Anak bermain bersama dengan anak lain. Ada interaksi diantara mereka tetapi mereka belum bekerja sama secara jelas guna mencapai tujuan yang sama. COOPERATIVE / ORGANIZED SUPPLEMETARY PLAY Bermain dalam kelompok yang terorganisir untuk mencapai target. Ada anak berperan sebagai pemimpin untuk mengarahkan anggota lain.

7 LAHIR – 18 BULAN Penting diperhatikan ukuran, bahan dan bentuk mainan. Mainan yang biasa digunakan : memiliki warna mencolok, berbunyi, ada tekstur dan lain sebagainya. Permainan yang dapat digunakan antara lain : kerincingan, yang mengeluarkan lagu/ musik, memasukkan gelang, balok besar, mencocokkan bentuk yang sederhana, bebek, menarik mainan, dan lain sebagainya

8 18 BULAN – 3 TAHUN Senang berlari, melompat, memanjat dan lain sebagainya. Alat permainan yang dapat digunakan : mobil- mobilan yang digerakkan dengan kaki, bola besar, bermain pasir maupun kolam air, clay, instrumen musik sederhana, balok-balok, puzzle sederhana dan lain sebagainya.

9 3 – 6 TAHUN Permainan yang dapat digunakan antara lain bermain telepon, masak-masakan, alat pertukangan dan kesehatan, sepeda, finger / hand puppet, sepeda, puzzle angka dan huruf, buku cerita dan lain sebagainya. Biasa mereka juga menyukai materi seni seperti crayon, clay, cat dan juga aktivitas fisik seperti bermain sepeda, lompat dan lain sebagainya. Usia ini mereka juga belajar bergantian, sabar dan lain sebagainya.

10 6 – 9 TAHUN Usia ini menyukai permainan yang lebih menantang secara intelektual dimana menguji pengetahuan dan kemampuan mereka antara lain bermain puzzle atau permainan yang menuntut strategi maupun secara fisik seperti bermain bola, roller skate, dan lain sebagainya. Permainan imaginative : membuat perhiasan, meneliti boneka mainan di bawah mikroskop. Anak juga dapat mengumpulkan mainan tertentu (koleksi) dan lain sebagainya.

11 9 – 14 TAHUN Cenderung bermain dalam kelompok, misal sepak bola, basket dan lain sebagainya. Permainan elektronik juga banyak diminati. Mulai terlihat minat anak  dari pilihan materi bacaan, musik, melukis dan lain sebagainya sehingga perlu diperhatikan minat dan kemampuan anak.

12 BERKREASI Ada bahan-bahan antara lain : -Karton -Kertas warna -Gunting -Lem -Kertas -Crayon -Pensil -Benang wol

13 TERIMAKASIH


Download ppt "TIPE BERMAIN FUNCTIONAL PLAY -Bentuk paling sederhana -Meliputi pergerakan otot yang berulang seperti menggelindingkan bola. Ketika keterampilan motorik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google