Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LANDASAN PENGANTAR KURIKULUM. SKL ( STANDAR KELULUSAN ) NAMA KELOMPOK :  PUTRI MAYAWATI  RIA FEBRIYANI  SURIESTAWATI  SUSILAWATI  TRI HAMBALI BASRI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LANDASAN PENGANTAR KURIKULUM. SKL ( STANDAR KELULUSAN ) NAMA KELOMPOK :  PUTRI MAYAWATI  RIA FEBRIYANI  SURIESTAWATI  SUSILAWATI  TRI HAMBALI BASRI."— Transcript presentasi:

1 LANDASAN PENGANTAR KURIKULUM

2 SKL ( STANDAR KELULUSAN ) NAMA KELOMPOK :  PUTRI MAYAWATI  RIA FEBRIYANI  SURIESTAWATI  SUSILAWATI  TRI HAMBALI BASRI  WENDI YULIANDONO  WISIK MAYANGSARI SMA CENDERAWASIH 1 JAKARTA SELATAN

3 PROFIL SEKOLAH NAMA SEKOLAH:SMA Cenderawasih 1 Jakarta NISS/NDS: /30027 Alamat:Jl. RS. Fatmawati Komplek Deplu Kelurahan :Gandaria Selatan Kecamatan:Cilandak Kotamadya:Jakarta Selatan Kode Pos:12420 Provinsi:DKI Jakarta Telepon : Fax: Website:http://www.cenderawasih1-jkt.comhttp://www.cenderawasih1-jkt.com

4 DATA KEPALA SEKOLAH KEPALA SEKOLAH : Drs.Irian Pribadi Pendidikan Terakhir : S1/A IV Jurusan : Sosiologi

5 Visi Menjadikan sekolah yang unggul dalam pembentukan pribadi muda yang berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, unggul dalam pemanfaatan Teknologi informasi, berwawasan nasional dan Internasional serta menjadi pusat pengembangan berbagai potensi kecerdasan (Multiple Intellegence) dengan pendekatan pembelajaran yang kreativ dan inovatif.

6 Misi Menyelenggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan nilai-nilai kebaikan (akhlak mulia) dalam setiap pembelajaran. Menyelenggarakan pendidikan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara produktif. Membangun kultur sekolah (School Culture) yang mampu mengembangkan wawasan nasional dan internasional serta mewadahi pengembangan kecerdasan majemuk siswa dan kesehatan jasmaninya.

7 Tujuan Sekolah Agar dapat terselenggara proses pembelajaran secara teratur, intensif serta inovatif, sehingga hasil kelulusan dapat meningkat hingga 100% dan dapat diterima Perguruan Tinggi dapat meningkat menjadi 70%. Agar dapat terwujud situasi pembelajaran yang kondusif sehingga program kegiatan gur dapat diransformasikan secara baik dan berhasil secara optimal. Agar terdapat pengembangan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran yang intensif, sehingga semakin ada peningkatan profesionalitas guru. Agar ada pengembangan sarana dan jaringan teknologi informasi dan komunikasi sesuai perkembangan alat modern, sehingga penambahan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin luas. Agar tercapai pengembangan perpustakaan sekolah sebagai sarana sumber belajar menuju Electronic Library. Agar siswa termpil dalam berbahasa Inggris dan Jepang dengan baik dan benar untuk menghadapi Era Globalisasi, ataupun masa depan dirinya.

8 Kalender Pendidikan WhatPermulaan tahun ajaran untuk kegiatapembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran dan untuk mengetahui waktu pembelajaran efektif. WhereDi buat oleh masing-masing sekolah (di SMA Cendrawasih). WhenKalender pendidikan dilaksanakan pada tahun ajaran baru. WhoKalender pendidikan dibuat oleh masing-masing sekolah yang disesuaikan dengan pemerintah. Why Sebagai acuan atau pedoman untuk keterlaksanaan kegiatan di sekolah selama 1 tahun. How Maksimum 2 minggu, disesuaikan dengan Peraturan pemerintah maupun sekolah itu sendiri.

9 Buku Kurikulum KTSP WhatKurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing sekolah. WhereDi SMA Cenderawasih 1atau di setiap masing-masing sekolah. WhenKTSP diberlakukan pada SMA Cenderawasih pada tahun WhoKTSP disusun bersama-sama oleh guru, komite sekolah atau yayasan, nara sumber dan kepala sekolah serta di supervisi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota. WhyKarena merupakan kebijakan dari DEPDIKNAS agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan. HowKTSP berisikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Struktur, muatan KTSP dan SMA tersubut melakukan moving class.

10 Rencana Program Pembelajaran (RPP) WhatPenjabaran silabus yang menggamabarkan rencana pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau di setiap masing-masing sekolah. WhenRPP dibuat per semester atau setiap 1 tahun. WhoYang membuat RPP adalah setiap masing-masing guru mata pelajaran. WhyRPP dibuat sebagai pedoman atau acuan agar ketika guru mengajar sudah siap sesuai dengan rencana pembelajaran. HowTujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan SK, KD dan indikator yang telah ditulis dalam silabus.

