Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HAK MILIK BERSAMA (MEDE EIGENDOM) PERTEMUAN KE 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HAK MILIK BERSAMA (MEDE EIGENDOM) PERTEMUAN KE 7."— Transcript presentasi:

1 HAK MILIK BERSAMA (MEDE EIGENDOM) PERTEMUAN KE 7

2 Pasal 573 BW menyatakan bahwa membagi sesuatu kebendaan yang menjadi milik lebih dari satu orang harus dilakukan menurut aturan-aturan yang ditentukan tentang pemisahan dan pembagian harta peninggalan. Dengan demikian hak milik bersama terjadi jika 2 orang atau lebih merupakan pemilik dari suatu benda yang sama, dan setiap pemilik peserta memiliki bagian yang tidak dapat dipisahkan dari benda itu.

3 Pemilikan bersama ini dapat berupa : - pemilikan terhadap benda-benda tertentu seperti rumah susun - pemilikan terhadap benda-benda yang belum terbagi (pasal 1066 BW) seperti harta perkawinan, warisan bahkan hutang piutang Macam-macam hak milik bersama : 1.hak milik bersama yang bebas yaitu jika hubungan antara para pemilik satu sama lain hanyalah semata-mata hubungan sesama pemilik bersama-sama atas sebuah benda, misalnya beberapa orang secara bersama-sama membeli sebuah mobil. ciri-ciri hak milik bersama yang bebas: a. adanya hubungan antara para pihak peserta tidak didasarkan pada hubungan hk lain artinya berdiri sendiri b. Adanya kehendak diantara pemilik peserta utk bersama-sama menjadi pemilik dari suatu benda

4 c. setiap pemilik peserta mempnyai bagian ttt dalam hak eigendom tsb. d. Setiap pemilik peserta mempunyai wewenang utk melakukan perbuatan hk/perbuatan materil e. Tidak ada unsur badan hk. 2. Hak milik bersama yang terikat yaitu jika beberapa orang menjadi pemilik bersama-sama atas suatu benda sebagai akibat adanya hubungan yang memang telah ada lebih dulu diantara para pemilik itu, misalnya hak milik bersama para pemilik saham atas suatu perusahaan.

5 Ciri-ciri hak milik bersama yang terikat : a.Hubungan antara para pemilik peserta adalah akibta sudah adanya suatu hubungan ttt terlebih dahulu diantara mereka. b.Diantara para pemilik peserta belum tentu ada kehendak utk bersama-sama menjadi pemilik dari suatu benda c.Setiap pemilik peserta berhak atas seluruh bendanya d.Setiap pemilik peserta utk melakukan suatu perbuatan hk/perbuatan materil hrs mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari para pemilik peserta lainnya e.Mengandung unsur hk

6 Hak milik bersama dapat terjadi baik melalui : - Perjanjian, dapat terjadi apabila beberapa orang menghendaki adanya kepemilikan bersama atas suatu benda -karena uu, menetapkan bahwa warisan menjadi milik bersama dari para ahli waris dan kepemilikan bersama itu dapat dipisahkan.


Download ppt "HAK MILIK BERSAMA (MEDE EIGENDOM) PERTEMUAN KE 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google