Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dedi Susanto 41613310092 Teknik Industri. Pendahuluan Trimax adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing. Trimax memproduksi kursi,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dedi Susanto 41613310092 Teknik Industri. Pendahuluan Trimax adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing. Trimax memproduksi kursi,"— Transcript presentasi:

1 Dedi Susanto Teknik Industri

2 Pendahuluan Trimax adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing. Trimax memproduksi kursi, meja, papan tulis Sekolah dan kuliah. Meja, kursi kantor,lemari dll. Trimax menggunakan proses produksi campuran. Karena setiap order spesifikasi barangnya berbeda –beda. Jadi kita mengkuti customer.

3 Alur Produksi

4 Proses pembuatan panel : – Bahan baku dikeluarkan oleh gudang atas permintaan PPIC Papan Kayu/Particle Board HPL Tiner Lem edging – Laminating adalah proses penempelan HPL pada papan kayu, particle board untuk membuat papan panel menjadi menarik dan rata. HPL tahan terhadap goresan, panas, pelarut dan bahan kimia. HPL adalah High Pressure Laminated. – Cutting adalah Proses pemotongan Panel sesuai spesifikasi yang diminta. – Edge Banding adalah prose melapisi tepi dengan hpl agar telihat menarik dan rapih. – Shaping adalah proses pembentukan panel seperti spesifikasi, contoh kursi yang dibuat melengkung. – Boring adalah proses membuat/ memperbesar lubang untuk mur. – Finishing adalah proses pekerjaan yang dilakukan pada tahap akhir dalam memproduksisuatu tahapan penyelesaian.dan di finishing dilakukan mengecekan kualitas (Quality Control). – Packing adalah Prose pengepakan Barang yang sudah jadi untuk siap dikirim ke cutomer. – Finish good adalah arang jadi yang telah selesai diproses, siap untuk disimpan di gudang barang jadi, dijual, atau didistribusikan ke lokasi-lokasi pemasaran – Gudang adalah tempat penyimpanan finish good sebelum didistribusikan ke pelanggan.

5 Alur Produksi

6 Proses pembuatan Frame/Besi : Bahan baku dikeluarkan oleh gudang atas permintaan PPIC. Besi Cat Gerinda Mur Ampelas Cutting adalah proses pemotongan material berupa besi sesuai spesifikasi. Roll/Bending adalah proses pembengkokan besi sesuai spesifikasi. Leveling adalah meratakan hasil pembengkokan dan pemotongan besi. Welding adalah proses pengelasan/ menyambungkan antara 2 besi. Boring adalah membuat/memperbesar untuk lubang untuk mur. Leveling adalah meratakan/pengampelasan hasil pembengkokan, pemotongan dan hasil proses boring. Washing adalah pencucian/ pembersihan besi sebelum di cat. Pickling adalah member cairan agar tahan karat. Coating adalah proses pengecetan besi agar tampil lebih menarik. Finishing adalah proses pekerjaan yang dilakukan pada tahap akhir dalam memproduksisuatu tahapan penyelesaian.dan di finishing dilakukan mengecekan kualitas (Quality Control). Packing adalah Prose pengepakan Barang yang sudah jadi untuk siap dikirim ke cutomer. Finish good adalah arang jadi yang telah selesai diproses, siap untuk disimpan di gudang barang jadi, dijual, atau didistribusikan ke lokasi-lokasi pemasaran Gudang adalah tempat penyimpanan finish good sebelum didistribusikan ke pelanggan.

7 Limbah Limbah yang dihasilkan oleh produksi Panel Potongan kayu dan serbuk gergaji sebagai bahan dasar pembuatan perabot kayu. Serbuk gergaji dan serpihan kayu dari proses produksi saat ini pada umumnya dimanfaatkan oleh pabrik sebagai bahan tambahan untuk membuat plywood. Biasanya perusahaan memanfaatkan llimbah ini sebagai bahan tambahan pembakaran boiler di Kiln Dry.

8 1. Bahan Pokok a. Kayu : Serpihan dibuat dari jenis-jenis kayu lunak dengan menggunakan mesin khusus (pembuat serpih) b. Perekat : Bahan perekat tergantung dari jenis papan partikel yang akan dibuat antara lain : Papan partikel untuk perabot menggunakan lem urea formaldehid Papan partikel pada penggunaan keadaan udara berkelembaban tinggi menggunakan lem melamin resins. Papan partikel yang tahan air sebagai dinding rumah memakai tern fenol formaldehid. Sebelum diproses, perekat tersebut dicampur dengan tambahan bahan sebagai berikut : Lak parafin (agar papan partikel tidak menyerap air) Preservative (bahan pengawet) Ammonium phosphate (bahan anti api) Streates (bahan penyetabil papan partikel)

9 2. Proses Pembuatan a. Membuat serpihan sortimen kayu dengan diameter cm dengan mesin penggiling khusus. b. Mengayak hasil serpihan. c. Menampung hasil serpihan pada penampung partikel (silo) d. Mengeringkan partikel ayakan. e. Mencampur partikel ayakan dengan lem. f. Menuangkan pada cetakan pengepresan. g. Mengontrol berat. h. Mengepres. i. Mengontrol tebal.

10 j. Mendinginkan lembaran papan k. Memotong lembaran menurut normalitas ukuran. l. Mengamplas. m. Menyimpan dalam gudang penyimpanan.


Download ppt "Dedi Susanto 41613310092 Teknik Industri. Pendahuluan Trimax adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing. Trimax memproduksi kursi,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google