11 Pedoman Penilaian WhatSebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Where Di SMA Cenderawasih 1 atau di setiap masing-masing sekolah. WhenDalam satu semester, ujian dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu ujian tengah semester dan ujian akhir semester. WhoBerdasarkan rapat dewan guru dan mengunakan kriteria- kriteria dengan KKM minimal untuk setiap aspek 70. Whyuntuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Howdengan cara penilaian kuantitatif untuk mengukur tingkat kogntif dan psikomotorik serta penilaian kualitatif untuk mengukur aspek afektif.

12 Analisis Hasil Evaluasi Belajar WhatPelaksanaan dan pengelolaan pembelajaran untuk memperoleh pemahaman tentang strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, cara mengajar dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, serta minat, sikap dan cara/kebiasaan belajar siswa. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah. WhenSetelah selesai ulangan dilakukan. WhoGuru-guru bidang studi yang bersanngkutan. WhyUntuk mengetahui nilai dan tingkat keberhasilan siswa/i. HowBagi siswa yang belum mencapai SKL maka diadakannya remedial.

13 Analisis Butir Soal Whatuntuk mengetahui tingkat kesukaran dan kemudahan soal yang akan di ujikan kesiswa WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah. WhenPada saat melakukan ulangan harian. WhoYang membuat analisis butir soal adalah masing- masing guru mata pelajaran. WhyUntuk mengetahui tingkat kesulitan soal yang akan diujikan pada siswa/siswi. HowMembaginya kedalam tiga tingkatan kesukaran soal,yaitu mudah, sedang, dan sulit.

14 Membuat Surat Keputusan Pembagian Tugas dan Jadwal Pelajaran WhatUntuk mengetahui tugas yang diberikan oleh kepala sekolah atas kesepakatan rapat bersama. WhereSurat keputusan pembagian tugas dan jadwal pelajaran dibuat di SMA Cendrawasih 1. WhenPada saat tahun ajaran baru WhoSurat keputusan pembagian tugas dan jadwal pelajaran dibuat oleh kepala sekolah. WhyBerdasarkan atas kesepakatan rapat bersama para dewan guru. HowDengan cara membuat SK(surat keputusan) untuk menugaskan guru sesuai dengan bidang studinya.

15 Membuat Surat Keputusan Panitia Ulangan dan Ujian WhatUntuk menugaskan guru mengawas ditempat yang telah ditujukan oleh kepala sekolah guna kelancaran tugas tersebut. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah. WhenPada saat ujian sekolah atau pun ujian nasional. WhoSurat keputusan panitia ulangan dan ujian dibuat oleh kepala sekolah. WhySurat keputusan panitia ulangan dan ujian perlu dibuat karena membagi tugas buat guru untuk mengawas ujian. HowDengan cara menbuat SK (surat keputusan) untuk menetapkan panitia ujian nasional dan ujian sekolah yang diputuskan oleh kepala sekolah.

16 Melakukan Pengarsipan Naskah Soal WhatMengumpulkan soal-soal dari tahun ketahun sebagai berbandingan ditahun berikutnya. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah. WhenNaskah soal ujian tengah semester dibuat sebelum ujian semester dilaksanakan. WhoYang mengarsipkan naskah soal adalah bagian kurikulum. WhyUntuk mengetahui saol-soal dari tahun ketahun agar berbeda dan meyesuaikan kurikulum yang berlaku. HowMengumpulkan naskah soal dari tahun ketahun.

17 Membuat Daftar Nilai Siswa WhatDaftar nilai siswa/siswi SMA Cendrawasih. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah. WhenKetika kegiatan belajar mengajar berlangsung. WhoYang membuat daftar nilai siswa adalah wali kelas. Why Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. HowTerdiri dari nomor induk siswa, nama siswa, jenis kelamin.

18 Membuat Daftar Hadir Siswa WhatUntuk mengetahui kehadiran dan kedisiplinan siswa/i. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah WhenPada tahun ajaran baru. WhoGuru masing-masing yang bersangkutan. WhyUntuk mengetahui kehadiran dan kedisiplinan siswa/i. HowTerdiri dari nomor induk siswa, nama siswa, jenis kelamin.

19 Membuat Rekapitulasi Nilai Semester/ Ujian Nasional WhatNilai jadi dari semua kelas dari kelas 1 hingga kelas 3. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah. WhenMenjelang akhir ulangan semester. WhoGuru masing-masing yang bersangkutan. WhyUntuk mengetahui grafik nilai siswa. HowUntuk mengetahui nilai akhir siswa guna pelaksanaan remedial siswa.

20 Membuat Leger Nilai Whatnilai semua mata pelajaran dari tiap-tiap kelas,yang nntinya akan direkapitulasi diakhir semester. WhereDi SMA Cenderawasih 1 atau dimasing-masing sekolah Whenpada saat selesai ulangan semester. WhoGuru masing-masing yang bersangkutan. WhyUntuk mnegetahui nilai siswa dalam satu semester. HowMengambungkan seluruh nilai2 akhir masing-masing mata pelajaran kedalam satu bentuk laporan yang terdiri dari afektif, kognitif dan psikomotorik.

