Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perusahaan Manufaktur dan Struktur Biayanya. Jenis Perusahaan 1.Perusahaan Jasa 2. Perusahaan Dagang 3. Perusahaan Manufaktur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perusahaan Manufaktur dan Struktur Biayanya. Jenis Perusahaan 1.Perusahaan Jasa 2. Perusahaan Dagang 3. Perusahaan Manufaktur."— Transcript presentasi:

1 Perusahaan Manufaktur dan Struktur Biayanya

2 Jenis Perusahaan 1.Perusahaan Jasa 2. Perusahaan Dagang 3. Perusahaan Manufaktur

3 Perusahaan Jasa Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang produknya adalah yang bersifat nonfisik. Seperti perusahaan transportasi, biro wisata, bioskop, konsultan, kantor akuntan publik, konsultan manajemen, dsb.

4 Berikanlah contoh nyata 5 nama perusahaan jasa yang beroperasi di kota anda ! Sebutkan pula produk yang dijual setiap perusahaan tersebut !

5 Perusahaan Dagang Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang membeli barang dari perusahaan lain dan menjualnya kepada pihak yang membutuhkan/konsumen. Misalnya : pasar swalayan, distributor peralatan elektronik, dsb.

6 Berikanlah contoh nyata 5 nama perusahaan dagang yang beroperasi di kota anda ! Sebutkan pula produk yang dijual setiap perusahaan tersebut !

7 Perusahaan Manufaktur Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang membeli bahan mentah, mengolahnya hingga menjadi produk jadi yang siap pakai. Misalnya, produsen mie instant mengolah tepung terigu hingga menjadi mie instant, produsen pakaian mengolah kain menjadi kemeja.

8 Berikanlah contoh nyata 5 nama perusahaan manufaktur yang beroperasi di kota anda ! Sebutkan pula produk yang dihasilkan dan dijual setiap perusahaan tersebut !

9 Perusahaan Manufaktur Produsen Bahan Baku Konsumen Membeli bahan Membeli produk Menjual bahan Menjual produk

10 Jenis Persediaan di Perusahaan Manufaktur 1.Persediaan Bahan Baku 2.Persediaan Barang Dalam Proses 3.Persediaan Barang Jadi

11 Bahan Baku Persediaan Bahan Baku Persediaan Bahan Baku adalah bahan dasar yang menjadi komponen utama dari suatu produk. Misalnya : - kain adalah bahan baku dari pakaian -kayu adalah bahan baku dari meja, -dll.

12 Persediaan Barang Dalam Proses Persediaan Barang Dalam Proses yaitu bahan baku yang telah diproses untuk diubah menjadi barang jadi tetapi sampai pada tanggal neraca belum selesai proses produksinya. Misalnya : -pakaian yang belum ada lengannya di dalam industri garmen -meja tulis yang belum dihaluskan di dalam industri mebel - dsb.

13 Persediaan Barang Jadi Persediaan Barang Jadi adalah bahan baku yang telah diproses menjadi produk jadi yang siap pakai dan siap dipasarkan. Misalnya : -pakaian jadi - meja tulis - dll.

14 Jenis dan Pengelompokan Biaya Biaya Bahan Baku Tenaga Kerja Langsung Overhead Pemasaran Administrasi & Umum Bahan Penolong Bahan Tenaga Kerja Penolong Pabrikase Lain

15 Biaya Bahan Baku Biaya Bahan Baku adalah biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku yang telah digunakan untuk menghasilkan suatu produk jadi tertentu. Misalnya, harga beli kain per potong pakaian, harga beli dari kayu per unit meja, dsb.

16 Biaya Tenaga Kerja Langsung Biaya Tenaga Kerja Langsung adalah biaya yang dikeluarkan untuk membayar pekerja yang terlibat secara langsung dalam proses produksi. Misalnya : tukang jahit di dalam perusahaan garmen, tukang kayu di dalam perusahaan mebel, dll.

