Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP BIAYA DAN KLASIFIKASI BIAYA. KONSEP BIAYA: Pengertian COST dan EXPENSE.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP BIAYA DAN KLASIFIKASI BIAYA. KONSEP BIAYA: Pengertian COST dan EXPENSE."— Transcript presentasi:

1 KONSEP BIAYA DAN KLASIFIKASI BIAYA

2 KONSEP BIAYA: Pengertian COST dan EXPENSE

3 COST: adalah Pengorbanan sumber daya ekonomis atau munculnya utang untuk memperoleh sumber daya ekonomis lainnya.

4 EXPENSE: adalah Pengorbanan sumber daya ekonomis atau munculnya utang, untuk memperoleh penghasilan.

5 KLASIFIKASI BIAYA: Klasifikasi biaya berdasarkan tujuan : Klasifikasi biaya berdasarkan tujuan : Laporan keuangan Laporan keuangan Merespon Perubahan aktivitas Merespon Perubahan aktivitas Departemen atau produk Departemen atau produk Pembuatan keputusan Pembuatan keputusan Penjaminan Mutu Penjaminan Mutu

6 Klasifikasi biaya berdasarkan pembuatan laporan keuangan : Biaya produksi, adalah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh bahan baku dan mengolah bahan tersebut menjadi produk jadi (B.Bahan Baku, B.Upah Langsung, B.Overhead Pabrik). Biaya produksi, adalah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh bahan baku dan mengolah bahan tersebut menjadi produk jadi (B.Bahan Baku, B.Upah Langsung, B.Overhead Pabrik). Periodik (Biaya non produksi) : Periodik (Biaya non produksi) : Biaya penjualan, adalah biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan produk / barang jadi tersebut, contohnya: Biaya angkut penjualan, biaya iklan, dll. Biaya administrasi dan Umum, adalah biaya yang dikleuarkan untuk administrasi secara umum, contohnya: biaya gaji karyawan bag. Kantor, biaya listrik, dll. Biaya administrasi dan Umum, adalah biaya yang dikleuarkan untuk administrasi secara umum, contohnya: biaya gaji karyawan bag. Kantor, biaya listrik, dll.

7 Klasifikasi biaya berdasarkan Merespon Aktivitas Biaya Tetap, Biaya Tetap, Biaya yang secara total selalu tetappada rentang relevandan secara unit akan berubah secara terbalik dengan perubahan aktivitas. Biaya Variabel Biaya Variabel Biaya yang secara total akan selalu berubah secara proporsional dengan perubahan aktivitas dan secara unit relatif konstan pada rentang relevan Biaya semivariabel Biaya semivariabel biaya yang pada kondisi tertentu akan berpola sebagai biaya tetap dan pada kondisi lain akan berpola sebagai biaya variabel.

8 Klasifikasi biaya berdasarkan departemen atau produk (dapat ditelusurinya) ke objek biaya (objek yg menjadi sasaran biaya, seperti departemen, atau kegiatan atau produk): Biaya langsung, adalah biaya yg dapat ditelusuri langsung atau diidentifikasi ke suatu objek biaya tertentu, karena hanya dikeluarkan untuk manfaat objek biaya itu sendiri. Contoh: Gaji karyawan bagian kantor, toko, biaya listrik pabrik, biaya perlengkapan toko, dll. Biaya langsung, adalah biaya yg dapat ditelusuri langsung atau diidentifikasi ke suatu objek biaya tertentu, karena hanya dikeluarkan untuk manfaat objek biaya itu sendiri. Contoh: Gaji karyawan bagian kantor, toko, biaya listrik pabrik, biaya perlengkapan toko, dll. Biaya tidak langsung, adalah biaya yang dikeluarkan untuk lebih dari satu objek biaya, dan tidak dapat ditelusuri langsung ke objek biaya tertentu. Contoh: Biaya sewa gedung yg digunakan oleh beberapa departemen, biaya iklan untuk berbagai macam atau jenis produk, dll. Biaya tidak langsung, adalah biaya yang dikeluarkan untuk lebih dari satu objek biaya, dan tidak dapat ditelusuri langsung ke objek biaya tertentu. Contoh: Biaya sewa gedung yg digunakan oleh beberapa departemen, biaya iklan untuk berbagai macam atau jenis produk, dll.

9 Klasifikasi biaya berdasarkan pembuatan keputusan: Biaya Diferensial, adalah biaya yg berbeda diantara beberapa alternatif dan akan diakitkan dengan pendapatan diferensial. Biaya Diferensial, adalah biaya yg berbeda diantara beberapa alternatif dan akan diakitkan dengan pendapatan diferensial. Biaya Tertanam (Sunk Cost), adalah biaya yg telah terjadi dan tidak dapat diubah oleh keputusan apapun yang dibuat saat ini atau nanti. Biaya Tertanam (Sunk Cost), adalah biaya yg telah terjadi dan tidak dapat diubah oleh keputusan apapun yang dibuat saat ini atau nanti. Biaya Kesempatan (Oportunity Cost), adalah biaya (manfaat) yang hilang pada saat keputusan telah dibuat. Biaya Kesempatan (Oportunity Cost), adalah biaya (manfaat) yang hilang pada saat keputusan telah dibuat.

10 Klasifikasi biaya berdasarkan Penjaminan Mutu Biaya Kualitas, adalah biaya yg dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka penjaminan mutu produk. Yaitu : Biaya Kualitas, adalah biaya yg dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka penjaminan mutu produk. Yaitu : Biaya Pencegahan, adalah biaya yg dikeluarkan untuk mencegah produk cacat Biaya Pencegahan, adalah biaya yg dikeluarkan untuk mencegah produk cacat Biaya Penilaian,Yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mengidentifikasikan produk cacat sebelum produk tersebut dikirim ke konsumen. Biaya Penilaian,Yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mengidentifikasikan produk cacat sebelum produk tersebut dikirim ke konsumen.

11 Biaya Kegagalan Intern,yaitu dampak dari identifikasi cacat selama proses penilaian. Biaya Kegagalan Intern,yaitu dampak dari identifikasi cacat selama proses penilaian. Biaya Kegagalan Ekstern, yaitu terjadi jika produk cacat telah sampai ke konsumen. Biaya Kegagalan Ekstern, yaitu terjadi jika produk cacat telah sampai ke konsumen.

12 Klasifikasi lain: OPPORTUNITY COST, adalah manfaat ekonomis yg hilang atau dikorbankan karena dipilihnya satu alternatif keputusan tertentu. Manfaat potensial ini dapat berupa pendapatan (revenue) atau penghematan biaya (cost saving) NB: Biaya kesempatan (opportunity cost) tidak dicatat di BUKU BESAR perusahaan, hanya ada dalam pengertian ekonomi.


Download ppt "KONSEP BIAYA DAN KLASIFIKASI BIAYA. KONSEP BIAYA: Pengertian COST dan EXPENSE."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google