Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NEGARA & SISTEM PEMERINTAHAN. A. Latar Belakang Perlunya Negara Perlunya negara untuk melindungi individu, wilayah dan masyarakat yang lemah dari individu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NEGARA & SISTEM PEMERINTAHAN. A. Latar Belakang Perlunya Negara Perlunya negara untuk melindungi individu, wilayah dan masyarakat yang lemah dari individu."— Transcript presentasi:

1 NEGARA & SISTEM PEMERINTAHAN

2 A. Latar Belakang Perlunya Negara Perlunya negara untuk melindungi individu, wilayah dan masyarakat yang lemah dari individu atau penguasa yang oteriter.

3 B. Pengertian dan Defenisi Negara Organisasi yang memiliki sifat monopoli yang berfungsi mengatur pemerintah rakyat dan wilayah B. Pengertian dan Defenisi Negara

4 C. Unsur-unsur Negara Penduduk Wilayah Pemerintah

5 D. Klasifikasi Negara Jumlah PenguasaBentuk PositifBentuk Negatif Satu OrangMonarkiTirani Sekelompok OrangAristokrasiOligarki Banyak OrangDemokrasiMobokrasi 1.Berdasarkan Jumlah Orang Yang berkuasa : D. Klasifikasi Negara

6 2. Bentuk negara menurut teori modern : Negara Kesatuan Negara Federasi

7 3. Bentuk negara menurut asas penyelenggaraan kekuasaan dapat diklasifikasikan : 1.Menurut Ekonomi 2.Menurut Politik 3.Menurut Pemerintahan 1.Menurut Ekonomi 2.Menurut Politik 3.Menurut Pemerintahan 3. Bentuk negara menurut asas penyelenggaraan kekuasaan dapat diklasifikasikan :

8 E. Sifat Organisasi Negara 1.Memaksa 2.Sifat Monopoli 3.Sifat Totalitas

9 F. Fungsi Negara 1.Hankam 2.Pengaturan Ketertiban 3.Kesejahteraan dan Kemakmuran 4.Keadilan 1.Hankam 2.Pengaturan Ketertiban 3.Kesejahteraan dan Kemakmuran 4.Keadilan F. Fungsi Negara

10 G. Elemen Kekuatan Negara 1.SDM 2.Teritorial negara 3.SDA 4.Kapasitas pertanian dan Industri 5.Kekuatan militer dan Mobilitasnya 6.Kekuatan yang abstrak 1.SDM 2.Teritorial negara 3.SDA 4.Kapasitas pertanian dan Industri 5.Kekuatan militer dan Mobilitasnya 6.Kekuatan yang abstrak G. Elemen Kekuatan Negara

11 H. Hubungan Negara dengan Warga Negara. Negara wajib melindungi kepentingan keseluruhan rakyat tanpa kecuali.

12 I. Sistem Pemerintahan Negara : 1.Badan Eksekutif 2.Badan Legeslatif 3.Badan Yudikatif : a. Mahkamah Agung b. Mahkamah Konstitusi c. Komisi Yudisial 1.Badan Eksekutif 2.Badan Legeslatif 3.Badan Yudikatif : a. Mahkamah Agung b. Mahkamah Konstitusi c. Komisi Yudisial I. Sistem Pemerintahan Negara :

13 Kuis : 1.Sebutkan apa pengertian negara dan alasan terbentuknya negara. 2.Uraikan unsur-unsur pembentuk negara. 3.Jelaskan perbedaan negara monarki dan demokrasi. 4.Uraikan fungsi negara dan bagaimana menegakan fungsi keadilan di Indonesia. 5.Sekarang berdiri lembaga baru yaitu Komisi Yudisial dan Komisi Konstitusi. Jelaskan fungsi dan wewenang lembaga-lembaga tersebut. 1.Sebutkan apa pengertian negara dan alasan terbentuknya negara. 2.Uraikan unsur-unsur pembentuk negara. 3.Jelaskan perbedaan negara monarki dan demokrasi. 4.Uraikan fungsi negara dan bagaimana menegakan fungsi keadilan di Indonesia. 5.Sekarang berdiri lembaga baru yaitu Komisi Yudisial dan Komisi Konstitusi. Jelaskan fungsi dan wewenang lembaga-lembaga tersebut. Kuis :


Download ppt "NEGARA & SISTEM PEMERINTAHAN. A. Latar Belakang Perlunya Negara Perlunya negara untuk melindungi individu, wilayah dan masyarakat yang lemah dari individu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google