17 Biaya Overhead Biaya Overhead adalah biaya-biaya selain biaya bahan baku langsung dan biaya tenaga kerja langsung tetapi juga tetap dibutuhkan dalam proses produksi. Biaya Overhead terdiri dari : - -Biaya Bahan Penolong - -Biaya Tenaga Kerja Penolong - -Biaya Pabrikase lain

18 Biaya Overhead Biaya Bahan Penolong Biaya Bahan Penolong (bahan tidak langsung) yaitu bahan tambahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Misalnya, kain dan kancing dibutuhkan untuk menghasilkan pakaian, paku dan cat dibutuhkan untuk menghasilkan meja tulis, dsb.

19 Biaya Overhead Biaya Tenaga Kerja Penolong Biaya Tenaga Kerja Penolong (tenaga kerja tidak langsung) adalah pekerja yang dibutuhkan dalam proses menghasilkan suatu barang tetapi tidak terlibat secara langsung di dalam proses produksi. Misalnya, mandor dari para penjahit dan tukang kayu, satpam pabrik, dsb.

20 Biaya Overhead Biaya Pabrikase Lain Biaya Pabrikase Lain adalah biaya-biaya tambahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk selain biaya bahan penolong dan biaya tenaga kerja penolong. Seperti biaya biaya listrik dan air pabrik, biaya telepon pabrik, depresiasi bangunan pabrik, biaya depresiasi mesin, dsb.

21 Biaya Produksi Biaya Produksi Biaya Bahan Baku Biaya Overhead Biaya Tenaga Kerja

22 Biaya Operasional Biaya Operasional Biaya Pemasaran Biaya Administrasi & Umum

23 Biaya Pemasaran Biaya Pemasaran digunakan untuk menampung keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendistribusikan barang dagangannya hingga sampai ke tangan langganan. Biaya ini mencakup : gaji salesman, komisi salesman, biaya iklan, dll.

24 Biaya Administrasi & Umum Biaya Administrasi dan Umum digunakan untuk menampung keseluruhan biaya operasi kantor. Biaya ini mencakup gaji direktur, gaji sekretaris, biaya listrik, biaya telepon, biaya depresiasi bangunan, dll.

25 Perilaku Biaya Biaya Biaya Variabel Biaya Semivariabel Biaya Tetap

26 Biaya Variabel Adalah biaya yang akan selalu berfluktuasi sejalan dengan perubahan tingkat aktivitas perusahaan. Tingkat aktivitas dapat berupa volume produksi, volume pemasaran, jumlah jam kerja, ataupun ukuran aktivitas yang lain. Jika tingkat atkivitas bertambah, kelompok biaya ini juga akan bertambah secara proporsional. Jika tingkat aktivitas berkurang, biaya jenis ini juga akan berkurang secara proporsional. Jika aktivitas perusahaan dihentikan, biayanya-pun tidak akan ada lagi. Termasuk dalam kelompok ini adalah : biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, sebagian biaya overhead pabrik, sebagian biaya pemasaran.

27 Biaya Tetap Biaya Tetap adalah biaya yang relatif tidak akan berubah walaupun terjadi perubahan tingkat aktivitas dalam batas tertentu. Jika tingkat aktivitas bertambah, biaya jenis ini tidak akan berubah. Jika tingkat aktivitas berkurang, biaya jenis ini juga tidak akan berubah jumlahnya. Termasuk dalam kelompok ini adalah : sebagian dari biaya overhead, sebagian dari biaya pemasaran dan biaya administrasi & umum.

28 Biaya Semi Variabel Biaya Semi Variabel adalah satu jenis biaya yang sebagian mengandung komponen variabel dan sebagian lagi mengandung sifat tetap. Biaya listrik, air dan telepon adalah sebagian contoh dari jenis biaya semi-variabel.

29


Download ppt "Perusahaan Manufaktur dan Struktur Biayanya. Jenis Perusahaan 1.Perusahaan Jasa 2. Perusahaan Dagang 3. Perusahaan Manufaktur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google