21 Analisa Ketuntasan Hasil Belajar WhatKetuntasan hasil belajar adalah tingkat tercapainya kompetensi setelah peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran. Where Di SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing-masing sekolah. WhenPada saat akhir semester guna untuk menentukan hasil ketuntasan hasil belajar. WhoHasil rapat dewan guru dan kepala sekolah sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah. WhyUntuk mengevaluasi dan mengetahui sebarapa siswa tersebut memahami soal-soal yang diberikan. HowMelalui rapat para dewan guru, kepala sekolah, yayasan untuk menetapkan katuntasan hasil belajar.

22 Table Daya Serap Ujian Nasional Whatkemampuan siswa untuk mengusai materi yang dipelajari sesuai dengan bahan mata pelajaran. WhereDi SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing- masing sekolah. WhenPada saat melakukan try out ujian nasional. WhoMasing-masing guru bidang studi. WhySebagai tolak ukur keberhasilan mamahami materi yang diajarkan. HowMelakukan try out dan pendalaman materi.

23 Tabel program kegiatan Kurikulum WhatUntuk mengatur kelancaran program dan kegiatan sekolah WhereDi SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing- masing sekolah WhenPada waktu tahun ajaran baru, untuk satu tahun WhoKepala sekolah dan staff kurikulum WhyAgar program kurikulum yang telah dibuat selama satu tahun terlaksana dengan baik HowMenyesuaikan kalender pendidikan yang telah dibuat oleh pemerintah dan yang dibuat sendiri oleh sekolah.

24 Table Hasil Ujian Nasional WhatUntuk mengetahui siswa-siswi yang lulus ujian WhereDi SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing- masing sekolah WhenHasil setelah kelulusan diumumkan. WhoWakil kepala sekolah bidang kurikulum. WhyUntuk mengetahui persentase kelulusan. HowSetelah diketahui hasil kelulusan siswa,bidang kurikulum mencatat siswa yang lulus dan yang tidak lulus untuk membandingkan tingkat kelulusan dari tahun ketahun.

25 Daftar Keterlaksanaan Kurikulum WhatLaporan hasil kegiatan kurikulum selama satu tahun berjalan. WhereDi SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing- masing sekolah. WhenBerkala tiap 2 atau 3 bulan. WhoBidang kurikulum. WhyKarena untuk mengevaluasi dan membuat rencana kegiatan kurikulum untuk tahun berikutnya. HowMembuat tebel keterlaksaan kurikulum.

26 Catatan Daya Serap Kurikulum Nasional/ KTSP WhatHimpunan dari seluruh hasil kegiatan guru bidang studi yang diadministrasikan oleh bidang kurikulum. Wheredi SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing-masing sekolah. WhenDiakhir tahun pelajaran. WhoBagian bidang kurikulum. WhyUntuk mengetahui atau mengukur sejauh mana siswa dapat menyerap mata pelajaran yang diberikan masing-masing bidang studi yang diajarkan oleh guru. HowMendata kehadiran guru selama 1 tahun, mendata ketuntasan materi, mendata yang dicapai siswa.

27 Daftar Keterlaksanaan Kurikulum Mulok What Mulok (muatan lokal) adalah merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan keunggulan daerah masing-masing yang materinya tidak dikelompokkan ke mata pelajaran yang ada. Wheredi SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing-masing sekolah. WhenBiasanya mulok ini dilaksanakan disetiap masing-masing sekolah dan menyesuaikan sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah. WhoYang membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar mulok adalah Dinas Pendidikan provinsi. WhyPerlu diadakannya kurikulum mulok agar para siswa dapat mengembangkan potensi, keterampilan siswa karena mulok di SMA Cendrawasih adalah cinematografi yang sesuai dengan potensi daerah di Jakarta. HowLingkup isi muatan lokal Di SMA Cendrawasih adalah cinematografi.

28 Daya Serap kurikulum Mulok WhatHimpunan dari seluruh hasil kegiatan guru bidang studi mulok yang diadministrasikan oleh bidang kurikulum. Where Di SMA Cendrawasih 1 jakarta atau di setiap masing-masing sekolah. WhenDiakhir tahun pelajaran. WhoBidang kurikulum khususnya di mata pelajaran mulok. WhyUntuk mengetahui atau mengukur sejauh mana siswa dapat menyerap mata pelajaran mulok yang diajarkan oleh guru. HowMendata kehadiran guru selama 1 tahun, mendata ketuntasan materi, mendata yang dicapai siswa.

29


Download ppt "LANDASAN PENGANTAR KURIKULUM. SKL ( STANDAR KELULUSAN ) NAMA KELOMPOK :  PUTRI MAYAWATI  RIA FEBRIYANI  SURIESTAWATI  SUSILAWATI  TRI HAMBALI BASRI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google