Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANGAN STUDI KELAYAKAN IDENTIFIKASI KESEMPATAN USAHA Dalam identifikasi kesempatan usaha merupakan tahap fase pertama. Didalam melakukan studi kelayakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANGAN STUDI KELAYAKAN IDENTIFIKASI KESEMPATAN USAHA Dalam identifikasi kesempatan usaha merupakan tahap fase pertama. Didalam melakukan studi kelayakan."— Transcript presentasi:

1 RANCANGAN STUDI KELAYAKAN IDENTIFIKASI KESEMPATAN USAHA Dalam identifikasi kesempatan usaha merupakan tahap fase pertama. Didalam melakukan studi kelayakan proyek. 1.ldentifikasi 2.Rumusan 3.Penilaian 4.Pemilihan 5.lmplementasi

2 Identifikasi Kesempatan Usaha a.Mempelajari impor. a.Mempelajari impor. b.Menyelidiki material lokal. b.Menyelidiki material lokal. c.Mempelajari keterampilan tenaga kerja. c.Mempelajari keterampilan tenaga kerja. d.Melakukan studi industri. d.Melakukan studi industri. e.Menerapkan kemajuan teknologi. e.Menerapkan kemajuan teknologi. f.Mempelajari hubungan antar-industri. f.Mempelajari hubungan antar-industri. g.Menilai rencana pembangunan. g.Menilai rencana pembangunan. h.Melakukan pengamatan di termpat lain. h.Melakukan pengamatan di termpat lain.

3 TUJUAN KEPUTUSAN INVESTASI Tujuan ini tidak bisa diterapkan pada sektor publik karena tidak ada pemilikan lain selain negara untuk sektor ini (monopoli). Tujuan ini tidak bisa diterapkan pada sektor publik karena tidak ada pemilikan lain selain negara untuk sektor ini (monopoli). Sejumlah besar perusahaan pada sektor swasta tidak menjual sahamnya ke pasar modal, Sejumlah besar perusahaan pada sektor swasta tidak menjual sahamnya ke pasar modal, Pengetahuan kita tentang bagaimana pengaruh keputusan investasi terhadap nilai pasar modal sendirl masih kurang cukup. Pengetahuan kita tentang bagaimana pengaruh keputusan investasi terhadap nilai pasar modal sendirl masih kurang cukup.

4 ASPEK-ASPEK SKB PASAR : 1.Permintaan, 2.Penawaran 3.Harga, 4.Program pemasaran 5.Perkiraan penjualan

5 ASPEK-ASPEK SKB ASPEK TEKNIS 1. Apakah studi dan pengujian pendahuluan pernah dilakukan? 2.Apakah skala produksi yang dipilih sudah optimal? 3. Apakah proses produksi yang dipilih sudah tepat? 4. Apakah mesin-mesin dan perlengkapan yang dipilih sudah tepat? 5.Apakah perlengkapan-perlengkapan tambahan dan pekerjaan-pekerjaan teknis tambahan telah dilakukan? 6.Apakah telah disiapkan tentang kemungkinan penanganan terhadap limbah produksi? 7.Apakah tata letak yang diusulkan dari fasilitas produksi cukup baik? 8. Bagaimana dengan pemilihan lokasi dan ‘site’ produksi? 9.Apakah skedul kerja telah dibuat dengan cukup realistis? 10.Apakah teknologi yang akan dipergunakan bisa diterima dari pandangan sOSIAL

6 ASPEK-ASPEK SKB Aspek keuangan Aspek keuangan 1. Dana yang diperlukan untuk investasi, 2. Sumber-sumber pembelanjaan yang akan dipergunakan. 3. Taksiran penghasilan, biaya, dan laba/rugi pada berbagai tingkat ope­rasi. 4. Manfaat dan biaya dalam artian finansial 5. Proyeksi keuangan.

7 ASPEK-ASPEK SKB Aspek manajemen : 1.Manajemen dalam masa pembangunan proyek. 2.Manajemen dalam operasi. Aspek hukum mempelajari tentang: 1.Bentuk badan usaha yang akan dipergunakan. 2.Jaminan-jaminan yang bisa disediakan kalau akan menggunakan sum­ber dana yang berupa pinjaman. 3.Berbagai akta, sertifikat, izin yang diperlukan, dan sebagainya.

8 ASPEK-ASPEK SKB Aspek ekonomi dan sosial: 1Pengaruh proyek tersebut terhadap peningkatan penghasilan negara. 2.Pengaruh proyek tersebut terhadap devisa yang bisa dihemat dan yang bisa diperoleh. 3.Penambahan kesempatan kerja. 4.Pemerataan kesempatan kerja. 5.Bagaimana pengaruh proyek tersebut terhadap industri lain? Sebagai supply bahan bagi industri lain, dan pasar bagi hasil industri lain. 6.Aspek yang bersifat sosial seperti:

9 SURVEY KHUSUS 1.Perilaku konsumsi, 2.Pengetahuan produk. 3.Keinginan dan rencana pembelian. 4.Motif pembelian. 5.Kepuasan terhadap produk saat ini 6.Kebutuhan yang belum terpenuhi. 7.Sikap terhadap berbagai produk. 8.Karakteristik sosial ekonomi.

10 TEKNIS 1. Analisis perilaku biaya, mencoba mengidentifikasikan fungsi biaya. 2. Analisis perbandingan biaya 3. Analisis penggantian aktiva dan penyediaan mesin “standby machine’. 4. Metode transportasi untuk menentukan lokasi gudang fasilitas penju­alan. 5. Pemilihan lokasi’dengan metode “scoring atau perbandingan biaya. 6. Analisis hubungan ‘link analysis” untuk mengatur layout fasilitas produksi. 7. Time and motion study untuk pengaturan skedul kerja yang seharusnya.

11 aspek keuangan 1.Metode-metode penilaian investasi. 2.Metode penentuan kebutuhan dana, baik modal kerja maupun aktiva tetap. 3. Metode pemilihan sumber dana. 4. Analisis break event, linear maupun nonlinear. 5.Proyek aliran kas (anggaran kas) 5.Proyek aliran kas (anggaran kas) 6.Analisis sumber dan penggunaan dana. 7.Analisis risiko investasi.

12 ASPEK MANAJEMEN 1.Analisis jabatan 2.Analisis beban kerja dan angkatan kerja 3.Analisis struktur organisasi

13 DATA DAN SUMBER DATA 1.Publikasi Berbagai Media. 2.Publikasi yang dikeluarkan oleh BKPM(D) 3.Publikasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. 4.Publikasi yang dikeluarkan oleh asosiasi industri. 5.Publikasi yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga yang bekerja se­bagai lembaga penelitian.


Download ppt "RANCANGAN STUDI KELAYAKAN IDENTIFIKASI KESEMPATAN USAHA Dalam identifikasi kesempatan usaha merupakan tahap fase pertama. Didalam melakukan studi kelayakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google