Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMKN 1 CIREBON Visit us on : ptu.smkn1-cirebon.sch.id.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMKN 1 CIREBON Visit us on : ptu.smkn1-cirebon.sch.id."— Transcript presentasi:

1 REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMKN 1 CIREBON Visit us on : ptu.smkn1-cirebon.sch.id

2 Gambar Pipa Kapiler Capillary tube Strainer Capillary tube

3  Nama lain dari pipa kapiler adalah Impedance tube, restrictor tube, atau Choke Tube.  Pipa kapiler dbuat dari pipa tembaga dengan lubang dalam yang sangat kecil.  Panjang dan lubang pipa kapiler dapat mengatur jumlah refrigeran yang mengalir ke evaporator.  Fungsi pipa kapiler dalam sistem refrigerasi : 1. Menurunkan tekanan refrigeran cair yang mengalir di dalamnya. 2. Mengatur jumlah refrigeran cair yang akan masuk ke dalam evaporator. 3. Menaikkan tekanan refrigeran di condenser.

4 Aplikasi Pipa Kapiler  Pipa kapiler ditempatkan pada liquid line dari sistem.  Pipa kapiler menghubungkan filter drier dan evaporator, dan merupakan batas antara sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah dari sistem.  Pada bagian tengahnya sepanjang mungkin dilekatkan dengan saluran isap (suction line) dan di solder dan bagian yang di solder ini disebut penukar kalor (heat exchanger).

5 Plus and Minus Keuntungan menggunakan pipa kapiler :  Harganya lebih murah dibandingkan dengan alat pengatur yang lain. Kerugian menggunakan pipa kapiler :  Tidak sensitif terhadap perubahan beban pendinginan. Karena lubang dan panjang pipa kapiler tidak dapat diubah lagi setelah dipasang pada sistem.  Lubang pipa kapiler mudah tersumbat karena ukuran ID (inside diameter) yang sangat kecil.

6 Memilih Pipa Kapiler Jika kita tidak mempunyai ukuran panjang dan ID (inside diameter) pipa kapiler yang tepat untuk sistem refrigerasi yang dikehendaki, maka kita dapat memakai Daftar Pemakaian Pipa Kapiler dengan melihat tabel di atas.

7 Mengganti ID Pipa Kapiler dengan ID yang Baru  Untuk mengganti diameter pipa kapiler yang lama dengan diameter pipa kapiler yang baru, maka diperlukan suatu tabel konversi.  Pipa kapiler yang baru tidak boleh kurang dari 5 feet ( m), dan lebih dari 16 feet (4.87 m). Contoh! Sebuah lemari es dengan menggunakan pipa kapiler ID panjang 3 meter. Apabila hendak ditukar pipa kapiler dengan ID lain, maka berapakah ID dan panjang pipa kapiler yang baru tersebut sehingga dapat memberikan karakteristik yang sama? Penyelesaian : Diketahui : Pipa kapiler ID panjang 3 meter. Ditanyakan : ID dan panjang pipa kapiler yang baru tersebut sehingga dapat memberikan karakteristik yang sama Jawab : Kita lihat dari Daftar Pemakaian Pipa Kapiler dengan melihat tabel.

8

9 Mengganti ID Pipa Kapiler dengan ID yang Baru Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut : Letakkan ukuran ID (inside diameter) pipa kapiler yang telah diketahui pada lajur kiri, contoh : Pada jalur paling kiri dari tarik garis mendatar ke kanan, maka akan mendapat beberapa factor : Di bawah ID didapat factor 0.31 Di bawah ID didapat factor 0.62 Kalikan panjang pipa kapiler yang telah diketahui 3 meter dengan factor yang diperoleh. Dengan pipa kapiler ID0.31 x 3 m = 0.93 meter Dengan pipa kapiler ID 0.62 x 3 m = 1.86 meter Maka pipa kapiler yang dapat memberikan hasil dan tahanan yang sama seperti pipa kapiler ID panjang 3 meter adalah : pipa kapiler ID panjang 0.93 meter dan pipa kaliper ID panjang 1.86 meter.


Download ppt "REFRIGERATION AND AIR CONDITIONING TECHNICAL SKILL PROGRAM SMKN 1 CIREBON Visit us on : ptu.smkn1-cirebon.sch.id."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google