Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KUALITAS PEMERINTAHAN DAN KETIMPANGAN M. Mas’ud Said Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KUALITAS PEMERINTAHAN DAN KETIMPANGAN M. Mas’ud Said Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah."— Transcript presentasi:

1 KUALITAS PEMERINTAHAN DAN KETIMPANGAN M. Mas’ud Said Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah

2 Kualitas Pemerintahan Kepemimpinan pemerintahan: integritas, program, efektifitas birokrasi Kepemimpinan pemerintahan: integritas, program, efektifitas birokrasi Kualitas Keuangan Daerah: bagaimana wajah APBD, bagaimana menyalurkan uang Kualitas Keuangan Daerah: bagaimana wajah APBD, bagaimana menyalurkan uang Perencanaan dan pengatasan masalah masalah krusial: antara RPJMD, Renstra dengan capaian Perencanaan dan pengatasan masalah masalah krusial: antara RPJMD, Renstra dengan capaian Kerjasama, modal sosial dan politik lokal yang kondusif; masyarakat selalu menjadi tumpuan Kerjasama, modal sosial dan politik lokal yang kondusif; masyarakat selalu menjadi tumpuan

3 Kebijakan Negara dan Kemiskinan (Turkewitz 2001 dalam SMERU, 2003) Turkewitz (2001) melalui studi empirisnya di beberapa negara menyimpulkan adanya hubungan yang kuat antara karakter suatu regim pemerintahan dengan capaian berbagai indikator pembangunan. Turkewitz (2001) melalui studi empirisnya di beberapa negara menyimpulkan adanya hubungan yang kuat antara karakter suatu regim pemerintahan dengan capaian berbagai indikator pembangunan. a. Makin efektif suatu pemerintahan, makin rendah tingkat kematian bayi; b. Makin rendah tingkat korupsi di birokrasi pemerintahan, makin tinggi tingkat melek huruf orang dewasa; c. Makin baik kondisi penegakan hukum suatu negara, makin rendah tingkat kematian bayi; d. Makin sedikit regulasi yang diciptakan pemerintah, makin tinggi tingkat pendapatan per kapita.

4 KEMISKINAN MULTIDIMENSIONAL Kemiskinan adalah gejala yang bersifat multidimensi. Penyebab kemiskinan setidaknya ada tiga, sesuai penyebabnya 1. Kemiskinan alamiah, 2. kemiskinan kultural dan 3. kemiskinan kultural. Kondisi pertama disebabkan oleh keadaan alamiah yang kurang menguntungkan. Keadaan kedua disebabkan oleh kebijakan yang kurang atau tidak pro rakyat, Kondisi ketiga lebih disebabkan oleh mentalitas penduduk tertentu yang menikmati kemiskinan sebagai karunia Tuhan yang tidak bisa dirubah Maka implikasinya adalah tidak ada satupun cara atau kebijakan tunggal yang dapat menanggulangi kemiskinan.

5 KLUSTER 1 BANTUAN DAN PERLINDUNGAN SOSIAL RUMAH TANGGA MISKIN KLUSTER 3. KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) MELALUI 7 BANK NASIONAL KLUSTER 2 PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) KLUSTER 4. RUMAH MURAH KENDARAAN MURAH AIR MINUM LISTRIK MURAH PROGRAM PRO RAKYAT PROGRAM PRO RAKYAT 4 KLUSTER


Download ppt "KUALITAS PEMERINTAHAN DAN KETIMPANGAN M. Mas’ud Said Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google