Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 3 RAPAT FLUKS LISTRIK Fluks Listrik : Jumlah fluks listrik yang keluar dari muatan positip atau masuk ke muatan negatip sama dengan besarnya muatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 3 RAPAT FLUKS LISTRIK Fluks Listrik : Jumlah fluks listrik yang keluar dari muatan positip atau masuk ke muatan negatip sama dengan besarnya muatan."— Transcript presentasi:

1 BAB 3 RAPAT FLUKS LISTRIK Fluks Listrik : Jumlah fluks listrik yang keluar dari muatan positip atau masuk ke muatan negatip sama dengan besarnya muatan tersebut Rapat fluks listrik di titik yang jaraknya R dari muatan titik Q adalah jumlah fluks listrik dibagi luas bola yang jari-jarinya R Hubungan rapat fluks listrik dan medan listrik berlaku juga untuk muatan garis dan bidang

2 Contoh Soal 3.1 Suatu muatan garis sebesar 8 nC/m terletak di sumbu z. Hitung rapat fluks listrik di  = 3 m Jawab :

3 Hukum Gauss : Fluks listrik  yang menembus setiap permukaan tertutup sama dengan muatan total Q yang terdapat di dalam volume yang dibatasi (dilingkungi) oleh permukaan tertutup tersebut.  v Rapat muatan per satuan volume C/m 3

4 Within the cylinder region  ≤ 4, the electric flux density is given as 5  3 a  C/m 2. a). What is the volume charge density at  =3? b). What is the electric flux at  =3 c). How much electric flux leaves the cylinder  =3,  z  ≤2.5 d). How much charge is contained within the cylinder

5 Contoh Soal 3.2 Diketahui rapat fluks listrik : a). Hitung medan listrik di r = 0,2 m b). Hitung muatan total di dalam bola r = 0,2 m Jawab : a).

6 b).

7 Contoh Soal 3.3 Diketahui rapat fluks listrik : Hitung jumlah muatan yang terletak di dalam bola r = 1 m Jawab : Agar lebih mudah terlebih dahulu rapat fluks listrik ini dinyatakan dalam koordinat bola menggunakan transformasi koordinat dan transformasi vektor

8

9 Jumlah muatan di dalam bola r = 1 adalah :

10 Oleh karena :

11 Maka :

12 Teorema divergensi Persamaan terakhir disebut persamaan Maxwell pertama dalam bentuk titik (kanan) dan dalam bentuk integral (kiri)

13 Contoh Soal 3.4 Diketahui rapat fluks listrik : Hitung muatan total yang terletak di dalam volume 1<  < 2, 0 <  <  /2, 0 < z < 1 menggunakan kedua ruas dari teorema divergensi Jawab :

14 Teorema divergensi Persamaan terakhir disebut persamaan Maxwell pertama dalam bentuk titik (kanan) dan dalam bentuk integral (kiri)

15

16


Download ppt "BAB 3 RAPAT FLUKS LISTRIK Fluks Listrik : Jumlah fluks listrik yang keluar dari muatan positip atau masuk ke muatan negatip sama dengan besarnya muatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google