Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 2 MEDAN LISTRIK Hukum Coulomb : Gaya-gaya yang terjadi pada dua buah muatan berjarak R Sebanding dengan kedua muatan Q 1 dan Q 2 Berbanding terbalik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 2 MEDAN LISTRIK Hukum Coulomb : Gaya-gaya yang terjadi pada dua buah muatan berjarak R Sebanding dengan kedua muatan Q 1 dan Q 2 Berbanding terbalik."— Transcript presentasi:

1 BAB 2 MEDAN LISTRIK Hukum Coulomb : Gaya-gaya yang terjadi pada dua buah muatan berjarak R Sebanding dengan kedua muatan Q 1 dan Q 2 Berbanding terbalik dengan kuadrat jarak Muatan sejenis akan tolak-menolak sedangkan muatan tak sejenis akan tarik-menarik Arah gaya pada garis penghubung antara kedua muatan

2

3 Contoh Soal 2.1 Diketahui sebuah muatan Q 1 sebesar 300  C yang terletak di titik A(1, 2, 3). Hitung gaya Coulomb yang bekerja pada muatan lain Q 2 sebesar  C yang terletak di titik B(2, 0, 5). Jawab :

4 Medan Listrik : Gaya persatuan muatan E [N/C] Dapat didefinisikan sebagai gaya yang bekerja pada suatu muatan Q 1 sebesar 1 C akibat muatan lain Q 2 Medan listrik akibat muatan titik Q pada suatu titik berjarak R dari Q :

5 Contoh Soal 2.2 Hitung medan listrik di M(3, - 4, 2) dalam ruang hampa yang disebabkan oleh muatan Q 1 = 2 n C di P 1 (0, 0, 0) dan Q 2 = 3 n C di P 2 (- 1, 2, 3). Jawab :

6 Medan listrik akibat muatan garis yang terletak di sumbu z : Medan listrik akibat muatan garis yang terletak sembarang:  L = Rapat muatan persatuan panjang C/m R adalah vektor yang panjangnya adalah jarak terdekat dari muatan garis ke titik P yang hendak dihitung medan listriknya (R tegaklurus pada arah dari muatan garis). Akibatnya ujung vektor R ini adalah titik P sedangkan pangkalnya terletak pada muatan garis dimana salah satu koordinatnya sama dengan koordinat titik P.

7 Contoh Soal 2.3 Hitung medan listrik E di titik P(5, 6, 1) akibat muatan garis  L = 30 n C/m yang terletak pada perpotongan antara bidang y = 3 dan z = 5. Jawab : x y z LL P(5,6,1) R

8 x y z LL R

9 Medan listrik akibat muatan bidang :  s = Rapat muatan persatuan luas C/m 2 a N adalah vektor satuan yang arahnya tegak lurus dari muatan bidang ke titik yang hendak dihitung medan listriknya.

10 Contoh Soal 2.4 Sebuah muatan bidang  S sebesar 2 nC/m 2 terletak pada bidang x = 3. Sebuah muatan garis  L sebesar 20 nC/m terletak pada x = 1, z = 4. Tentukan arah medan listrik di titik P(4, 5, 6). Jawab : Akibat muatan garis :

11 Akibat muatan bidang : Akibat muatan garis dan muatan bidang :


Download ppt "BAB 2 MEDAN LISTRIK Hukum Coulomb : Gaya-gaya yang terjadi pada dua buah muatan berjarak R Sebanding dengan kedua muatan Q 1 dan Q 2 Berbanding terbalik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google