Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STATISTIKA MANAJEMEN INFORMATIKA. VISKA ARMALINA, S.T., M.ENG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STATISTIKA MANAJEMEN INFORMATIKA. VISKA ARMALINA, S.T., M.ENG."— Transcript presentasi:

1 STATISTIKA MANAJEMEN INFORMATIKA

2 VISKA ARMALINA, S.T., M.ENG

3 KESEPAKATAN  Datang tepat waktu (terlambat > 15 menit dianggap tidak hadir).  Menghadiri kuliah sampai berakhir  Tidak ada dering HP  Jika ingin mengikuti kuliah susulan di kelas lain, harus ada konfirmasi ketidakhadiran sebelumnya disertai dengan alasan yang bisa dipertanggungjawabkan.(Berlaku mulai pertemuan kedua dan seterusnya).

4 PENILAIAN  Kehadiran : 10%  Keaktifan : 20%  Presentasi : 10%  Tugas : 10%  Quiz : 10%  UTS : 20%  UAS : 20%

5 KONSEP DASAR STATISTIKA

6 SEJARAH STATISTIKA (1)  Statistika : Status (Yunani) ; State (Inggris) : negara  Godfried Achenwall (1749) “kumpulan data mengenai negara dan jumlah penduduknya untuk menunjang administrasi pemerintahan” atau “ilmu politik dari beberapa negara”  William Hooper “Ilmu yang mengajarkan bagaimana penyelenggaraan negara secara modern dilaksanakan”

7 SEJARAH STATISTIKA (2)  Moreau de Jonnes (1847) “ Ilmu mengenai fakta-fakta sosial yang dinyatakan dalam bentuk angka”  Dieterici (1850) “ Pernyataan dalam bentuk gambar dan fakta mengenai kondisi negara tertentu.”

8 PENGERTIAN STATISTIKA  Statistika: Ilmu yang membahas tentang bagaimana mengumpulkan data, menata/meringkas data, mengolah dan menyajikan data, serta menganalisis dan menginterpretasikan data menjadi informasi berdasar data dan fakta yang benar untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.  Statistik : Suatu kumpulan angka yang tersusun lebih dari 1 angka.

9 JENIS-JENIS STATISTIKA  Statistika Deskriptif  Statistika Induktif / Inferensia

10 STATISTIKA DESKRIPTIF (1)  Statistika yang mendeskripsikan atau menggambarkan tentang data yang disajikan dalam bentuk : tabel, diagram, pengukuran tendensi sentra, pengukuran penempatan, pengukuran penyimpangan, angka indeks serta mencari kuatnya hubungan dua variabel (korelasi), melakukan peramalan (prediksi) dengan menggunakan analisis regresi linier, dan membuat perbandingan (komparatif). Metode pengumpulan, peringkasan dan penyajian data Descriptif : bersifat memberi gambaran

11 STATISTIKA DESKRIPTIF (2)  Contoh Masalah Statistika Deskriptif : 1. Tabulasi Data 2. Diagram Balok 3. Diagram Kue Pie 4. Grafik perkembangan harga dari tahun ke tahun

12 STATISTIKA INFERENSIA (1)  Disebut juga statistika Induktif.  Suatu alat  pengumpul data, pengolah data, menarik kesimpulan, dan membuat tindakan berdasarkan dari analisis data yang sudah dikumpulkan. Metode analisis, peramalan, pendugaan dan penarikan kesimpulan Inferential : bersifat melakukan generalisasi (penarikan kesimpulan).

13 STATISTIKA INFERENSIA (2)  Contoh Masalah Statistika Inferensia : 1. Pendugaan Parameter 2. Pengujian Hipotesis 3. Peramalan

14 MANFAAT STATISTIKA (1)  Bidang Kedokteran dan Farmasi - Penemuan jenis bahan obat baru : membantu mengidentifikasi dampak bahan antibiotika agar memenuhi syarat kelayakan produksi.  Bidang Pemerintahan - Tenaga Kerja : menghitung jumlah tenaga kerja dan sektor lapangan kerja sehingga pihak penentu kebijakan dapat melakukan perencanaan lapangan kerja baru dan mengatur prioritas alokasi dana untuk sektor yang produktif.

15 MANFAAT STATISTIKA (2) - Fasilitas pelayanan publik : pencatatan kebutuhan fasilitas pelayanan publik sehingga pemerintah bisa mengalihkan dana dan tenaga untuk wilayah yang benar-benar membutuhkan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pelayanan publik.

16 MANFAAT STATISTIKA (3)  Bidang Hukum - menganalisis jumlah kejahatan di suatu wilayah dan bentuk kejahatan yang paling sering terjadi sehingga pihak berwajib bisa merumuskan strategi untuk mengatasinya.  Bidang Sosial - Departemen Sosial : pencatatan jumlah anak putus sekolah, jumlah anak jalanan, jumlah kaum jompo yang harus disantuni.

17 MANFAAT STATISTIKA (4)  Bidang Perdagangan/Perusahaan - Pencatatan jumlah produk yang bagus dan rusak dalam kurun waktu tertentu, perhitungan batas jumlah kecacatan produk dalam satu periode.  Bidang Anthropologi (antropometika) - Perhitungan perkiraan usia suatu situs budaya.  Bidang Psikologi (psikometrika) - Menganalisis perilaku manusia dalam kondisi tertentu.

18 MANFAAT STATISTIKA (5)  Bidang Pertanian (agronometrika) - Perhitungan perkiraan pergerakan jenis hama, analisis pola perubahan iklim dan pengaruhnya terhadap tanaman.

19 TUGAS DISKUSI KELAS  Buat Kelompok max. 3 orang  Cari beberapa contoh pemanfaatan/penerapan statistika di berbagai bidang, berikan latar belakang permasalahannya dan serta tujuan yang ingin dicapai dengan penerapan statistika.

20 TO BE CONTINUE......


Download ppt "STATISTIKA MANAJEMEN INFORMATIKA. VISKA ARMALINA, S.T., M.ENG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google