Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAHULUAN Penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan. Suatu kegiatan yang mempelajari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAHULUAN Penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan. Suatu kegiatan yang mempelajari."— Transcript presentasi:

1 PENDAHULUAN Penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan. Suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan atau usaha yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tsb dijalankan.

2 a.Pendirian usaha baru (create new business) b.Pengembangan usaha (developing of business) c.Pembelian usaha yang sudah ada (business acquisition) Ide bisnis memiliki bermacam-macam bentuk, al :

3 Keterkaitan antara SKB dengan Rencana Bisnis Ide Bisnis Pelaksanaan Bisnis SKB Rencana Bisnis Tidak Layak Tidak Dapat Dilaksanakan Layak Dapat Dilaksanakan

4 1.Apakah produk yang akan ditawarkan marketable atau tidak ? 2.Dari sisi produksi, apakah secara teknis dapat dilakukan dan sustainable ? 3.Manajemen, apakah bisnis tsb efektif dan efisien ? 4.Hukum, apakah termasuk usaha yang legal atau ilegal ? 5.Keuangan, apakah bisnis tsb porofitable atau tidak ? 6.Jika marketable, sustainable, efektif-efisien, legal & profitable  LAYAK Secara umum, tujuan penyusunan studi kelayakan adalah :

5 a.Objek studi kelayakan b.Produk studi kalayakan c.Analis studi kelayakan d.Alat analisis studi kelayakan e.Aspek studi kelayakan Dalam pembahasan studi kelayakan ada bbrp hal yang perlu diperhatikan :

6 Tujuan sebelum suatu usaha dijalankan perlu dilakukan studi kelayakan yaitu :  Menghindari risiko kerugian  Memudahkan perencanaan  Memudahkan pelaksanaan pekerjaan  Memudahkan pengawasan  Memudahkan pengendalian Tujuan dan Fungsi Studi Kelayakan

7 Penilaian terhadap kelayakan suatu proyek investasi, dilakukan atas dasar kriteria-kriteria tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi intensitas studi kalayakan adalah : a. Besarnya dana yang ditanamkan b. Tingkat ketidakpastian proyek c. Kompleksitas elemen-elemen yang mempengaruhi proyek. Perbedaan Intensitas Studi Kelayakan

8  Produk tidak diminati konsumen  Produk tidak sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen  Pangsa pasar sangat kecil dan volume penjualan rendah  Permintaan produk tinggi, tetapi skala produksi rendah  Lokasi perusahaan jauh dari pasar  Waktu produksi terlalu lama  Lagalitas perusahaan tidak lengkap  Perusahaan terancam ditutup karena faktor lingkungan  Keterlambatan persediaan BB  Produk gagal akibat human error  Skedul pengembalian modal pinjaman tidak diperhitungkan dg baik  Pengaturan likuiditas tidak tepat yang berdampak pada cashflow dan mengacaukan skedul pembayaran pinjaman  Teknik pembuatan laporan salah, dapat menyesatkan user – nya. Kerugian/ kegagalan suatu proyek dapat disebabkan oleh bbrp faktor, al :


Download ppt "PENDAHULUAN Penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan. Suatu kegiatan yang mempelajari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google